Decoy Effect dan Permainan Harga Serupa

Waktu Baca: 3 menit            Sering kita ‘dipaksa’ membeli tanpa kita sadari. Ah masa? Iya, ternyata sering. He..he..he..

Dalam berbelanja kita dihadapi oleh berbagai pilihan produk yang sama dengan kuantitas dan harga yang berbeda. Perbedaan harga ini merupakan bagian dari strategi marketing yang dijalankan usaha yang dikenal dengan Decoy Effect. Decoy Effect bekerja dengan memainkan trik psikologi konsumen agar konsumen tersebut mengambil keputusan yang berbeda saat menghadapi lebih dari satu pilihan dan berujung pada pengambilan keputusan terhadap produk yang terlihat lebih menguntungkan.

Terdapat beberapa docoy effect yang sering kita temui seperti paket kuota keluarga dari Telk*msel dengan beberapa penawaran:

  • Kuota keluarga 25 GB, seharga Rp150.000
  • Kuota keluarga 70 GB, seharga Rp250.000
  • Kuota keluarga 120 GB, seharga Rp400.000

Paket 70 GB dalam pilihan paket keluarga dari Telkomsel merupakan decoy effect yang diletakkan dengan tujuan untuk membuat paket keluarga 120 GB dari telkomsel seakan-akan menjadi pilihan yang tepat dan paling menguntungkan sehingga banyak pelanggan Telkomsel yang memilih paket kuota keluarga 120 GB.

 

Terdapat beberapa decoy effect lain yang sering kita temui seperti produk tissue dengan dua pilihan yakni 180 lembar dan 900 gram. Karena pemakaian tissue biasanya hanya seperlunya maka konsumen akan cenderung membeli tissue dengan ukuran yang kecil karena biaya yang tersisa dapat dialokasikan untuk kepentingan lain. Maka tissue menghadirkan produk dengan varian baru yakni isi 250 lembar sebagai decoy effect dan hal ini dapat membuat produk tissue dengan varian 900 gram akan terlihat sebagai pilihan yang tepat untuk lebih hemat dan terlihat lebih menguntungkan.

 

Contoh lain saat hendak menonton bioskop, terdapat dua varian produk pop corn dengan ukuran yang berbeda yang ditawarkan seperti pop corn dengan ukuran kecil seharga 40.000 dan besar seharga 75.000 maka konsumen akan banyak memilih produk yang kecil karena adanya rasa untuk menghindari mengkonsumsi pop corn besar tidak sampai habis dan terbuang. Dan dengan adanya varian pop corn baru yang berukuran sedang seharga 50.000  sebagai decoy effect membuat pop corn berukuran besar terlihat sebagai pilihan yang paling menguntungkan karena lebih murah dibandingkan dengan semua varian ukuran pop corn yang tersedia.

 

Selain Decoy effect, terdapat strategi pemasaran yang hampir serupa dengan tujuan agar konsumen atau pun pembeli memilih produk dengan margin terbesar sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi penjual ataupun produsen. Strategi serupa ini  sering dipakai oleh perusahaan yang memproduksi perabotan rumah tangga seperti dengan menghadirkan produk ketiga yang digunakan untuk memancing konsumen untuk memilih produk lain yang memiliki margin lebih tinggi dan lebih menguntungkan bagi penjual. Contohnya adalah lemari A dengan harga jual Rp500.000 dengan margin Rp50.000 dan lemari B dengan harga jual Rp700.000 dengan margin Rp150.000. Penjual pasti mengharapkan bahwa pembeli membeli Lemari B karena memiliki margin yang lebih besar namun, pembeli pasti memilih produk lemari A karena lebih murah. Untuk itu penjual menghadirkan produk lemari C dengan harga jual Rp1.000.000 dengan margin Rp100.000 sehingga menciptakan pandangan bahwa produk B lebih murah dan menguntungkan bagi pembeli. Permainan psikologi harga ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan untuk produk lemari B.

 

Apa Dampak Trik Psikologi Harga Terhadap Penjualan?

Manusia dengan nalurinya akan mengalami kebingungan apabila dihadapkan pada pilihan dan cenderung untuk memilih pilihan terlihat paling menguntungkan. Penggunaan trik psikologi terhadap penjualan apabila dilakukan secara maksimal maka dapat meningkatkan lebih dari 60% penjualan. Seperti penggunaan decoy effect yang akan maksimal apabila penjual mampu mengarahkan konsumen terhadap pilihan yang terbaik dan  menguntungkan bagi konsumen. Jadi, permain harga dengan trik psikologi tidak serta merta memiliki dampak langsung terhadap penjualan.

 

Tips Menerapkan Decoy Effect serta Trik Psikologi Harga Lain dalam Pemasaran

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhartikan dan lakukan dalam menerapkan decoy effect maupun trik psikologi harga dalam pemasaran:

  • Memperhatikan pesaing dalam penerapan decoy effect serta trik psikologi lain yang ada untuk melihat bagaimana trik psikologi tersebut nekerja pada bidang bisnis yang sama
  • Melakukan riset sederhana terhadap hasil dari penerapan dari trik psikologi harga terhadap bidang bisnis yang dimiliki, apakah memiliki cukup dampak positif terhadap penjualan atau sebaliknya.
  • Mencari varian decoy effect serta trik psikologi harga lain yang lebih menarik dan efektif apabila diterapkan.

 

Jadi, penerapan trik psikologi tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat banyak hal yang harus dikaji terlebih dahulu agar penerapannya dapat efektif dan contoh penerapan decoy effect diatas tidak menutup kemungkinan untuk munculnya strategi lain yang dapat dilakukan untuk menarik konsumen dengan memainkan decoy effect serta permainan harga lain.

Bagi konsumen, tetap bijak dalam menentukan produk mana yang lebih menguntungkan.

Maria Charin
Mahasiswi Akuntansi Sadhar yang sadar dirinya masih harus bergelut dengan skripsi

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Instagram

Most Popular