Waktu Baca: 2 menit

Just sharing, untuk temen temen semua yang masih pada bingung setelah lulus sekolah mau ngapain. Pasti kan terpikir, setelah lulus kuliah mau ngapain, nggak ada tujuan dan bingung mau kerja apa? Aku mau sedikit cerita sama temen temen semua. Ya saya mau sekedar kasih rekomendasi buat temen temen yang masih pada bingung mau ngapain.

Pada waktu aku lulus sekolah, aku juga merasakan sama seperti temen-temen semua. Saya merasa bingung juga, habis lulus kuliah mau ngapain. Dan pada akhirnya ada temen saya yang ngajakin buat keliling dunia tapi di bayar dengan DOLLAR!!! Pada waktu itu saya merasa bingung , “emang ada ya keliling dunia gratis malah di bayar dengan DOLLAR?”. Wajar kalau aku tidak langsung percaya.

Ternyata, teman saya mengajak saya untuk melanjutkan studi di jurusan perhotelan. Lama belajar hanya enam bulan saja dan setelah itu harus melakukan magang selama kurang lebih enam bulan juga untuk mendapatkan sertifikat perhotelan. Lalu, setelah itu saya mencoba untuk melakukan misi saya yaitu keliling dunia dan dibayar dengan Dollar!! Kenapa enggak kan?

Amazing! he..he..he..he. Kurang lebih dua minggu saya menunggu lowongan di Cruise Ship. Waktu itu, sembari saya menunggu lowongan di Cruise Ship, saya sering ikut casual training di sebuah hotel di Jogja lumayan buat nambah uang rokok ha..ha..ha.. daripada makan gaji buta di rumah.

Setelah itu dibukalah lowongan kerja di Cruise Ship. Tentu dengan optimisme tinggi saya mencoba untuk mendaftar. Benar saja, saya beruntung mendapatkan panggilan untuk interview di sebuah agen di Jogja. Setelah saya melakukan interview, kurang lebih tiga hari saya mendapatkan email. Di email itu, saya dinyatakan diterima kerja di Cruise Ship. Dan dokumen yang harus saya lengkapi yaitu:

1. BST
2. Sat
3. CCM
4. Buku pelaut
5. Pasport

Jujur ini, kalau dijelaskan agak panjang ya, tapi teman teman bisa mengecek sendiri di mbah Google. Tapi ya saya hajar saja karena keyakinan ini bisa menghasilkan sesuatu begitu.

Setelah itu saya pergi ke Jakarta untuk melengkapi dokumen tersebut.
Kurang lebih satu Minggu saya di Jakarta dan akhirnya saya dapat menyelesaikan dokumen tersebut. Sayapun kembali pulang ke Jogja sembari menunggu pengumuman dokumen telah selesai.

Oh iyaa, saya mau sharing juga nih buat temen temen semua tentang pekerjaan apa aja yang harus kita lakukan selama di Cruise Ship dan berapa si gaji yang akan kita terima. Jadi sebelum kita melakukan interview di Cruise ship kita harus memilih departemen apa yang akan kita ambil di hotel, contohnya FBS ( food and beverage service ) atau housekeeping.

Jika teman teman mengambil FBS setelah interview dan keterima kerja di kapal pesiar besar, kemungkinan teman teman akan menjadi seorang waiter/s dan jika temen temen mengambil housekeeping berarti temen temen akan bekerja sebagai PA ( public area ); orang yang memastikan kebersihan lingkungan kapal.
Oh iyaa, gaji yang di tawarkan oleh perusahaan sangat amazing lohhh hehehe. Kurang lebih dalam 1 bulan teman teman akan mendapatkan 700-2,500 Dollar Amerika Serikat. Bisa dibayangkan berapa dong jika kita Rupiahkan hehehe. Hitung sendiri deh karena saya juga gak jago Matematika sebenarnya.

Ya begitulah pengalaman saya mencoba mendaftar menjadi kru Cruise Ship. Bolehlah teman teman coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here