Waktu Baca: 3 menit

Beberapa waktu lalu pemerintah melalui kementerian terkait telah membuka pendaftaran kartu Prakerja untuk tahun 2021. Sebuah kabar gembira yang sudah dinantikan oleh banyak pihak. Kartu Prakerja adalah sebuah upaya yang dilakukan pemerintah untuk memberikan subsidi sekaligus meningkatkan kemampuan bagi orang yang-yang belum bekerja, bekerja atau bahkan wirausaha.

Proses untuk mendaftar kartu Prakerja masih sama seperti tahun sebelumnya, kita harus mengisi biodata di laman prakerja.go.id. Setelah itu, akan ada evaluasi yang dilakukan dan memutuskan kita berhak mendapatkan kartu prakerja atau tidak. Biasanya kalau kalian lolos akan ada notifikasi yang masuk di surel serta SMS pada nomor yang didaftarkan. Sampai tahapan ini tampaknya tidak ada perubahan yang berarti, hanya saja jika kalian lolos prakerja ada perbedaan yang harus kalian pahami di kartu Prakerja tahun 2021.

Baiklah, kita akan bahas satu per satu tahapan yang harus kalian pahami saat menggunakan kartu Prakerja tahun 2021. Jangan sampai malah saldo yang seharusnya bisa kalian gunakan malah hangus, saying banget kan. Ada pun yang perlu kalian ketahui tentang penggunaan kartu Prakerja tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Kalian harus melakukan login terlebih dahulu ke akun kartu Prakerja tahun 2021 yang dimiliki. Bisa menggunakan telepon pintar, laptop, atau komputer. Apabila sudah, segeralah untuk masuk ke dashboard. Di sana akan muncul tiga video yang harus kalian tonton sampai selesai. Segeralah tonton saja, karena itu adalah syarat wajib untuk membuka akses saldo pelatihan kalian sebesar Rp 1.000.000. Ini yang membedakan dengan kartu Prakerja tahun 2020.
  2. Setelah menonton video sampai tuntas, segera cek ke saldo pelatihan. Apakah sudah mendapat transfer sebesar Rp 1.000.000 di akunmu. Saldo pelatihan ini sangat berkaitan erat dengan subsidi per bulan sebesar Rp 600.000 yang akan kalian terima selama empat bulan. Nah, jangan sampai kalian melewati 30 hari setelah dinyatakan diterima di kartu Prakerja tahun 2021, saldo pelatihan kalian akan hangus dan pastinya kamu akan dihapus dari program kartu Prakerja tahun 2021.
  3. Selanjutnya, cara menggunakan kartu Prakerja tahun 2021 adalah menghubungkan akunmu dengan dompet elektronik yang disediakan oleh sistem. Dompet elektronik ini alangkah baiknya sesuai dengan nomor telepon yang kalian gunakan pada saat mendaftar kartu Prakerja. Ada beberapa pilihan dompet elektronik yang bisa digunakan, BNI, Link Aja, OVO dan Gopay. Kalian bisa memilih sesuai kenyamanan kalian dalam bertransaksi. Melalui dompet elektronik inilah kalian akan mendapatkan insentif, jadi pastikan akunmu tersambung.
  4. Kartu Prakerja tahun 2021 juga menyediakan banyak pelatihan, kalian bisa memilihnya. Ada dari Bukalapak, Tokopedia, Pijar, Pintaria, Mau Belajar Apa, Sekolah.mu dan juga dari Kementerian Tenaga Kerja. Kalian bebas memilih pelatihan apa saja, sebagai masukan saja, pilihlah pelatihan yang sesuai dengan bidang yang ingin kalian tekuni atau kembangkan. Harga yang ditawarkan oleh setiap lembaga juga bervariasi, sehingga dengan saldo pelatihan sebesar Rp 1.000.000 tersebut lebih baik dihabiskan saja. Gunakan secara cerdas! Saldo pelatihan tersebut tidak bisa diuangkan jadi mendingan dihabiskan saja.
  5. Sebagai penutup, pastikan kalian menyelesaikan setiap pelatihan yang sudah dipilih. Ikutilah pelatihan dengan sungguh-sungguh karena ada tes yang akan diujikan di akhir kelas pelatihan. Nantinya kalian juga akan mendapatkan sertifikat kartu Prakerja tahun 2021 dari setiap pelatihan yang diikuti. Dan yang pasti, pelatihan yang kalian ikuti adalah cara untuk unlock insentif bulanan yang akan diterima. Hampir lupa, setiap kali menyelesaikan pelatihan akan ada survei evaluasi. Kalian juga akan mendapatkan insentif lagi sebesar Rp 50.000 lumayan juga kan? Survei ini juga akan mengukur keberhasilan pelatihan dan dampaknya ke kamu. Isi dengan jujur ya.

Semoga tips cara menggunakan kartu Prakerja tahun 2021 bisa berguna untuk kalian semua. Syukurilah atas apa yang sudah kalian raih. Manfaatkan kesempatan yang sudah diberikan kepada kalian. Sudah banyak sekali contoh orang-orang yang benar-benar menggunakan kartu Prakerja dengan sungguh-sungguh dan memetik hasilnya. Jadi, sudah siapkah kalian menjadi pribadi yang lebih baik dan mengembangkan diri setelah difasilitasi? Atau tetap gitu-gitu aja? Jawabannya hanya ada di tangan, hati, dan pikiranmu. Selamat mencoba…(*)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here