Mengapa Restoran Cepat Saji Menggunakan Lampu terang benderang ?

Waktu Baca: 2 menitPernahkah kamu memperhatikan detail desain pencahayaan restoran, warung makan, Warung Burjo, Kafe, Coworking Space, dan segala macam tempat nongkrong serta makan ? Mereka menggunakan desain pencahayaan tertentu, yang pasti ada maksudnya. Fungsi lampu tidak sekadar menjadi penerang ruangan, tetapi juga akan mempengaruhi suasana hati orang yang ada di dalam ruangan tersebut, baik pekerja maupun konsumen.

Dalam ilmu psikologi, kajian mengenai interaksi perilaku manusia dengan desain lingkungan tinggal disebut sebagai Ergonomi. Kajian ergonomi dapat menentukan bentuk kursi, meja, pilihan warna dinding, ukuran ruangan, pilihan lantai, pencahayaan, serta sirkulasi udara. Setiap pilihan desain akan berkaitan dengan tujuan atau fungsi utama ruangan tersebut. Pilihan tidak selalu mengarah kepada kenyamanan, tetapi bisa juga pada konsentrasi kerja, semangat, kecepatan kerja, atau ketenangan pikiran.

Secara khusus saya akan mengulas alasan mengapa restoran cepat saji menggunakan lampu yang cahayanya terang benderang. Restoran cepat saji yang saya bahas meliputi rumah makan masakan padang, waralaba hamburger dan ayam goreng. Tentunya kamu dalam hidup pernah masuk di restoran cepat saji dan makan di situ.

Lampu yang dipilih umumnya adalah lampu bercahaya putih (cool white), dengan tingkat kecerahan tinggi. Bentuk yang dipilih bisa jadi lampu TL, Tornado, maupun bola. Ketika memasuki ruangan kita akan melihat bahwa semua benda yang ada di ruangan tersebut tampak dengan jelas. Pencahayaan semacam itu akan membawa suasana hati kita menjadi cenderung cepat dalam mengambil keputusan, segera bertindak, atau bahkan semangat. Kita akan cenderung tidak berlama-lama ada di restoran tersebut, yang penting tujuan utama terpenuhi, yaitu makan kenyang. Ketika memesan menu pun kita akan melakukan dengan cepat, tidak lebih dari 5 menit.

Bagi pemilik restoran, keadaan ini menguntungkan dan sesuai dengan tujuan restoran cepat saji : orang cepat datang memesan makanan, menghabiskan makan dengan cepat, segera pergi, dan kursi dapat digunakan lagi oleh konsumen yang lain. Semakin cepat arus keluar masuk konsumen ke restoran, maka volume penjualan akan meningkat. Para pramusaji pun harus bergerak cepat, karena umumnya konsumen ingin segera mendapatkan makanan yang mereka pesan.

Pilihan meja kursi yang disiapkan pun rata-rata bernuansa kaku, bahan solid, dan mudah dibersihkan. Yang diutamakan adalah konsumen bisa duduk untuk makan, bukan untuk kenyamanan duduk berjam-jam. Perawatannya pun mudah karena cukup diusap dengan kain lap dan cairan pembersih. Ketika kita makan di ruangan yang sangat terang, kita akan cenderung makan dengan cepat-cepat. Bila kita ingin menambah porsi makanan, kita akan mengambil keputusan dengan cepat pula.

Situasi akan lain bila restoran cepat saji menggunakan lampu kuning dengan kecerahan yang relatif redup (cool Daylight). Orang akan nyaman datang ke restoran tersebut, duduk berlama-lama. Dengan demikian akan memunculkan kesan bahwa restoran selalu ramai dan penuh konsumen yang makan di tempat. Konsep ini digunakan oleh kafe dan coworking space.

Pilihan lampu cool white dnenga tingkat kecerahan tinggi juga digunakan oleh minimarket waralaba. Mereka menggunakan lampu putih dengan jumlah banyak dalam satu ruangan, bahkan kadang-kadang terasa silau. Begitu kita memasuki minimarket, kita merasa terdorong untuk segera membeli sesuatu yang kita mau. Kalaupun kita menemukan aitem barang lain yang menarik, keputusan untuk membelinya pun dapat berlangsung sangat singkat. Dengan demikian jumlah arus konsumen yang datang ke minimarket bisa banyak.

itulah alasan-alasan mengapa restoran cepat saji (dan minimarket waralaba) menggunakan lampu yang sangat terang. Apabila kamu berencana untuk membuka usaha warung makan cepat saji, pastikan ruangannya mendapat cahaya yang terang.

Benny Pudyastanto
Peneliti lepas untuk isu kesehatan mental di sekolah, merangkap bapak asrama anak-anak SMA

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Instagram

Most Popular