Jangan Takut Naik Pesawat!

Waktu Baca: < 1 menitAwal tahun 2021 di mulai dengan berita mengejutkan dari hilangnya pesawat Sriwijaya Air jurusan Jakarta-Pontianak. Hilangnya pesawat Sriwijaya Air menambah daftar kecelakaan pesawat di Indonesia.  Tidak sedikit orang menjadi panik dan takut untuk naik pesawat.  Pertanyaan akan keamanan dari penggunaan pesawat sebagai alat transportasi, kerap dipertanyakan ketika terjadi kecelakaan pesawat.

Berkaca Pada Angka

Pada tahun 2019, BBC menuliskan terjadi peningkatan jumlah perjalanan udara. Namun hal yang mengejutkan adalah terjadinya penurunan korban kecelakaan pesawat. Penelitian Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) yang dirilis pada 2016 mengatakan, rata-rata satu kecelakaan pesawat terjadi diantara 2,86 juta penerbangan. Artinya potensi untuk terlibat dalam kecelakaan pesawat sangat rendah dan pesawat masih menjadi transportasi yang aman digunakan. Selain itu, maskapai juga berlomba-lomba untuk selalu melakukan perbaikan sistem dalam melayani penumpangnya.

Antisipasi Sejak Dini

Meski demikian, tidak ada salahnya mengantisipasi hal yang terburuk jika menggunakan pesawat. Tentunya dengan mematuhi aturan ketika pesawat mengudara.  Penggunaan baju yang yang tidak mudah terbakar, pengunaan sepatu yang nyaman agar mudah ketika harus evakuasi mendadak, menggunakan sabuk pengaman ketika duduk serta mengikuti instruksi yang diberikan oleh pramugari dan pramugara sebelum lepas landas.  Pemilihan tempat duduk (ketika membeli tiket) juga membantu mengurangi risiko yang mungkin dapat terjadi. Apabila terjadi malfungsi pesawat saat terbang, tetaplah waspada selama perjalanan pesawat, terkhusus pada critical eleven, yakni tiga menit pertama saat terbang (take off) dan delapan menit terakhir saat akan mendarat (landing). (*)

 

 

Seraphina Dewanti
Penulis, podcaster yang suka baca dan nonton film. Suara dibalik podcast Dua Cerita Teman dan Imaji SeDap

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Instagram

Most Popular