Waktu Baca: 3 menit

Ngomongin soal bucin memang tiada habisnya, mau sampai dunia berhenti berputar, mereka tetap akan ada terus menerus hingga nanti mungkin bikin benua sendiri. Bab cinta, mencintai dan dicintai akan selalu hangat, namanya juga manusia. Tanpa cinta ya hampa, katanya sih. Kenapa saya menulis tulisan ini? Karena saya sebenarnya merasa kasihan dengan salah satu teman sekantor. Dia suka sama cowok tapi cowoknya suka sama cewek lain. Alhasil menjadi teori Phytagoras alias cinta segitiga. Bahasa kerennya lagi adalah cinta bertepuk sebelah tangan. Fix, dia sangat tidak terima dengan keadaan tersebut. Bucin akut terdeteksi!

Bucin itu tidak salah! Seperti halnya jomlo, semua itu adalah pilihan dari pribadi masing-masing kok. Tak perlu merasa risau atau gelisah bahkan baper dibilang bucin. Walaupun tidak diatur di dalam Hak Azasi Manusia, bucin adalah hak setiap warga negara. Bucin itu boleh saja tapi ya yang kece dong jangan menye-menye. Jadilah bucin yang berkualitas sempolan, eh jempolan maksudnya.

Lalu, bagaimanakah cara atau strategi agar menjadi bucin yang kece dan bisa dihargai oleh orang lain? Tidak perlu khawatir, saya sudah menyiapkan tips agar kalian menjadi bucin yang high class. Kalian para bro and sis bisa menggunakan cara yang saya dapatkan dari berbagai sumber ini, termasuk sumber daya alam dan sumber daya manusia. Okelah, tidak perlu lama-lama lagi saya akan membeberkan rahasia menjadi bucin yang kece. Mari kita…

  1. Siap memliki, siap kehilangan

Prinsip paling dasar yang harus kalian punyai adalah sikap ikhlas. Jadi ketika kalian mau menjalin atau memulai relasi maka kamu harus siap untuk melepasnya pergi. Ingat, tidak ada yang abadi di dunia ini. Bahkan kalian juga tahu sendiri to, Thanos aja masih kalah. Tentu cara kehilangan itu menjadi rahasia Ilahi, sebagai manusia ya kita hanya bisa menjalani saja. Kehilangan bukan berarti putus harapan, kehilangan adalah sebuah awal dari sebuah pengharapan. Apa iya kamu mau nangis selama 24 jam sehari, seminggu, sebulan bahkan tahunan? Gak logis blassss…

  1. Saling berani mengoreksi

Cinta boleh menggelora tapi hubungan harus setara. Tentu kalian pengen kan bisa melaju sampai ke pelaminan. Sebelum ke sana haruslah kalian bisa mengatur komunikasi yang baik. Tidak boleh salah satunya mendominasi. Jika salah katakan salah, jika benar katakan benar. Lakukanlah hal tersebut jika sedang menghadapi sebuah masalah. Bolehlah emosi, tapi ya jangan keterusan, ndak baik. Mulai sekarang yuk saling mengoreksi walau kalian bukan guru ataupun dosen.

  1. Bangunlah sikap berkompetisi yang baik

Rasa cinta yang berlebihan bisa diarahkan untuk ke hal yang bersifat kompetitif. Kalian berdua bisa saling membuat perlombaan dalam menjalani romansa percintaan. Misalnya saja, kalian lomba untuk cepet-cepetan lulus. Siapa yang lulus duluan akan mendapatkan semangkuk mi ayam seharga lima puluh juta rupiah, misalnya. Adanya apresiasi yang diberikan sebagai hasil dari sebuah proses akan memberikan semangat dalam menjalani kompetisi yang dilakukan. Cobalah, pasti seru!

  1. Tetap berteman dengan semua orang

Bucin bukan berarti kamu terus memutus hubungan silaturahmi dengan teman-teman. Kalian tetap harus berteman. Siapa tahu nanti di tengah jalan kalian bubaran kan masih punya teman yang mendengarkan kisahmu, eeee tahu-tahu awalnya dengerin kisahmu jadi pasanganmu cieeeee. Mencari musuh itu gampang, mencari teman itu sulit apalagi teman tapi mesra. Lho?

  1. Kalian harus tetap mandiri

Mandiri, why? Sebucin-bucinnya kalian tetap harus menjadi pribadi yang bisa ngapa-ngapain sendiri. Mosok ya dikit-dikit diurusin sama pasanganmu. Jangan terlalu manja dan menggantungkan kehidupanmu pada orang lain. Akibatnya bisa fatal, daya kreativitasmu akan berkurang. Termasuk pula ketika menghadapi permasalahan yang sedikit rumit kamu akan gampang menyerah. Sambat, nangis sejadi-jadinya. Come on, kamu tetap harus mandiri. Berilah kesempatan untuk pasanganmu berkembang kalau kamu benar-benar cinta si doi.

 

Gimana? Semoga lima tips menjadi bucin yang kece bisa menjadi inspirasi kalian untuk menjadi Pasukan Bukan Bukin Biasa alias PSBB. Kalau berguna ya bolehlah dibagikan tulisan ini, seperti juga halnya berbagi amal. Menutup tulisan ini, saya ingin mengutip kata-kata bijak kak Ariel Noah, kalian luar biasa (kalau bisa menjadi bucin yang kece). Terakhir, bucin boleh, bodoh jangan. Salam peluk jauh…(*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here