Beberapa Hal yang Bisa Kamu Jadikan Resolusi Tahun Baru

Waktu Baca: 2 menitTahun 2020 sudah akan usai, tentu kita semua sepakat bahwa tahun ini terasa sangat berat dan berlangsung dengan cepat. Bulan Desember sudah menyambut kita, mengantarkan kita menuju tahun baru 2021. Biasanya mendekati awal tahun, kita seringkali membuat resolusi tahun baru. Tujuannya adalah membuat target yang ingin dicapai di tahun depan.

Resolusi tahun baru sebenarnya tidak identik dengan hal-hal yang bersifat baru. Kita boleh kok untuk mengulang target yang belum bisa tercapai di tahun sebelumnya. Bahasa kerennya adalah remidial. Beberapa waktu lalu kami dari PAKBOB.ID sudah membuat beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman buat menyambut datangnya tahun baru. Kita tidak perlu muluk-muluk untuk membuatnya, bisa jadi malah sederhana. Nah, apa saja ya kira-kira yang bisa dilakukan di tahun depan?

  • Menambah atau menurunkan berat badan. Masalah berat badan memang tampaknya tidak akan ada habisnya dibicarakan. Ada yang ingin naik, ada yang ingin turun. Semuanya sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi ingat, tetap harus mengukur kemampuan diri sendiri dan dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada yang instan, kecuali mi instan. Jadi, berproseslah dengan baik dan benar.
  • Lebih produktif dalam segala hal. Tahun 2020 memang kelam, bukan berarti juga tahun depannya bakal kelam. Kalau sampai kelam lagi jangan-jangan kamunya yang malas berusaha. Tahun baru seharusnya semangat baru.Bagi yang masih bergumul dengan skripsi ya diselesaikan, jangan dihindari. Belum ketemu jodoh? Ya dicari lagi ditambahi dengan doa dan perbanyak jaringan. Pokoknya harus lebih produktif dalam segala hal.
  • Belajar bangun pagi. Tampaknya ini memang masalah klasik di semua bangsa. Bangun pagi adalah tantangan yang sulit untuk dilakukan. Berapa banyak kesempatan hilang gara-gara kita telat bangun pagi. Apa kita mau selamanya kayak begitu? Rela rezeki kita dipatok ayam? Bangun pagi itu juga gak salah kok, kita masih bisa menikmati udara pagi yang segar. Para ibu-ibu yang rasan-rasan di tempat tukang sayur dan banyak hal indah lainnya.
  • Rajin menabung. Korona mengajarkan kita semua agar lebih baik dalam menggunakan pendapatan. Kecuali kamu tajir melintir, uangnya sampai kamu simpan di sumur belakang rumah atau mungkin dapat warisan dari Bill Gates. Kita harus mulai menabung dengan benar. Menaruh pendapatan atau aset tidak dalam satu keranjang. Bisa saja kita mulai belajar membeli saham, membuka rekening tabungan atau hal positif lainnya yang menambah pendapatan kita.
  • Lebih mencintai diri sendiri. Menurut seorang motivator yang tak mau disebut namanya, ia mengatakan bahwa kunci kebahagiaan dan kesuksesan adalah dengan jalan mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Apabila sudah mencintai diri sendiri maka kita akan mengenali secara utuh diri kita sebenarnya. Dari situlah kita akan mampu mewujudkan mencintai dan membahagiakan orang lain.

Bagaimana? Apakah kalian sudah siap menyambut tahun baru? Siap tidak siap harus siap, karena kalender tahun 2021 sudah dicetak. Mulailah dari hal yang kecil, sebelum memulai hal yang besar. Semangat para sahabat…(*)

 

Diaz Radityo
Pengasuh anak-anak di PAKBOB.ID. Gemar mendongeng dan meramu kata.

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Instagram

Most Popular