Banyak film hadir dengan ide yang menggemparkan. Tapi, hasil akhirnya mengecewakan bahkan sampai jatuh ke tingkat flop.

            Tentu ada banyak film seperti itu, tapi saya akan menyebut lima film saja yang menurut saya datang dengan ide kreatif sebelum kemudian berakhir mengecewakan saya. Film apa sajakah itu? Berikut ini film film tersebut yang hadir dari ranah perfilman lokal dan mancanegara.

  1. Terowongan Casablanca

 

Produsernya datang dengan ide mengangkat urban legend yang terkenal di Jakarta. Suasana hororpun makin mencekam karena dia memutuskan untuk menggelar premier film ini di Terowongan Casablanca yang asli. Hasilnya adalah sebuah film dengan banyak elemen jumpscare yang mengambil dari film film yang telah populer sebelumnya seperti Shutter. Meski saya hanya mengeluarkan lima belas ribu untuk menonton film ini, saya tetap kecewa berat.

  1. Cloverfield

Saya tidak peduli pada mereka yang mengatakan bahwa ini adalah sebuah film yang unik. Ya, film ini unik, tapi anda tak mau menontonnya lebih dari sekali. Jangan salah, Matt Reeves adalah sutradara hebat dan kita percaya The Batman berada di tangan yang tepat. Hanya saja saya tidak akan memberikan lampu hijau untuk film ini. Ide membuat film monster dengan shaky camera membuat saya mengalami pengalaman seperti naik jet coaster ngadat selama satu setengah jam lebih. Di akhir film, saya ingin muntah karena tidak kuat lagi dengan goncangan di mata saya.

  1. Menculik Miyabi

Film yang dengan berani menggandeng Raditya Dika sebagai penulis naskah dan Maria Ozawa alias Miyabi sebagai bintang utamanya bisa dibilang sebuah terobosan berani dan mengundang perbincangan hangat diantara kaum adam maupun moviegoers. Namun salah satu ormas, terus menerus mengancam akan memboikot film ini dan menyerang siapapun yang terlibat di film ini. Raditya Dika akhirnya mundur dari kursi penulis naskah dan Miyabi tampil dalam porsi terbatas di film ini. Semua bagian adegan Miyabi juga diambil di Jepang untuk keamanannya. Hasilnya adalah sebuah film garing yang membuat potensi keseruan film ini menguap begitu saja.

  1. Tron : Legacy

Visual film ini luar biasa. Kita baru melihat trailernya dan sudah membayangkan action  seru di film ini. Apalagi Jeff Bridges baru saja menerima Oscar pertamanya. Yang terjadi adalah sebuah film yang beralur sedang tapi tidak pernah menemukan titik keseruannya. Cerita dalam film ini juga ketinggalan hampir dua puluh tahun lamanya dan membuat penantian sekuel film cult ini berakhir sia sia.

  1. Hulk (2003)

Ang Lee memang artistik. Tapi sayangnya, dia kelewat artistik di film ini. Bagaimana tidak, ia membuat filmya seperti panel panel komik dan memberi fokus berlebihan pada sisi psikologis depresif yang dirasakan oleh Bruce Banner. Action seru yang diharap harapkan akhirnya urung terjadi. Sedikit trivia, menurut Louis Letterier, sutradara The Incredible Hulk, film yang ia sutradarai adalah sekuel dengan soft-reboot dari film Hulknya Ang Lee. “Saya berencana memasukkan sedikit back story yang membuat film saya memiliki rasa sekuel dari film Ang Lee.” Dengan demikian—jangan terkejut—secara teknis Hulk (2003) adalah film pertama dari rangkaian Marvel Cinematic Universe.

Percayalah, saya masih punya banyak daftar film yang kelihatannya akan menjadi film kreatif tapi ternyata berakhir mengecewakan. Namun untuk sementara, inilah lima film yang mendapat kursi ‘kehormatan’ karena telah membawa kekecewaan pada saya. Bagaimana dengan anda?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here