Waktu Baca: 4 menit

Sepanjang hari ini, media sosial Twitter ramai memperbincangkan Deng Jia Xi, seorang aktivis muda berusia 19 tahun yang meninggal tertembak di kepala setelah ikut memperjuangkan demokrasi bersama demonstran lainnya di Mandalay, Myanmar. Deng Jia Xi juga dikenal dengan nama Kyal Sin, atau ‘Angel’. Dirinya bersama demonstran lain berunjuk rasa mengecam kudeta militer Myanmar dan meminta untuk membebaskan para pemimpin.

Meninggalnya Deng Jia Xi menarik banyak simpati masyarakat internasional tak terkecuali Indonesia. Bagaimana tidak? Deng Jia Xi merupakan sosok anak muda maupun seorang tokoh yang dapat kita teladani bahwa akan selalu ada harapan di balik gelapnya dunia.

Sejak kejadian Rohingya, sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk saya tidak akan lupa dan mengecam penindasan tersebut. Namun permasalahannya, tidak sedikit masyarakat yang kemudian bersikap apatis ketika berita kudeta di Myanmar mulai terdengar. Mereka bahkan berpikiran dan mensyukuri atas kudeta yang terjadi saat ini yang mana seharusnya dapat kita bedakan konteksnya.

Situasi tersebut saat ini seakan sedikit berubah, ketika Deng Jia Xi gugur dan berkorban demi memperjuangkan demokrasi dan hak kemanusiaan rakyat Myanmar. Kita mulai memiliki rasa simpati terhadap demonstran di Myanmar, dibuktikan dengan banyaknya ucapan belasungkawa dan rasa salut. Nah, memangnya hal apa sih yang dimiliki atau diperbuat seorang Deng Jia Xi ini? Sehingga saat ini kita sangat salut dan tersentuh dengan pribadinya. Berikut beberapa diantaranya :

Deng Jia Xi adalahdeng_jia_xi

  1. Anak Muda Bertalenta

Deng Jia Xi juga seorang dancer di Mandalay’s DA-Star Dance Club dan ahli beladiri Taekwondo. Dia juga memiliki sebuah lagu yang di produksi sendiri di Youtube yang berjudul No Reason. Dari sisi ini cukup terlihat bahwa sangat besar potensi yang dimiliki oleh seorang Deng Jia Xi untuk meneruskan bakatnya selayaknya anak muda yang masih penuh energi dan semangat.

deng_jia_xi_activist
www.facebook.com/Deng Jia Xi
  1. Sangat Menjunjung Tinggi Rasa Kemanusiaan

Seperti yang terlihat di akun Facebook-nya, Deng Jia Xi kerap membagikan momen ketika dirinya berada di jalanan untuk berdemonstrasi maupun melakukan tindakan berbagi bersama teman-temannya. Sebagai seorang aktivis, dirinya dengan senang hati akan selalu berusaha untuk ikut melawan ketidakadilan dan memperjuangkan hak kemanusiaan.

deng_jia_xi
www.twitter.com
  1. Peduli dan Pemberani

Menurut Myat Thu, yang bersama Deng Jia Xi saat protes, dia mengenangnya sebagai seorang wanita muda pemberani yang menendang saluran air sampai terbuka sehingga pengunjuk rasa dapat mencuci gas air mata dari mata mereka, dan dia juga yang melemparkan tabung gas air mata kembali ke arah polisi.

“Ketika polisi melepaskan tembakan, dia mengatakan kepada saya‘ Duduk! Duduk! Peluru akan menghantammu’,” kenang Myat Thu. “Dia merawat dan melindungi orang lain sebagai seorang kawan.”

deng_jia_xipesan_deng_jia_xi

  1. “Everything Will Be Okay”

Tulisan tersebut ada di baju kaos berwarna hitam miliknya yang dia pakai ketika dirinya tertembak di kepala dan meninggal. Deng Jia Xi bahkan memberikan rincian tentang golongan darahnya dan permintaan untuk mendonasikan tubuhnya yang berguna bagi orang lain yang membutuhkan, ketika dirinya terluka dan tidak dapat kembali ke kondisi semula.

deng_jia_xi_
www.facebook.com/Deng Jia Xi

deng_jia_xi_

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tidak Jauh Berbeda dengan Kita

Dirinya membuktikan bahwa siapa saja bisa menjadi seseorang yang baik. Tak peduli apa latar belakang dan situasi yang dihadapi. Deng Jia Xi hanyalah seorang mahasiswa berusia 19 tahun pada umumnya. Namun yang Ia perbuat dapat menginspirasi banyak orang dan memotivasi banyak orang untuk terus berjuang, bahkan hingga dirinya wafat.

Tentu banyak karakter positif dan pesan mendalam yang dapat kita ambil dari seorang Deng Jia Xi. Wafatnya Deng Jia Xi tentu meninggalkan rasa kepedihan dan kesedihan juga dibenak banyak orang. Dunia sepertinya tidak pantas untuk memilikinya. Walau begitu, di balik brutalnya situasi yang terjadi di dunia saat ini, selalu ada terang dan harapan dari setiap perbuatan yang kita lakukan untuk orang lain dan itu tergambar pada diri Deng Jia Xi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here