Psikolog Masuk Sekolah, Buat Apa ?
Psikolog Masuk Sekolah, Buat Apa ?
Waktu Baca: 2 menit

Mendengar istilah psikolog,  barangkali yang kita bayangkan adalah sosok yang membawa seberkas alat tes yang siap disajikan pada kita. Berhadapan dengan psikolog, barangkali kita akan merasa diri sedang stress dan butuh pengobatan. Tetapi kita tahu saat ini di berbagai puskesmas sudah ada psikolog yang jadi salah satu destinasi wajib ketika dua orang hendak mendapatkan konseling pranikah sebagai salah satu syarat legalitas pernikahan sipil. Lantas kalau psikolog ada di sekolah, ngapain ?

Pada bulan November 2020, para psikolog pendidikan jebolan Magister Psikologi Profesi Universitas Gadjah Mada meluncurkan program Psikolog Masuk Sekolah. Program ini dirintis karena mereka sadar bahwa banyak persoalan psikologis yang terjadi di sekolah yang butuh penanganan khusus. Yang punya persoalan bukan hanya muridnya, tetapi bisa juga gurunya. Program Psikolog Masuk Sekolah dimulai dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, untuk memperkenalkan peran psikolog di sekolah-sekolah tingkat SMA / SMK. Pada era sekolah online ini, psikolog-psikolog muda ini menyapa anak-anak SMA lewat Zoom Meeting bersama, atau melalui sapaan Whatsapp Group sekolah.

Sepanjang proses perjumpaan dengan anak-anak SMA, ditemukan persoalan-persoalan yang menarik. Masalah penampilan diri rupanya jadi hal besar bagi mereka. Banyak yang tidak percaya diri dengan penampilan, ada pula yang menerima bully dari teman-temannya karena dianggap norak, sok cantik, atau sok ganteng. Mungkin ini terkesan persoalan sederhana bila harus diselesaikan oleh psikolog. Tetapi ketika soal kepercayaan diri tidak dibereskan tuntas, masalah bisa merembet ke urusan pembelajaran dan semangat bersekolah.

Soal percintaan tetap menjadi hal besar bagi anak-anak SMA. Jangan disangka bahwa ini soal cinta monyet, atau sekadar cinta yang main-main saja. Ketika mereka sudah bucin, kena ghosting, diputus, kena PHP, reaksi emosinya bisa benar-benar hebat. Kalo sedih ya sedih banget, kalo marah ya marah besar. Ketika tidak dibereskan, maka yang jadi sasaran adalah keluarga dan teman terdekat. Oleh karena itu diperlukan peran psikolog supaya mereka bisa menyelesaikan masalah tanpa mengganggu kewajiban sekolah.

Program Psikolog Masuk Sekolah  melalui websitenya juga menyediakan layanan konseling gratis serta berbayar untuk anak-anak sekolah. Ini jadi upaya para psikolog untuk mendorong anak-anak sekolah berani curhat kepada psikolog ketika merasa diri ada persoalan hidup. Model konseling yang ditawarkan pun cukup mudah, yaitu melalui chat Whatsapp. Ini dimaksudkan untuk membantu anak-anak sekolah di yang tinggal di kampung untuk tetap bisa berkonseling tanpa banyak membutuhkan kuota internet seperti ketika konsultasi dengan video call. Konseling melalui chat Whatsapp juga memungkinkan anak-anak sekolah untuk mengingat pesan atau rekomendasi psikolog yang tercantum dalam chat Whatsapp.

Bedanya Psikolog Pendidikan dengan Guru Bimbingan Konseling (BK)
Tugas guru BK tidak hanya mengawasi dan menghukum para murid yang melanggar peraturan sekolah. Fungsi utama guru BK sebetulnya adalah mendampingi murid ketika ada yang mengalami persoalan psikologis yang muncul di sekolah. Model pendampingan yang dilakukan bisa konseling pribadi, hingga kunjungan ke rumah. Tugas psikolog yang ada di sekolah boleh dibilang lebih rumit dari guru BK. Ketika seorang murid mengalami konflik dengan guru, psikolog berperan untuk menghubungkan murid dengan guru. Ini merupakan hal yang tidak mudah dilakukan guru BK karena akan berpotensi memunculkan konflik sesama guru. Seorang psikolog pendidikan bisa menangani persoalan murid dengan cara pengamatan di kelas, pengamatan di rumah, wawancara kepada murid, orangtua, temannya, dan gurunya. Sejauh diperlukan, pengetesan pun bisa diberikan kepada murid yang bersangkutan. Ketika seorang psikolog pendidikan tidak mampu menangani persoalan murid di sekolah, maka persoalan itu bisa dirujuk kepada psikolog lain yang lebih kompeten.

Kerjasama program Psikolog Masuk Sekolah
Bila kamu ingin menolong sekolahmu, atau almamater sekolahmu agar komunitasnya lebih sejahtera secara psikologis, kamu dapat menyarankan pihak sekolah untuk bekerjasama dengan team program Psikolog Masuk Sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here