Inspirasi Rumah Kos Bernuansa Ekologis di Kawasan Lereng Gunung Merapi

Waktu Baca: 3 menit 

Buat kamu netizen yang hobi kreasi rumah, tentu kamu akan suka browsing gambar desain rumah unik di Instagram. Cobalah searching dengan kata kunci Tiny House, dan kamu akan menemukan ribuan desain rumah kayu yang mungil dan menarik. Bila kamu bermimpi bisa tinggal di rumah yang mungil dan eksotis, kamu bisa wujudkan impianmu di Jogja.

Adalah seorang bernama Muhammad Nurbani Arief alias Mas Bani, yang mengembangkan kompleks Barend House sebagai permukiman semi permanen. Mas Bani kini memiliki sejumlah unit kos paviliun dengan konsep rumah kayu di sekitar Jalan Kaliurang KM 16, Sleman. Keberadaan usaha Barend House ini, selain karena aspek bisnis, juga karena ia berusaha menjawab kebutuhan mahasiswa dan keluarga muda untuk bisa tinggal di rumah yang murah namun unik. Barend House sepenuhnya ia jalankan dengan sistem sewa, mulai dari lahan hingga properti yang sifatnya semi permanen. Usaha kos-kosan ini ia mulai sejak bulan Februari 2019 dengan modal awal 10 unit kos paviliun. Rupanya peminat cukup banyak, hingga saat ini ia mampu mengembangkan 58 unit kos paviliun yang tersebar di 4 lokasi.

Biaya sewa yang diterapkan Mas Bani cukup beragam, sesuai dengan kemampuan kantong konsumen. Lama sewa mulai dari per bulan, per tahun, bahkan hingga 20 tahun. Untuk sewa per bulan, Mas Bani mematok tarif mulai 650 ribu dengan kondisi paviliun kosong, hingga tarif 1,2 juta untuk paviliun yang dilengkapi Air Conditioner, springbed, dan televisi. Sementara untuk sewa per tahun, dipatok harga mulai 8 – 10 juta per tahun.

Bagi yang ingin menyewa jangka panjang, Mas Bani menawarkan tarif ekonomis 30 juta untuk sewa 10 hingga 20 tahun, tergantung lokasi. Semakin lama menyewa, maka biaya akan terasa semakin murah. Bayangkan, dengan kamu merogoh tabungan 30 juta untuk menyewa paviliun kos selama 20 tahun, secara matematis kamu hanya mengeluarkan biaya sewa 150 ribu per bulan !

Kalau kamu mau menyewa dengan jangka waktu 10-20 tahun, Mas Bani juga mengijinkan untuk disewakan kembali ke pihak ketiga dengan sistem bulanan maupun tahunan. Ini juga mengingat bahwa belum tentu unit paviliun akan kamu gunakan sendiri selama 10 tahun penuh. Boleh juga disewakan kembali kepada kerabatmu. Namun demikian satu syaratnya : No LV.

Sistem subsidi silang

Kepada redaksi Pakbob.ID, Mas Bani menjelaskan bahwa harga yang  murah itu bisa terjadi karena ia menggunakan subsidi silang antar penyewa paviliun. Lahan yang ia gunakan untuk membangun unit paviliun ia peroleh dengan menyewa tanah kas desa maupun rekan dekatnya. Baginya, menyewa lahan di Jogja jauh lebih menguntungkan ketimbang membeli lahan. Terlebih lagi para pengguna kos-kosan merupakan penduduk musiman yang setiap tahun akan silih berganti.

Inspirasi kos murah bernuansa ekologis di lereng gunung Merapi untuk para penyayang binatang
Inspirasi kos murah bernuansa ekologis di lereng gunung Merapi untuk para penyayang binatang

Aspek Ekologis

Berkunjung ke  kompleks Barend House di Jalan Kaliurang KM 16 Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, kita akan menemukan deretan rumah kayu yang asri dan tenang di tengah sawah. Mas Bani mengungkapkan alasan mengapa ia memilih lokasi di kawasan lereng gunung karena ada pertimbangan aspek kesejukan dan lingkungan yang relatif masih alami. Di sekitar kompleks Barend House masih cukup luas terbentang areal persawahan yang bisa memanjakan mata.

Unit paviliun yang ia rancang sebagian besar menggunakan struktur rumah panggung untuk menjaga sirkulasi air. Material kayu yang ia gunakan sebagian diantaranya mengambil dari papan kayu bekas dari rumah tradisional Jawa. Dengan demikian daya tahannya sudah teruji. Prinsip daur ulang juga dipakai dalam konstruksi unit paviliun, dengan memanfaatkan material bekas dari rumah tradisional Jawa yang kualitasnya masih baik. Beberapa pintu dan jendela yang digunakan tampak bercirikan rumah Jawa.

Untuk menjaga kesejukan udara dalam rumah, pohon-pohon perindang juga ditanam di sekitar rumah. Selain itu atap genteng dilapisi dengan lembar aluminium foil untuk menahan aliran udara panas dari genteng ke dalam rumah.Bila dirasa kurang sejuk, penghuni juga bisa secara mandiri memasang Air Conditioner, karena daya listrik yang terpasang adalah 1300 VA, cukup untuk menyalakan AC ½ PK

Inspirasi Rumah Kos Bernuansa Ekologis di Kawasan Lereng Gunung Merapi

Hunian Khusus Pecinta Hewan
Mas Bani mengungkapkan adanya rencana dalam bulan Maret- April 2021 akan membangun kompleks Barend 5 di kawasan Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Secara khusus Barend 5 ditawarkan untuk para pecinta hewan di Jogja yang selama ini kesulitan mencari tempat tinggal dengan biaya terjangkau dan lingkungannya mengizinkan adanya hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Dari 27 unit yang akan dibangun, 7 diantaranya sudah dipesan untuk masa sewa 20 tahun. Lingkungan sekitar Barend 5 sangat cocok untuk memelihara anjing dan kucing karena suasana yang masih asri. Seluruh unit paviliun di Barend 5 dibangun dengan konsep 2 lantai, dengan luas tanah 68m2. Posisi unit yang menghadap ke selatan memungkinkan rumah terasa sejuk karena mendapat tangkapan angin yang banyak.

Bila kamu berminat untuk tinggal di Barend House, kamu dapat langsung menghubungi Mas Bani di nomor 081328206966.

Benny Pudyastanto
Peneliti lepas untuk isu kesehatan mental di sekolah, merangkap bapak asrama anak-anak SMA

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Instagram

Most Popular