Waktu Baca: 4 menit

 

 

“YARE YARE DAWA” ucap ikonik Jolynne Kujo di Stone Ocean

Bagi kalian, entah fans atau tidak, yang mengikuti seri animasi ataupun manga JoJo’s Bizarre Adventure (JJBA) (bahasa Jepang: ジョジョの奇妙な冒険; pelafalan: JoJo no Kimyō na Bōken) ada kabar terbaru nih. Kabarnya yaitu Part 6 JJBA telah diumumkan melalui twitter official @jojo_anime Minggu (04/04/21) lalu. Di trailer, sebelum menunjukkan sosok Jolynne Kujo yang akan dianimasikan, ditunjukkan kelima garis keturunan Joestar sesuai dengan part-nya yang dimulai dari Jonathan Joestar (part 1), Joseph Joestar (part 2), Jotaro Kujo (part 3), Josuke Higashikata (part 4), dan Giorno Giovanna (part 5) lalu menunjukkan Jolyne Kujo dan ucapan ikoniknya, “やれやれだわ (pelafalan: yare yare dawa)”.

Setelah mendengar kabar ini, pasti kalian penasaran kan, entah bagi kalian yang bukan sebagai penasaran kan JoJo’s Bizarre Adventure itu seperti apa sih, dan kira-kira bisa atau tidak menjadi list tontonan kalian nanti? Berikut alasan mengapa JoJo’s Bizarre Adventure merupakan komik dan animasi yang cocok ditonton untuk sobat muda.

Salah Satu Karakter Masterpiece Hirohiko Araki

Bagi teman-teman awam yang belum tahu apa itu JJBA dan creator-nya, JoJo’s Bizarre Adventure merupakan manga (komik Jepang) berseri yang diciptakan oleh Hirohiko Araki, atau fans biasa menyebutnya Araki-sensei, merupakan manga artist kelahiran 7 Juni 1960 terunik di Jepang. Kenapa bisa dibilang unik? Tentu saja dari cara penceritaannya yang dikenal bizarre—sesuatu hal yang di luar akal tapi menarik—dan cara ia menggambar karakter dan fashion yang nyentrik dan ‘berbeda’ dalam perkembangan manga di Jepang.

Penceritaannya mengapa kok bisa bizarre sih? Hal tersebut karena—secara khusus—JJBA menceritakan kisah-kisah fantasi dengan penekanan-penekanan yang berbeda dari animasi lain. Secara alur dan tema yang diceritakan, JJBA merupakan kisah petualangan tokoh Jojo di setiap part-nya mengeksplorasi hal-hal baru dan melawan musuhnya yang memiliki kekuatan yang unik.

Kekhasan Araki sebagai Creator

Araki sebagai creator menciptakan JoJo tidak hanya sekedar mengisahkan peristiwa dengan framing komik saja, melainkan ia memiliki kekhasan dalam menonjolkan konflik, ucapan, dan gerak tubuh. Kekhasan tersebut tampak dari setiap animasi dan komiknya, misalnya pada seri animasi JJBA Part 4: Diamond is Unbreakable episode 28, salah satu tokoh mengucapkan kata ikonik yang menunjukkan penekanan antara tokoh Rohan Kishibe dan konfliknya dengan stand yang bernama Highway Star dengan ucapan ikonik, “aku menolak (だが断る; pelafalan: daga kotowaru)” dengan muka dan ucapan yang menonjol dan menekan konflik. Nah, hal-hal semacam itu banyak sekali ditemukan dalam JJBA, dari part 1 hingga part 8 di manga dan part 1 hingga part 5, seri animasi.

Keunikan Araki menggambarkan karakter di JJBA merupakan salah satu hal yang menonjol bagi Araki. Araki, Jika kalian dapat melihat perkembangan artistiknya dari tahun 1986 hingga sekarang, ia mengembangkan style animasi yang mendapatkan pengaruh dari Paul Gauguin—pelukis Prancis abad 19 akhir—dalam pewarnaan dan, seni kontemporer barat, serta majalah dan fashion barat. Bagi kalian yang menginginkan warna baru atau yang mencari aliran lukis, bisa kalian menyaksikan JJBA atau membaca komiknya.

Dalam penggunaan nama dan istilah yang ada di komik ataupun animasi, Araki menggunakan referensi yang tampak dari pengaruh utamanya pada budaya kontemporer barat, tidak hanya dari seni rupa, melainkan tempat, monumen, lagu, dan bahkan nama makanan. Kalian, khususnya yang menyukai musik generasi 80-90an pasti tidak asing ada tokoh bernama Zeppeli yang berdasarkan penyanyi rock terkenal Led Zeppelin; penggambaran tokoh psikopat Kira Yoshikage yang terinspirasi oleh David Bowie tahun 90an; latar tempat seperti Mesir, Inggris, dan Koloseum di Italia; nama Jolyne yang terinspirasi dari lagu Dolly Parton yang berjudul Jolene dan stand miliknya yang bernama Stone Free yang terinspirasi dari lagu Eric Clapton yang berjudul Stone Free; serta tokoh Buccellati yang berdasarkan cookie khas Sisilia. Di dalamnya juga banyak referensi barat yang ia gunakan, dan referensi itulah yang khas di JJBA dan Araki.

Kehadiran Jolyne Kujo Penting bagi seri JoJo

Seberapa penting sih Jolyne Kujo di seri JoJo’s Bizarre Adventure? Jadi, Jolyne Kujo merupakan salah satu tokoh JoJo dari kedelapan JoJo di komik. Jolyne merupakan tokoh utama di JJBA part 6, dan merupakan anak kandung satu-satunya Jotaro Kujo, tokoh utama JJBA part 3. Jolyne Kujo merupakan tokoh paling unik di seri JJBA yang lain karena ia satu-satunya perempuan protagonis di garis keturunan Joestar. Secara garis keturunan, memang Joestar ada yang perempuan, yakni ibu dari Jotaro Kujo, Holy Joestar, yang kemudian mengikuti suaminya menjadi Holy Kujo.

Jolyne Kujo, dalam komik, memiliki cerita lanjutan dari part 1, yakni konflik antara Dio Brando, antagonis terbesar di seri JJBA, dan garis keturunan Joestar. Konflik yang dimulai dari Jonathan Joestar di Inggis pada tahun 1800an hingga Jolyne masih berkaitan. Di part 6, Jolyne Kujo secara spesifik berkonflik, tidak dengan Dio Brando langsung karena ia telah mati di part 3, melainkan dengan ideologi Dio Brando dan pengikutnya setelah ia mati.

Konflik Jolyne Kujo ini bisa dianggap sebagai penentu masa depan garis keluarga Joestar dan perjuangan Jolyne sebagai salah satu yang berdarah Joestar untuk menghentikan malapetaka pada dunia yang direncanakan oleh pengikut Dio Brando.

Namun perlu diingat juga bahwa part 6 tidak hanya melawan orang jahat saja, melainkan fans juga menunggu stand baru hal-hal yang akan muncul dan momen ikonik seperti apa yang akan dianimasikan mendatang.

Nah, bagi kalian yang penasaran seperti apa sih JoJo’s Bizarre Adventure itu bisa kalian ikuti dengan membaca komiknya. Lebih baik jika kalian membacanya dari awal, yakni dari part 1 untuk mengetahui konflik utama dan mengetahui konflik-konflik di part berikutnya tanpa perlu bingung seperti kalian yang langsung lompat baca ke part 6. Bahkan komiknya saat ini sudah sampai di part 8! Bagi kalian yang merasa membaca komik bukan style kalian, bisa juga menonton seri animasi JoJo’s Bizarre Adventure dari part 1 sampai part 5 dan merasakan konfliknya langsung secara audiovisual melalui Chrunchyroll atau platform streaming anime favorit kalian. Selamat terjun ke dunia JoJo!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here