Waktu Baca: 3 menit

Suatu hari, aku mencoba mencari-cari di Youtube, film atau serial apa lagi yang harus aku tonton untuk mengisi kekosongan libur lebaran tahun ini. Tidak sengaja aku menemukan serial yang tidak biasanya kutonton. Aksi yang berdarah serta alur yang rapi mendorongku untuk menontonnya dari awal hingga akhir. Wah, jadi ini Invincible yang lagi viral itu!

secara singkat animasi ini berjudul, Invincible, serial superhero, dan salah satu serial superhero yang dirilis eksklusif di Amazon Prime secara premiere Kamis, (25/03) lalu. Sebelumnya, Amazon Prime telah merilis satu serial superhero dewasa, The Boys Season One dan The Boys Season Two. Berbeda dengan The Boys yang ditampilkan secara live action, Invincible ditampilkan menggunakan animasi 2D, selayaknya Young Justice.

Pasti kalian berpikir, “Ah, paling sama aja sama serial superhero lainnya. Superhero lawan villain, terus superhero lawan superhero karena beda pendapat.” Tidak semudah itu menyimpulkannya. Ada beberapa alasan kalian harus mencoba menonton Invincible yang lagi viral ini.

Dari Komik Jadi Animasi

Sama seperti animasi superhero lainnya, semua merupakan adaptasi dari serial komik. Namun Invincible yang lagi viral ini tidak berasal dari DC maupun Marvel, dua publisher komik superhero terbesar dan ternama di dunia, melainkan dari publisher komik yang kurang ternama di dunia. Image Comics merilis Invincible Issue 1 sejak (03/01/2003) dan diakhiri pada Invincible Issue 144 pada (14/02/2018).

Kreator serial ini mengadopsi komik Invisible layaknya para seniman anime. Hebatnya, Invisible ini bisa langsung viral. Salah satunya karena komik dan filmnya tidak memiliki perbedaan mencolok.

Latar Belakang Tokoh yang Unik

Invincible merupakan kisah superhero Invincible, atau Mark Grayson, remaja laki-laki yang melawan kejahatan dengan kekuatan luar biasa seperti Superman, yakni kekuatan, kecepatan, dan ketahanan luar biasa, serta terbang di bumi dan di antariksa. Kekuatan Mark Grayson ada dikarenakan ayahnya, Nolan Grayson, merupakan superhero terkuat di bumi, dan sering dijuluki sebagai Omni-man. Setelah diselami lebih mendalam, Nolan Grayson atau Omni-man memiliki kekuatan luar biasa disebabkan karena ia bukan manusia, melainkan Viltrumite, spesies terkuat di galaksi yang tinggal di planet Viltrum.

Invincible pada season ini lebih memfokuskan latar belakang Omni-man yang misterius. Dalam animasi superhero lainnya, biasanya superhero digambarkan sebagai tokoh baik dan menjadi contoh secara moral untuk anak-anak, selayaknya Superman. Namun dalam Invincible, sosok Omni-man sebagai superhero idaman Invincible semakin gelap tiap episodenya.

Dualisme dan Kompleksitas Karakter

Omni-man di kacamata Mark Grayson merupakan superhero yang menyelamatkan bumi dan sosok ayah yang sangat ia cintai. Bahkan di awal cerita pun terlihat seolah Omni Man sedang memerankan tokoh baik dan pionir. Namun penonton semakin merasakan perasaan naik turun bagai roller coaster dengan sosok Omni-man yang semakin berdarah di tiap episodenya.

Kreator serial ini menggambarkan Omni Man dengan rapi dari berbagai sudut pandang hingga kita mulai menggali karakter Omni Man dengan jauh lebih dalam.

Kaitan Erat antara Viltrumite dan Saiyan

               Bagi yang membaca, banyak dari kalian yang pikirannya tertuju mengenai kesamaan Omni-man dan Superman, yakni sama-sama alien yang datang ke bumi. Di satu sisi, benar, tapi Omni-man sebagai Viltrumite lebih dekat kaitannya dengan Goku sebagai Saiyan.

Kesamaan tersebut ada dari latar belakang dan dualisme Omni-man dari episode pertama hingga kedelapan yang penuh darah. Sebenarnya, Omni-man datang ke Bumi bertujuan untuk menguasainya, sama seperti tujuan awal Goku dikirim ke Bumi untuk menguasainya.

Baca juga : Ganjalan Masa Depan Snyderverse

Character Development yang Baik

               Hal ini berkaitan erat pada tokoh utama, yakni Mark Grayson sebagai Invincible dan Nolan Grayson sebagai Omni-man di season satu. Pada serial ini, kedua tokoh ini memiliki porsi character development yang rapi dan logis. Invincible yang berkembang menjadi karakter dan superhero yang kuat secara fisik dan mental, serta Omni-man yang semakin menunjukkan darah dinginnya pada manusia dan keluarganya di Bumi.

Terlebih lagi perkembangan karakter semakin meningkat dan tampak ketika membaca komik, setelah banyak tokoh yang berubah dan berkembang menghadapi berbagai macam konflik yang mereka lalui. Semakin berjalannya waktu, menyebabkan pembaca dan penonton menikmati acara yang dinamis dan tidak monoton.

Memang nonton Invincible serasa kurang dan kita selalu ingin segera mengetahui ceritanya dengan membaca komik, karena versi animasinya masih jauh dari keseluruhan Invincible versi komiknya. Selepas itu, Invincible merupakan kisah superhero yang mengedepankan character development dan alur yang rapi. Dengan dua poin utama itulah yang bisa kukatakan setelah maraton serial serta komiknya. Aku yakin, kedua aspek itu pula yang menyebabkan kalian suka dengan Invincible.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here