Waktu Baca: 3 menit

 

 

Budaya minum kopi tampaknya tidak bisa dipisahkan dari keseharian kita sekarang ini. Bahkan sudah membudaya. Aktivitas yang dilakukan pun seringkali harus dlengkapi dengan aroma kopi. Berbagai kalangan menjadikan kopi sebagai media untuk saling berinteraksi. Perkembangan pesat budaya minum kopi juga tentunya membawa dampak bagi para penyedia coffee shop. Mereka beradu konsep tempat sekaligus minuman kopi andalannya.

Sebuah kedai kopi dengan gaya arsitektur seperti rumah tempat tinggal, berdiri dengan kokoh. Kedai kopi tersebut memebuat para pengunjungnya serasa sedang berada di rumah pribadinya, tepatnya di ruang tamu. Kehangatan para barista dan didukung oleh sofa serta tempat duduk yang didesain dengan apik membuat kita betah berada di sana.

Arua Coffee, itulah nama kedai kopi yang beberapa waktu lalu sempat dikunjungi oleh PAKBOB.ID. Arua Coffee berlokasi di Jalan Cempaka 34, Deresan, Gejayan, Sleman. Walaupun berada di sekitar area kompleks perumahan, tidak menyurutkan antusiasme para penggemarnya.

Saya pun berkesempatan untuk menjajal varian kopi yang ada di sana sekaligus mengobrol santai dengan pemiliknya. Di balik kesederhanaannya, Arua Coffee sudah berdiri selama enam tahun. Bukanlah kedai kopi yang kaleng-kaleng. Dalam rentang waktu tersebut Arua Coffee mampu bertahan. Tentu ini hal yang tidak bisa dianggap biasa saja.

“Arua buka sekitar bulan Juni tahun 2015. Jika masih ingat waktu itu, persaingan kedai kopi sangatlah mengerikan. Dapat dikatakan bahwa jika kita sedang melintas di jalan mana pun pasti ada kedai kopi. Tetapi Arua berhasil tantangan yang ada, nyatanya kami masih berdiri hingga kini. Tentu tak lepas dari pasang surutnya,” jelas Patriot, pemilik dari Arua Coffee.

Saat ditanya mengenai varian produk yang disajikan oleh Arua Coffee, Patriot menyatakan bahwa sebenarnya hampir sama dengan kedai kopi lainnya. Coffee based dan non coffee based. Kebetulan di sore itu, saya diberikan kesempatan untuk mencicipi salah satu menu andalan Arua Coffee yang diberikan nama Kingsman, persis nama sebuah film yang terkenal beberapa waktu lalu.

Kingsman disajikan dalam bentuk dingin. Aroma kopinya beradu dengan rum dan susu. Sebuah percampuran yang sangat istimewa. Tentu rum yang digunakan di sini halal dan sesuai standar makanan yang berlaku. Seruputan pertama yang masuk ke mulut membuat lidah ini bergoyang. Ini bukan kopi susu biasa. Segar dan takaran kopi, susu, serta rum sangatlah tepat. Dibutuhkan keterampilan dan keuletan dalam menyajikan Kingsman. Sungguh sebuah minuman kopi yang sangat berkelas dan layak disebut minuman raja (Kingsman). Tak salah rasanya jika banyak para penikmat kopi memesan menu ini.

Kingsman, minuman andalan             Arua Coffee

Menu lainnya yang siap untuk dinikmati di Arua Coffee adalah mocktail soda. Menu ini juga tak kalah dahsyat. Patriot sendiri yang menemukan resep ini, ia memiliki ide untuk menggabungkan antara kopi dengan soda. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya kan? Jika ingin camilan, tempat tersebut juga menyediakan. Rentang harga yang ditawarkan pun juga standar dengan kedai kopi lainnya. Tidak perlu risau akan menguras kantong kalian semua.

Obrolan berlanjut, saya tertarik dengan pemilihan nama Arua dan makna yang menyertainya. Menurut Patriot, nama Arua diperoleh dari bahasa Bugis. Arua itu memiliki arti angka delapan.

“Kalau makna dari Arua kurang lebihnya begini sih, biasanya para penikmat kopi akan mencari aroma, asam, bodi, bitter, dan sweetness saja. Saya berikan tiga hal lagi yang bisa menambah kenikmatan dalam menikmati kopi. Bagi saya, good place, good vibes, dan good friends. Sehingga genaplah menjadi delapan poin yang sekaligus menjadi nyawa dari Arua,” papar Patriot.

Makna itulah yang menjadi salah satu rahasia bertahannya Arua dalam bisnis kopi. Selain juga ditambah dengan kontrol yang ketat dari sebelum penyajian hingga disajikan. Arua Coffee memang benar tak hanya sekadar tempat untuk merayakan senja semata. Arua Coffee adalah sebuah rumah yang nyaman dan selalu menunggu kita untuk pulang. Berkumpul bersama para sahabat dan bahkan keluarga. Tak ada salahnya jika berkunjung ke Jogja mampir ke Arua Coffee, rasakanlah segarnya Kingsman membasahi mulut anda…(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here