Waktu Baca: 3 menit

Mungkin anda berpikir bahwa detektif swasta hanya kisah fiktif. Apalagi di Indonesia, masa sih ada detektif swasta di Indonesia ? Jawabannya ada. Detektif ternyata profesi beneran dan bahkan bayarannya cukup mahal.

Salah satu komunitas yang bergerak di bedah cerita misteri, detectives_id, menghadirkan salah satu detektif swasta ini. Detektif swasta berkode nama Jessica ini lalu menceritakan seluk beluk menjadi detektif swasta di Indonesia.

Tidak Seglamor Yang Dipikirkan

Jessica menggambarkan pengalamannya menjadi detektif sebagai sebuah pengalaman yang tak se-glamor di film film. Menurut Jessica, ia tidak pergi kemana mana dengan mobil mobil mewah dan gadget canggih. Kadang, ia harus bepergian dengan angkutan kota dan berpenampilan kumuh untuk menyamar.

“Saya bisa nahan pipis, nahan lapar dan sebagainya hanya untuk mendapatkan foto sebagai bukti,” ungkap Jessica.

Baca juga : Kisah Detektif terhebat di dunia komik dibikin film youtube seru!

Sebagian Besar Kasus Personal
detektif swasta di Indonesia
contoh promosi biro detektif Jessica

Jessica menyebut bahwa urusan yang diambil detektif swasta biasanya adalah kasus personal. Beberapa kasus personal yang biasa dikerjakan oleh detektif swasta adalah perselingkuhan, pencarian orang hilang dan bahkan membuntuti anak orang kaya yang terindikasi menggunakan narkoba atau bergaul secara serampangan.

Perempuan yang telah bekerja lebih dari sepuluh tahun di bidang penyelidikan ini juga mengatakan bahwa tak banyak orang bisa menggunakan jasa detektif swasta. Hanya orang orang dari kalangan tertentu yang mampu menggunakan jasa ini. Faktor ekonomi sangat berpengaruh.

Melibatkan Kasus Mistis

            Ada kalanya Jessica menghadapi masalah masalah yang melibatkan elemen mistik. Ia mengaku pernah menyelidiki seorang pria yang benar benar terpikat pada seorang wanita dengan tidak masuk akal. Ia mengatakan pria itu memilih tinggal di Cikampek padahal kantornya di Jakarta.

“Jauh banget kan? Ternyata setelah saya selidiki, pria ini memilih tinggal di Cikampek agar dekat dengan selingkuhannya,” kata Jessica.

Baca juga : Kisah mistis tumbal kepala daerah

Beda Selingkuh Cowok dan Cewek

            Ia mengatakan ada perbedaan mendasar antara perselingkuhan lelaki dan perempuan. Menurutnya, lelaki akan selingkuh saja tanpa berpikiran macam macam. Sementara itu, perempuan yang berselingkuh biasanya punya banyak rencana licik di pikirannya.

Saya jadi teringat kata kata salah seorang teman. Teman saya mengatakan bahwa laki laki berselingkuh hanya untuk bersenang senang, sementara itu perempuan berselingkuh karena ia kesepian, sakit hati dan mencari cinta. Dengan perbedaan motivasi setajam ini, tentu usahanya akan berbeda ya teman teman.

Jessica ketika tampil di Detectives_ID
Soal Order dari Artis

            Jessica mengaku juga mengambil kasus dari pejabat dan bahkan artis. Menurut dia, artis adalah salah satu kliennya paling menarik. Biasanya, artis akan meminta agar ada pertemuan tertutup di kamar hotel atau tempat tempat tersembunyi. Hal ini dilakukan agar privasinya benar benar terjaga.

Mungkin ini adalah salah satu cara artis untuk menjaga imej. Menurut Jessica, memang ada artis yang menyewa dirinya untuk membersihkan namanya juga.

Ilustrasinya begini, misalnya saja artis A dituduh berselingkuh oleh suaminya (si B). Padahal yang berselingkuh si B. Maka si A akan berusaha menemukan bukti bahwa suaminyalah yang berselingkuh untuk membersihkan namanya.

Cerita Mengharukan

            Dalam pekerjaannya sebagai detektif swasta di Indonesia, Jessica juga mengaku pernah menemukan cerita mengharukan. Ia pernah menyelidiki seorang pria. Pria ini adalah calon menantu dari keluarga yang cukup berada. Meski berkelakuan baik, si pria tidak pernah mau memperkenalkan keluarganya. Setelah Jessica melakukan penyelidikan, barulah Jessica menemukan bahwa ibu pria ini adalah seorang pembantu rumah tangga.

Si pria ternyata tak mau memperkenalkan keluarganya karena khawatir calon mertuanya akan kecewa.

Berharap Payung Hukum

            Jessica memahami bahwa profesi detektif swasta di Indonesia belum memiliki payung hukum. Ia berharap ke depannya akan mendapatkan perlindungan hukum di Indonesia atas usaha usaha yang ia lakukan.

Sumber Gambar : Cottonbro

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here