Waktu Baca: 3 menit

 

 

Menjelajahi pantai di selatan Jogja memang tidak ada habisnya. Ada satu pantai yang menarik perhatian. Maka saya menyempatkan untuk pelesir menuju sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Sebuah pantai yang berada di daerah Girikarto, Panggang. Gunung Kidul memang layak dinobatkan sebagai surganya pantai. Karena begitu kita berpindah daerah (desa) saja, sudah ada pantai baru yang siap kita jelajahi.

   Pantai Gesing, itulah pantai yang menjadi tujuan saya waktu itu.  Pantai yang memiliki pasir putih nan menghampar serta diapit oleh tebing karang yang besar di kanan kirinya. Ketika menjejakkan kaki di pantai tersebut, aroma air laut langsung menyergap. Mengajak kaki kita segera melangkah menuju air laut. Oh ya, teman-teman dapat menuju tempat tersebut dari tiga jalur, yakni : Jalan Wonosari, Jalan Parangtritis atau pun Jalan Imogiri. Semua bergantung dengan keinginanmu, pastikan juga teman-teman mengenal baik medan yang ditaklukan. Perjalanan menuju Pantai Gesing tidaklah sulit, kita dapat menempuhnya dari Jalan Imogiri Timur  lantas menuju ke arah Panggang. Tak perlu risau dengan kondisi jalannya. Jalan yang menuju ke sana sudah diaspal dengan mulus. Kendaraan roda dua, roda empat bahkan bus pun tidak mengalami kendala jika ingin melancong ke pantai tersebut.

       Suasana Pantai Gesing (dokumentasi pribadi)

Sesampainya di sana, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, tiketnya sangat terjangkau sekali. Pokoknya sebanding dengan suguhan yang ditawarkan di sana. Saat terbaik menikmati Pantai Gesing adalah di pagi hari hingga sore hari. Kita bisa berenang di pantai tersebut dikarenakan pantai tersebut berbentuk teluk. Bahkan jika sedang musim, kita dapat menemukan rumput laut yang banyak bertebaran di sepanjang garis pantai maupun air laut. Sedikit tips, jika memang ingin bermain air, pastikan juga cuaca yang sedang berlangsung. Hindari saat air sedang pasang dan bergeleombang tinggi.

Masih kurang puas? Ingin yang lebih menantang? Kita bisa melakukan susur tebing karang. Spot ini bisa digunakan untuk memburu senja. Pandangan kita akan secara luas langsung berhadapan dengan laut lepas alias Samudera Hindia. Pergunakan alas kaki yang menutup mata kaki. Walaupun sudah ada jalur yang dapat digunakan untuk melakukan susur tebing. Pemandangan yang ditawarkan pun tak kalah indah. Bagi para pemburu foto bisa mendapatkan konten yang sangat menarik dengan nuansa alam dan bebatuan karang.

Menutup perjalanan di Pantai Gesing ada baiknya untuk mencicipi kuliner di sana. Ikan yang ditawarkan segar-segar. Hal ini dikarenakan Pantai Gesing sebagai tempat berlabuhnya para nelayan. Dan di tempat itu pulalah ada tempat pelelangan ikan hasil melaut para nelayan.

Pantai Gesing memang masih alami karena belum banyak diketahui oleh khalayak umum. Sehingga ketika kita berwisata di sana maka kita juga bertanggung jawab pula menjaga keindahan dan keasrian pantai tersebut. Dengarlah desir pasir putih yang tersapu ombak menantimu di Pantai Gesing, sahabatku…(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here