Waktu Baca: 4 menit

Saya bukan pengamat olahraga. Nilai olahraga saya selalu jelek. Namun tak ada salahnya ‘kan kalau kita berandai andai. Berandai andai di sini adalah tentang permainan tradisional Indonesia yang bisa dijadikan olahraga kompetitif. Pertimbangan saya adalah murni bahwa permainan tradisional ini memiliki banyak dimensi yang menarik untuk dibahas.

Kenapa tiba tiba saya membahas olahraga? Hal ini karena ramai isu Dewa Kipas dan GM Irene. Mereka berencana untuk tanding catur live hari ini. Jujur saja, saya tidak terlalu menyukai catur. Bukan karena saya benci. Saya cuma tidak merasa catur itu seru banget. Mungkin saya punya pikiran begini karena catur bukan budaya saya dan gak dekat dengan saya. Nah, saya berpikir bahwa ada pertandingan lain yang mungkin lebih menarik buat saya.

Ya, bagaimanapun catur itu ‘kan permainan impor. Catur diduga berasal dari Persia dan Tiongkok. Kemudian, catur dikembangkan secara lebih lengkap di Eropa Selatan sebelum kemudian mendunia. Hampir tidak pernah hubungannya dengan Indonesia memang.

Karena itulah, saya coba menghimpun beberapa permainan tradisional Indonesia yang saya rasa memiliki kemungkinan lebih seru daripada catur (bagi orang Indonesia). Bukan berarti saya berseberangan dengan anda yang penyuka catur. Saya cuma mencari sisi lain saja permainan permainan yang seru di Indonesia tapi belum menjadi olahraga kompetitif.

Boleh setuju, boleh tidak. Inilah daftar permainan tradisional yang menurut saya berpotensi menjadi olahraga kompetitif.

Gobak Sodor

courtesey : harian pijar

Dikenal juga sebagai galah asin. Tentu anda semua pernah mengenal permainan ini. Saya melihat permainan ini ada kemiripan dengan American Football. Bedanya, permainan ini jauh lebih sederhana dan mudah dimengerti orang. Sama seperti sepak bola. Permainan yang mudah dimengerti orang akan lebih mudah untuk populer. Selama ini gobak sodor hanya berakhir sebagai permainan anak anak kompleks. Kenapa sekarang tidak dijadikan olahraga kompetitif saja? Siapa tahu bisa membantu kita mendulang emas di event olahraga antar negara seperti ASEAN Games dan sebagainya. Tantangannya, mungkin kita akan kesulitan melawan kontingen negara lain dari India yang jago yoga.

Cap Sah

courtesey : God of Gambler

            Dari namanya, permainan ini diperkirakan berasal dari Tiongkok. Namun, permainan ini sangat populer di Indonesia dan aturan yang ada sudah dimodifikasi agar mudah dimengerti oleh orang Indonesia. Cap Sah sering menjadi permainan pembunuh waktu bagi orang orang yang nongkrong di café dan sejenisnya. Cap Sah sendiri lebih mudah dimengerti daripada Poker biasa. Selain itu, permainan ini memungkinkan menjadi sangat menarik karena ada dimensi strategi, keberuntungan dan perang mental yang bisa membuat permainan ini benar benar menarik disaksikan. Lagipula, tidak sulit untuk menjadi atlet Cap Sah. Anda tidak harus diet ketat dan berolahraga keras seperti Ronaldo. Hal ini memungkinkan banyak anak Indonesia bermimpi menjadi pemain Cap Sah profesional dan membuka peluang industri baru.

 

Kartu Uno

courtesey : Gatra.com

Lagi lagi permainan impor tapi sangat lekat dengan Indonesia dan aturannya juga banyak dimodifikasi di Indonesia. Permainan ini dikatakan sebagai permainan perusak persahabatan karena untuk menang anda harus menyerang lawan anda dengan combo kejam. Kartu Uno memiliki intrik dan kemungkinan jenis permainan yang sama menariknya dengan Cap Sah. Jadi kenapa tidak menjadi olahraga profesional saja.

 

Tembak Ketapel/Senapan Angin

courtesey : Wikipedia

            Sering saya itu jengkel dengan orang yang suka menembak burung dengan senapan angin atau melukai hewan dengan ketapel. Setelah saya pikir pikir, saya ini tidak adil. Lha kalau memang itu passion mereka bagaimana? Seharusnya kita menyalurkan passion mereka ke hal yang positif. Karena itulah saya punya ide untuk menjadikan tembak ketapel dan senapan angin sebagai olahraga resmi. Mungkin nanti sasarannya bisa diganti kaleng atau piring terbang. Jadi tidak ada mahluk hidup yang terluka dan mereka masih bisa menyalurkan bakatnya.

 

Tawuran

            Sebenarnya tawuran itu tidak perlu menjadi polemik. Namanya anak muda pasti hormon testoteron sedang naik dan emosi tidak terkendali. Pasti bawaannya ingin berkelahi terus, sayapun dulu begitu. Cuma saya berpikir, kenapa enggak sih tawuran itu diatur. Di smackdown kita mengenal istilah tag team. Sebenarnya tawuran itu ya tinju tapi tag team begitu. Jadi lebih seru dan lebih chaos aja. Mungkin untuk pertandingan kompetitif bisa dibuat dengan empat juri untuk memastikan keamanan pertarungan. Selain itu, atlet tawuran wajib mengenakan pelindung. Mungkin yang pusing adalah juri yang menghitung poin karena kondisi super kacau dan padat. Tapi kita kan punya banyak teknologi kekinian, Jadi mudah sajalah diatur.

 

Nah tadi itu adalah beberapa permainan tradisional dan populer yang menurut saya potensial dijadikan olahraga kompetitif. Apakah teman teman punya usul lainnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here