Waktu Baca: 2 menit

Sejak beberapa waktu lalu, pemerintah sudah memulai upaya vaksinasi Covid 19. Sebuah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona. Tetapi vaksinasi bukan berarti terus membuat kita terus seenaknya saja lho ya. Kita semua tetap harus melakukan protokol kesehatan. Ingat! Vaksin itu hanya untuk mencegah bukan mengobati serangan virus korona.

Kita semua tentunya pernah merasakan vaksin ketika masih jadi dedek bayi. Tentu tubuh kita sudah terbiasa dengan coblosan syahdu ujung jarum suntik. Ini penting disampaikan karena vaksinasi Covid 19 akan berlangsung dua kali. Jadi, persiapkanlah semuanya dengan baik ya bro n sis.

   Tim riset PAKBOB.ID pun sudah berupaya untuk mengumpulkan tips agar kalian bisa menghadapi vaksinasi dengan tuntas dan bahagia tentunya. Beberapa waktu lalu, kami menghubungi teman-teman yang sudah melakoni vaksinasi korona. Baik yang baru sekali ataupun dua kali. Kami ingin berbabgi mengenai pengalaman yang bisa dijadikan bekal sebelum dan sesudah vaksin.

Berikut ini adalah tips sebelum kalian melakukan vaksinasi Covid 19 :

  1. Pastikan kalian memenuhi undangan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Jangan sampai kalian malah terlambat atau malah bahkan tidak datang. Tolong, masih banyak orang di luar sana yang masih menunggu jadwal vaksin. Pergunakan kesempatan sebaik mungkin. Persiapkan pula kartu identitas atau persyaratan lain yang dibutuhkan.
  2. Tidurlah yang cukup. Berdasarkan penelusuran yang kami lakukan, kurang tidur membuat tekanan darah menjadi tidak normal, akibatnya kalian malah nanti tidak bisa divaksin. Tidurlah yang cukup dan jangan begadang.
  3. Makan-makanan yang bernutrisi. Tidak kalah pentingnya adalah kalian harus makan yang bergizi. Buat apa sih? Vaksin ini akan lebih berdaya guna apabila tubuh kalian juga menyediakan nutrisi yang baik pula. Karena vaksin ini juga tidak bisa bekerja sendiri, ia juga membutuhkan bantuan dari metabolisme tubuh kita.
  4. Kurangi porsi olahraga sebelum vaksin. Memang olahraga baik untuk tubuh tetapi pada saat kalian mau vaksin, kurangi dulu porsinya ya. Kalau kalian terlalu kelelahan nanti bukannya daya tahan meningkat malah kebalikannya. Ujung-ujungnya kamu malah gagal vaksin.
  5. Kurangi mendengarkan informasi yang tidak jelas kebenarannya. Yang paling penting adalah jangan sampai pikiran kalian terganggu oleh hal yang tidak jelas. Fokuslah saja untuk vaksinasi. Di saat inilah kita bisa bersikap bodo amat dengan sekitar.
  6. Jujur saat vaksinasi. Kalian tetap harus berkata yang sebenarnya saat mau divaksin, apalagi kalau memiliki sakit yang menyertai. Apabila masih melakukan pengobatan dari dokter janganlah memaksakan diri untuk vaksin.

Selanjutnya, setelah menerima vaksin, kalian juga harus melakukan hal yang tak kalah pentingnya. Mari kita simak :

  1. Simpan baik-baik kartu vaksin yang sudah diberikan. Kartu ini akan menjadi kartu control bahwa kalian sudah mengikuti vaksinasi Covid 19. Karena di dalam kartu itu akan memuat data diri dan tanggal vaksin selanjutnya. Jadi, simpanlah!
  2. Tinggalah dulu selama 30 menit di tempat vaksinasi, wajib hukumnya! Hal ini dikarenakan dokter akan melakukan observasi terkait kondisimu sehabis divaksin. Tetapi jika nanti sampai rumah mengalami seperti demam, nyeri di bekas suntikan, menggigil atau bahkan lelah tidak perlu panik karena itu adalah hal yang wajar dan gejala ringan.
  3. Jika kalian mengalami gejala yang tidak wajar segeralah menuju dokter terdekat. Jangan sampai kalian malah melakukan pengobatan yang akan melemahkan vaksin yang sudah disuntikkan.

Bagaimana? Sudah siap divaksin kan? Kalau kalian ingin pandemi segera berakhir maka tertiblah dalam mengikuti program vaksin. Gak kerasa kok pas disuntik, kayak digigit semut aja. Lebih sakit dengerin komentar warga net yang nyinyir sama kehidupan kita. Percayalah!(*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here