Waktu Baca: 2 menit

Erupsi Merapi 2021 sudah di depan mata. Level risiko erupsi terhadap kita sangat tergantung di mana kita berada. Sejauh kita tidak berada di radius 5 kilometer dari kawah merapi, dan tidak tinggal di bantaran sungai yang berhulu di puncak Merapi, maka kita sudah ada di wilayah aman. Tetapi, kita perlu tahu cara membaca data Gunung Merapi.

Saat ini di Youtube sudah tersedia beberapa channel yang menyediakan informasi live streaming CCTV yang mengarah ke puncak Merapi, dilengkapi dengan relay suara dengingan seismograf. Banyak di antara netizen yang setelah melihat Live Streaming lantas makin kuatir dengan keadaan, karena tidak memahami arti data tersebut. Berikut adalah 3 cara menterjemahkan data pemantauan Gunung Merapi.

Bunyi Denging

Bunyi dengingan yang kita dengarkan di Live Streaming CCTV Merapi disebut sebagai suara SRR (Station Relay Radio). Suara yang mirip alat deteksi detak jantung itu ibarat Merapi sedang berbicara sesuatu kepada kita. Kalau terdengar suara nada yang stabil dan datar, berarti tidak ada pergerakan aktivitas vulkanik maupun tektonik. Kalau terdengar nada yang agak berubah, meliuk-liuk, itu tanda ada aktivitas vulkanik atau tektonik. semakin liukannya kuat dengan durasi lama, berarti ada aktivitas yang besar. Bisa karena hujan deras di puncak kawah, bisa karena ada gempa bumi, bisa karena ada awan panas meluncur, bisa karena ada erupsi freatik.

Kode grafik MEKLS, MEPUS, MEDEL, MELAB, MEJRO, MEPLA

merupakan grafik seismik berdasarkan letak alat seismograf. Perbedaan letak juga bisa menghasilkan grafik yang berbeda, sekaligus menunjukkan informasi di mana letak getaran vulkanik. MEKLS berarti ada di Klatakan, sisi barat puncak Merapi. MEPUS berarti Pusunglondon, sisi utara puncak Merapi. MEDEL berarti ada di Deles, sisi timur puncak Merapi, MELAB, berarti ada di Labuhan, sisi selatan puncak Merapi. MEJRO berarti ada di Jurang Jero, sisi barat daya puncak Merapi. MEPLA berarti ada di atas bukit Plawangan, sisi selatan puncak Merapi, tidak jauh dari objek wisata Kaliurang. Bila pada hari-hari ini kita melihat grafik seismik pada MEKLS lebih dominan ketimbang grafik di tempat lain, maka itu menunjukkan aktivitas vulkanik dominan terjadi  di sisi barat puncak Merapi.

Kode Grafik MEIMO, Panggang, Wanagama

merupakan grafik untuk mendeteksi aktivitas tektonik yang sangat mungkin juga terekam oleh seismograf di puncak Merapi. MEIMO berarti alat ada di Imogiri, Bantul. Panggang ada di Gunungkidul sisi barat. Wanagama ada di Gunungkidul sisi tengah. Kalau grafik seismograf di puncak Merapi merekam adanya getaran, dan di saat yang sama juga terdeteksi oleh seismograf lain di Bantul dan Gunungkidul, itu berarti menunjukkan adanya aktivitas tektonik jauh, bukan aktivitas Merapi.

Itulah 3 cara membaca data Gunung Merapi melalui Live Streaming Youtube. semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here