Waktu Baca: 5 menit

 

            Bencana banjir membuat Adonara dikenal Indonesia. Padahal, Adonara lebih tepat dikenal sebagai sumber mata air surga daripada sumber bencana.

Adonara  merupakan salah satu  kepulauan  yang berada  di  kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang menyimpan potensi wisata yang cukup beragam. selain kekayaan alam yang masih terjaga dengan baik, wilayah di Pulau  Adonara  ini juga masih menjaga adat istiadat dan budaya tradisional secara turun temurun.

Sekilas tentang Adonara, kabupaten ini memiliki ibukota bernama Larantuka, sebuah kawasan yang terkenal dengan wisata religi bagi umat Nasrani. Pada momen-momen tertentu, di kota ini sering diselenggarakan upacara keagamaan.

Kawasan Timur Indonesia ini juga identik dengan pesona pantai yang sangat indah dengan kejernihan air yang bernuansa hijau alami. Selain itu, keindahan alam bawah laut di wilayah ini juga tak kalah mempesona, membuat siapapun tertarik untuk menyelami keindahannya. Kegiatan seperti snorkeling menjadi agenda wajib yang harus dilakukan jika kamu ingin mengeksplorasi keanekaragaman hayati di bawah laut yang menakjubkan.

Di sini juga anda dapat melihat kemewahan tatah alam dalam rupa pantai. Pesona pantai di kawasan Flores Timur khusus- nya di  pulau Adonara  memang menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan. Meski begitu, potensi wisata di Kabupaten Flores Timur (Adonara)  bukan hanya menawarkan keindahan pantainya saja. Wilayah ini juga menawarkan ragam destinasi wisata lain yang bisa kamu eksplorasi lebih lanjut, seperti danau, tempat bersejarah dan wisata budaya yang menarik untuk digali.

Berikut ini adalah beberapa lokasi pariwisata yang dapat anda kunjungi:

  1. Pantai Ina Burak
courtesey: fyna_tupen

Bukan hanya Lombok dan Bali saja yang terkenal dengan keindahan pantainya. Nusa Tenggara Timur juga mempunyai pantai yang tidak kalah cantik dan indah dari daerah lain yang ada di Indonesia yaitu pantai Ina Burak di desa Nihaono , kecamatan Ile Boleng  Kabupaten Flores Timur .

Bagi anda yang berkunjung ke NTT jangan lupa mampir ke pantai Ina Burak. Pantai cantik nan eksotis ini akan membuat anda terpukau dengan keindahan pantainya, biru dan jernihnya air laut, serta putih bersihnya pasir pantai membuat kita terpukau dengan keindahan alamnya.

Ina Burak sendiri artinya nona putih. Pantai ini berada didesa Nihaono, atau sekitar setengah jam dari Kota Waiwerang. Sesuai dengan namanya, pantai sangat cantik dan berpasir begitu putih. Begitu kontras dengan bebatuan karang berwarna hitam pekat. Sementara air lautnya, turut menambah pesona warna dengan gradasi hijau tosca, biru muda, hingga biru tua

 

Pantai ini cocok buat mengahabiskan  waktu di saat liburan. Pasir pantai ini masih putih dan cantik. Anginpun sepoi sepoi serta belum banyak pengunjung yang kesini. Sungguh suatu pemandangan alam yang menarik. Oleh karena Itu, jika anda bepergian liburan ke NTT Flores cobalah menyempatkan diri menikmati keasrian Pantai Ina ini.

  1. Pantai Nerewatotena
courtesey : promosimediaadonara24

Nama pantai ini sebenarnya adalah Neren Watotena tapi Warga Adonara biasa menyebutnya Pantai Watotena saja. Pantai Watotena berada di    Leworere Kecamatan Ileboleng Adonara Timur, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Nama Watotena sendiri berarti perahu dari batu, atau batu yang berbentuk perahu. Hal ini bisa anda lihat dari batuan hitam (batu magma) yang mengapiti bibir pantai ini berbentuk seperti perahu. Pemandangan di Pantai Watotena ini sangat indah, dengan deburan ombak perlahan dan desiran angin pantai yang menyejukan dengan view gunung “ile boleng” dan pulau lembata serta pulau solor, membuat anda merasa nyaman dan ingin lebih lama lagi berada ditempat ini.

Pantai Watotena sangat menawan. Dengan pasir putih bersih dan air laut bergradasi hijau biru, membuat siapa saja jatuh cinta terhadap pantai ini. Panorama di sekitar pantai juga sangat menarik. Anda bisa melihat Pulau Lembata di sebelah timur, Pulau Solor di sebelah barat daya, dan Gunung Ile Boleng yang menjulang tinggi di sebelah utara Selain pasir putih dan laut biru, daya tarik pantai ini adalah batu-batu magma aneka bentuk dan formasi yang menghiasi bibir pantai. Kehadiran batu magma hitam yang diduga berasal dari letusan Gunung Ile Ape tersebut semakin mempercantik Pantai Watotena.

  1. Gunung Boleng
courtesey: domestiklens

Para pengunjung akan merasakan sensasi keindahan alam yang angat  menakjubkan dan menyegarkan mata ketika mencapai puncak Gunung Ile Boleng. Keindahan alamnya yang masih alami, destinasi wisata ini begitu menarik bagi para pengunjung untuk berlibur, berolahraga sambil menikmati keagungan karya Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bila berada di puncak Gunung Boleng, dapat dipastikan Anda akan jatuh cinta kala membuka mata dan melihat panorama cantik pagi hari. Betapa tidak, gunung yang berdiri tegak dengan ketinggian sekitar 1.661 meter itu sangat memanjakan mata dengan sajian alam rayanya yang begitu indah yang akan membuat anda enggan berpaling.

Panorama indah mulai terlihat kala matahari pagi yang merobek kabut, rumput yang hijau hingga udara pagi yang begitu menyegarkan. Suasana kian terasa segar indah alami ketika menjumpai kawanan ternak kuda dan kambing yang asyik melahap rerumputan hijau. Suasana pagi di puncak tertinggi di Pulau Adonara, Flores Timur, Indonesia Timur ini ternyata punya daya tarik wisata yang luar biasa.

Baik dari sisi selatan, utara, timur dan barat. Jika pada pagi hari anda berada di punggung Gunung Ile Boleng, maka anda akan melihat letak Kota Larantuka dengan puncak Gunung Ile Mandiri yang indah.

Demikian pula dengan Pulau Lembata dan Solor. Namun, ada yang lebih indah dan memukau mata anda yakni anda akan menjumpai kawanan ternak kuda dan kambing yang sedang asyk santai menyantap rerumputan pada hamparan antara Kemoti, bukit Ile Sebore dan Riawale yang begitu indah. Sesuatu yang sangat luar biasa alami, tubuh dan jiwa terasa damai dan aman saat melihatnya. Obyek tersebut, layak menjadi destinasi wisata alam pegunungan dunia.

Bukan hanya itu, anda juga boleh menyantap suguhan air alam pegunungan yang begitu segar dari mata air ‘Wai Raya’ yang sangat dingin menyegarkan.

  1. Pantai Meko
courtesey: galerysundakecil

Adonara juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah indah mulai pemandangan sunset, hingga hamparan pasir timbul di tengah laut yang berada dekat  Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. Hamparan pasir timbul di tengah laut itu disebut warga setempat sebagai Pasir Timbul Meko. Dinamai pasir timbul, lantaran terdapat gundukan pasir di tengah laut seperti pulau kecil tak berpenghuni. Luasnya kurang lebih tidak sampai satu kilometer persegi. Pasir putih yang sedikit berwarna pink ini kontras dengan warna laut yang biru kehijauan.

Pasir warna pink itu berasal dari karang yang hancur. Keindahan ini tampak sempurna dengan dipadu pulau-pulau berwarna hijau yang subur. Tak ada ombak di pantai pasir itu, hanya riak-riak kecil yang menyapu pasir putih yang lembut. Jika air laut pasang, pulau itu akan tenggelam.

 

Masih banyak tempat wisata lain sebenarnya seperti Danau Kota Kaya, peninggalan – peninggalan sejarah dan masih banyak  pantai yang menjadi  tempat wisata di Adonara. Dengan   demikian  jika sahabat pencinta alam    berkunjung ke NTT , Jangan lupa ya mampir di pulau Adonara ya , untuk  menikmati alam di ujung  Flores timur kuhususnya di pulau Adonara.  Disini anda bisa melihat betapa sejuknya udara dan panorama alam pantainya serta batu karang dan terbentangnya hamparan pasir putih dan keindahan  alam lain – nya  yang bisa anda rasakan sendiri ditempat ini.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here