Yang Kita Tahu Soal Dugaan Pelanggaran Prokes Raffi Ahmad dan Ahok (Sejauh Ini)

Waktu Baca: 3 menit

Raffi Ahmad menjadi sasaran hujatan netizen karena tertangkap kamera mengikuti pesta hanya beberapa jam setelah menjadi ‘perwakilan kaum muda’ yang menerima vaksin Sinovac pertama. Belakangan, diketahui kalau mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga hadir di pesta tersebut.

            Tindakan Raffi Ahmad ini dianggap tidak sesuai dengan protokol kesehatan. Raffi dianggap telah memberikan contoh buruk karena seolah olah meremehkan ancaman virus Korona. Sebagai informasi, vaksin Sinovac yang telah disuntikkan ke Raffi Ahmad hanya terbukti 63 % efektif untuk melawan Korona. Sementara itu, hasil penelitian di Brazil malah menunjukkan angka efikasi yang lebih buruk yaitu hanya 50,4 %. Terlebih, setelah disuntik, bukan berarti kekebalan dapat langsung terbentuk.

Setelah kejadian itu, Raffi Ahmad segera menyampaikan permintaan maaf lewat akun instagramnya. Ia beralasan kalau ia sedang makan sehingga saat difoto terlihat tidak mengenakan masker. Ia juga mengaku merasa bersalah pada Istana karena seolah membuat program kampanye pemerintah terlihat tidak serius.

Setelah permintaan maaf Raffi, kejutan ternyata tidak berhenti sampai di situ. Di beberapa media sosial, terlihat bahwa Ahok juga menghadiri pesta tersebut dan sempat bernyanyi bersama mantan vokalis Dewa: Once Merkel, tanpa masker! Hal ini tentu saja langsung mendapat tanggapan dari netizen terutama mereka yang tidak menyukai Ahok sedari awal. Dari pantauan Pakbob.id hingga pukul 6.21 WIB Jumat 15 Januari 2021, jumlah cuitan yang menanggapi masalah Ahok mencapai 28 ribu dan telah menjadi trending di Indonesia.

Lalu apa yang kita tahu sejauh ini tentang insiden tersebut? Berikut rangkuman dari kami.

  1. Terungkap lewat Instastory Raffi Ahmad dan Anya Geraldine

            Awalnya, insiden Raffi Ahmad diketahui dari unggahan instastory Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (mereka memang memiliki akun insta yang digunakan bersama). Setelah unggahan itu beberapa warganet langsung bereaksi. Tampak di instastory Raffi ada beberapa tokoh yang ada di foto itu di antaranya adalah : aktor peraih piala Citra, Gading Marten dan Selebgram sekaligus artis, Anya Geraldine.

Keberadaan Anya Geraldie ini menjadi pintu bagi warganet untuk menemukan fakta lain terkait pesta itu. Ternyata Anya Geraldine pernah memposting beberapa hal mengenai pesta itu di instastorynya. Dalam postingan Anya, ditemukan kehadiran Ahok.

  1. Terjadi di Mampang

Lokasi pesta yang dihadiri para pesohor termasuk Raffi dan Ahok disebut berlokasi di Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (13/1) malam WIB. Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol Sujarwo, mengaku, sedang melakuan penyelidikan terlebih dahulu. “Yang kami cek di berita itu sekitar jam setengah 12 (acara pesta) tadi di beberapa media,” kata Sujarwo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (14/1).

Menurut dia, lokasi pesta bukan di kafe atau tempat umum, melainkan rumah pribadi. Menurut dia, acara pesta itu memang diadakan di rumah ayah pembalap Sean Gelael. “Itu wilayah Mampang karena di pinggir jalan perbatasan. Kami sedang di lokasi dulu, kami data-data dulu. Cuma memang lokasi itu, yang punya acara itu anaknya (Sean) atau bapaknya,” ujar Sujarwo.

  1. Tidak Berizin

Mulai 11 Januari hingga 25 Januari 2020 berlaku kebijakan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di pulau Jawa, termasuk di Jakarta. Seluruh tempat kerja wajib menerapkan porsi bekerja sebesar 75 persen dari rumah. Seluruh tempat makan hanya melayani dine in hingga pukul 19.00 WIB, walau layanan take away bisa dilakukan hingga 24 jam. Tentu saja pesta seperti yang dihadiri Ahok dan Raffi Ahmad tidak diperbolehkan.

Dalam pernyataannya pada media, Polsek Mampang melalui Kapolsek Kompol Sujarwo menegaskan acara pesta yang disambangi Raffi Ahmad serta beberapa artis lainnya belum mendapat izin.

Bukan hanya itu, Sujarwo menuturkan pihak Polsek Mampang tak mendapat pemberitahuan terkait acara yang digelar pada Rabu, 13 Januari 2021 di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan itu. Sujarwo bahkan menambahkan tak akan memberikan izin, jika mengetahui adanya acara tersebut.

  1. Istana Menyesalkan Kejadian Tersebut

            Lewat Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, istana menegaskan kekecewaan mereka pada insiden itu.

“Selama pandami Covid-19 yang meningkat, maka sebaiknya kurangi aktivitas di luar rumah yang tidak perlu, kecuali ke kantor,” ujar Heru ketika dikonfirmasi, Kamis (14/1/2021).

 

Kabarnya saat ini Raffi Ahmad telah diminta untuk tidak menghadiri acara acara publik termasuk salah satunya talkshow yang berniat membahas pengalaman Raffi Ahmad setelah menjadi salah satu orang pertama yang mendapat vaksin Covid 19.

 

  1. Ada Ancaman Hukuman (?)

Terkait pelanggaran undang undang karantina kesehatan, terdapat pasal tersebut dalam UU Karantina Kesehatan. Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan berbunyi demikian:

Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).”

Beberapa netizen membandingkan kasus ini dengan kasus yang menimpa mantan Ketua FPI, Muhammad Rizieq Shihab yang saat ini mendekam di penjara karena kasus pelanggaran UU Karantina Kesehatan. Beberapa elemen netizen meminta agar sanksi yang diberikan pada Ahok dan Raffi Ahmad sama tegasnya dengan yang diberikan pada Rizieq Shihab.

 

Ardi
Jurnalis, Penulis dan Foodiez. Menulis dua novel di Storial, "Santiran" dan "Di Rawa Peteng". Suka berdiskusi asal tidak emosi

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Instagram

Most Popular