Waktu Baca: 3 menit

Musim penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai. Pertanda sebentar lagi akan banyak mahasiswa baru yang membutuhkan kos-kosan. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh mas menteri Nadiem Makarim yang juga akan membuka perkuliahan dengan model tatap muka walau masih terbatas. Semoga ini segera menjadi kenyataan ya, kan tahu sendiri permasalahan mudik masih menjadi polemik. Terjadi tarik ulur antara pemerintah dengan komponen yang terlibat, ya tidak apa-apa kok, siapa tahu sekalian buat latihan buat lomba tarik tambang untuk 17an nanti.

Jadi begini, yang namanya mencari kos-kosan itu sebenarnya susah-susah gampang lho. Jangan dikira dalam sehari langsung bisa dapat yang sesuai keinginan kamu. Kecuali kamu adalah anak sultan, bisa jadi kamu malah akan bangun kos-kosan sendiri. Tinggal bawa badan dan koper saja. Sekali lagi itu kalau anak sultan lho ya.

Baiklah, di dalam artikel ini kita akan membicarakan bagaimana sih cara mencari kos-kosan yang baik dan benar biar kalian juga nyaman. Tentu di sebuah kos-kosan kalian nantinya juga tidak akan cuma makan dan tidur saja kan? Kalian juga perlu untuk berintekasi dengan lingkungannya to ya, kecuali kamu mau jadi makhluk yang nganu…

  Tim dari PAKBOB.ID sudah merangkum strategi dahsyat menemukan kos-kosan impian yang semoga cocok dengan kalian. Berikut adalah beberapa hal yang patut kalian pahami sebelum mencari kos-kosan, mari kita simak bersama-sama :

  1. Pastikan kos-kosan tersebut memiliki alamat jelas dan tidak fake.

Alamat adalah hal yang penting dalam mencari sebuah kos-kosan. Bagaimana tidak? Apakah kalian mau ketika ada teman, babang ojol, bahkan calon gebetanmu kesasar? Tentunya tidak. Kalian harus mengetahui secara detail alamat kos yang nantinya akan kalian tempati. Kan sudah dibilang juga sudah sama Kak Ayu Ting Ting, jangan berikan alamat palsu apalagi malah harapan palsu.

  1. Ketahuilah secara pasti siapa pemilik kos-kosan tersebut.

Saat ini, kos-kosan sudah berkembang dengan pesat. Saking pesatnya sampai kita tidak tahu siapa pemilik aslinya. Ini penting sekali lho, jangan dianggap sepele. Harus ada dong yang bertanggung jawab untuk mengelola kos dan kehidupan kalian. Tidak lucu juga kalau ternyata pemilik kos-kosan kalian tak kasat mata. Mau? Ini kewajiban kalian untuk mengetahui pemilik kosnya, kalau sampai terjadi hal yang tidak diinginkan kalian bisa tahu mengadu kepada siapa, bukan malah kepada rumput yang bergoyang.

  1. Pastikan lokasinya mendukungmu untuk melakukan keseharian.

Faktor lainnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarmu. Bisa jadi kosmu murah sekali tapi jarak dengan kampus atau tempat kerja puluhan kilometer. Ya sama saja kamu harus siap-siap untuk mengeluarkan uang lebih untuk membeli bahan bakar. Gak mungkin juga kamu mau jalan kaki kan? Jangan lupa cek juga bagaimana keadaan masyarakat di sekitar kos-kosan kamu. Kalian bisa bertanya kepada tetangga sekitar. Oke?

  1. Jangan ragu untuk membandingkan harga dalam mencari kos.

Harga. Ini sangatlah penting sekali untuk diperhatikan, ya kalau kamu duitnya gak berseri mau kos di mana saja ya bebas. Hitung dulu anggaran yang digunakan untuk membayar kos per bulan atau tahun. Jangan memaksakan anggaran yang mepet dengan fasilitas yang oke. Kalau bisa harganya dinego. Tanyakan pula biaya lainnya, semisal uang sampah, listrik, dan sebagainya. Tanya sedetail mungkin biar sama-sama enak ke depannya. Tiba-tiba nanti pas bayar kos kalian sambat ternyata bayarnya pakai dollar, kan repot!

  1. Cek kondisi kamar dan area kos-kosan secara menyeluruh.

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memastikan kamar yang akan kalian tepati nantinya. Kalian juga harus berkeliling di area kos melihat fasilitas yang ada. Apa ya kalian mau nanti kamar mandi dalam tapi kamar tidur luar? Bertanyalah selengkap mungkin dengan fasilitas yang akan didapatkan, jangan malu. Tanya juga jam malam, aturan atau apa pun yang ingin kalian kepo.

 

Akhir kata, semoga ulasan ini membantu kalian mendapatkan kos yang sesuai dengan kriteria kalian. Tidak perlu khawatir kalau Senin harga naik, ini kos-kosan kok bukan perumahan mewah. Semoga nantinya di tempat kos yang baru kalian bisa move on dari kenangan yang mungkin kurang mengenakkan. Semoga…(*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here