Waktu Baca: 2 menit
                Ngomongin soal hewan peliharaan memang selalu mengasyikkan. Gak ada matinya deh, sob! Apalagi kalau kita semua ingat-ingat setaun lalu. Pastinya lebih banyak waktu yang digunakan untuk bercengkerama dengan hewan peliharaan. Banyak sekali pilihan hewan peliharaan yang bisa dipilih untuk dipelihara. Salah satunya adalah gecko. Ada cara merawat gecko untuk pemula, Jadi yang mau belajar tidak perlu khawatir. Hewan ini termasuk mudah untuk dijadikan koleksi peliharaan di rumah.

Gecko merupakan hewan yang dikategorikan ke dalam jenis reptil. Salah satu keunggulan memelihara reptil adalah umurnya yang panjang dan relatif mudah untuk dirawat. Teman-teman tidak perlu khawatir dalam memelihara gecko. Ia memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan tokek. Walaupun masih dekat hubungannya dan satu keluarga. Si gecko ini tidak akan mengeluarkan suara seperti halnya tokek. Perbedaan lainnya adalah komposisi warna yang dihasilkan, sangatlah bervariasi. Lucu-lucu pula. Apalagi ada cara merawat gecko untuk pemula yang akan kita bahas di bawah ini.

Dari segi harga dan perawatan masih sangat terjangkau. Harga untuk seekor gecko tidak akan menguras dompet teman-teman. Masih wajarlah. Perawatannya juga gampang dan tidak terlalu menyita waktu teman-teman. Gimana sudah siap mempelajari kiat-kiat cara merawat gecko untuk pemula?

Cara Merawat Gecko untuk Pemula

Berikut ini adalah cara merawat gecko untuk pemula. Mari kita simak ya…

  1. Siapkan kandang yang nyaman untuk gecko.

Gecko merupakan hewan yang tidak terlalu menyusahkan. Teman-teman bisa menyiapkan kandang dari wadah plastik ataupun akuarium. Alasi dengan kertas, bisa juga dengan pasir dolomit atau juga dengan cocopit. Sesuaikan dengan dana yang dimiliki teman-teman. Jangan lupa untuk memberikan wadah untuk air minum Jika perlu siapkan hidden cave untuk mereka bersembunyi. Gecko adalah hewan yang tidak terlalu suka dengan suasana yang terang.

  1. Berikan gecko makanan yang bernutrisi

Walaupun gecko tidak setiap hari makan bukan berarti teman-teman bisa sesuka hatinya lho. Teman-teman tetap harus memberikan makanan yang terbaik. Biasanya gecko memakan jangkrik ataupun ulat hongkong sebagai makanan utama. Jangan tergesa-gesa memberikan gecko makanan dalam jumlah banyak. Pastikan satu per satu dulu makanan yang diberikan habis dimakan. Jika tidak, bisa fatal akibatnya. Gecko malah bisa mati diserang oelh jangkrik. Sebelum jangkrik diberikan kepada gecko, pastikan teman-teman sudah memberikan makanan bernutrisi kepada jangkrik. Misalnya sayuran atau gutload dalam bentuk bubuk yang banyak dijual di pasaran.

  1. Jangan lupa beri gecko multivitamin!

Gecko juga membutuhkan multivitamin. Gecko membutuhkan multivitamin dikarenakan adanya perbedaan lingkungan dari habitat aslinya. Tujuan dari pemberian multivitamin adalah mengurangi risiko terjadinya MBD (Metabolic Bone Disease). Penyakit ini menyerang tulang sehingga menjadi bengkok. Pemberian multivitamin dapat dilakukan saat menaruh jangkrik di kandang. Teman-teman dapat melumuri kalsium yang mengandung vitamin D3 pada jangkrik. Selain itu, taruhlah kalsium di tempat terpisah dengan air. Biasanya gecko akan menjilati kalsium tersebut.

  1. Perhatikan kebersihan kandang.

Terakhir, perhatikan kebersihan kandang gecko peliharaanmu. Tentu kita sebagai manusia juga ingin tinggal di lingkungan yang bersih kan? Begitu juga dengan gecko dong. Teman-teman sebaiknya mengecek kebersihan kandang setiap hari. Karena gecko bisa membuang kotorannya sewaktu-waktu. Tidak terlalu susah untuk membersihkan kotoran gecko. Teman-teman bisa langsung memungutnya secara langsung. Bisa juga membuang bersama alasnya. Kebersihan dan kenyamanan kandang membuat gecko terhindar dari penyakit. Maka sering-seringlah untuk membersihkan kandang.

 

Setelah mengetahui kiat-kiat memelihara gecko, apakah teman-teman sudah mantap untuk memelihara gecko? Tidak susah kan cara memeliharanya? Hewan peliharaan juga cocok sebagai teman untuk mengusir sepi dalam kesendirian lho…(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here