Waktu Baca: 3 menit

Terhitung Kamis (06/05) Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan surat edaran mengenai Peniadaan Mudik Hari Raya Idul FItri tahun 1442 Hijriah .Libur lebaran tanpa mudik harus dirasakan tahun ini.

Karena mudik sudah menjadi budaya orang Indonesia dan sudah mendarah daging, setelah mendengar kabar ada libur lebaran tanpa mudik kita bingung di rumah masing-masing. Apa sih yang bisa kita lakukan di rumah saja? Ujung-ujungnya pulang/selesai salat Id makan, nonton film, terus tidur lagi sampai liburannya selesai.

Cara paling nyaman biar kita bisa jalanin Lebaran 2021 ini apa sih kira-kira? Nah, kali ini aku punya tips-tips agar kita dapat menjalani Lebaran 2021 di rumah aja. Apa aja sih kira-kira? Berikut disimak:

  1. Ngerjain Deadline

Tidak mungkin kita di masa lebaran bakal full kosong dan tidak ada kegiatan. Pasti kita memdapat tugas dari kampus atau tempat kerja. Tidak ada salahnya dong kita menyelesaikan tugas-tugas kita di masa lebaran agar long weekend dan holiday kita terisi. Lagipula sudah terlanjur juga ini liburan tanpa mudik.

Namun jika kalian lebih nyaman menyelesaikannya sebelum lebaran pun tidak apa-apa. Bahkan beberapa dari kalian pun sudah mendapatkan libur sebelum tanggal 13—14 Mei. Daripada deadline-nya numpuk di akhir, lebih baik kerjakan saja sekarang.

  1. Nonton Film yang Bikin Kepala Mikir

Bagi kalian yang pecinta film, bisa nih kalian mulai coba nonton film yang bikin kepala kalian mikir. Film-film apa sih yang bisa bikin kita mikir? Rata-rata film yang bergenre kriminal, detektif, sejarah, kolosal, dan bahkan drama pun bisa.

Misalnya bagi kalian yang suka dengan Drama Korea, kalian bisa menonton drama seperti Penthouse season 1 dan season 2. Kalian bisa menonton ulang serta maraton ketika libur lebaran tanpa mudik ini. Bagi yang pecinta anime Jepang, kalian bisa menonton serial seperti Death Note, Neon Genesis Evangelion yang serial dan ketiga film remake-nya, atau bahkan yang ringan-ringan seperti Lupin III dan Detective Conan.

  1. Buka Grup Meeting keluarga

Setelah Shalat Id, kalian bisa menemui sanak saudara yang saling berjauh-jauhan.  Caranya adalah dengan group meeting dengan keluarga. Kita bisa menggunakan berbagai macam aplikasi seperti Zoom Meeting dan Google Meet. Bahkan sosial media yang biasa kita gunakan seperti WhatsApp, LINE, dan bahkan KakaoTalk sekarang bisa digunakan untuk video call lebih dari 6 orang.

Kelemahannya adalah jaringan dan kuota jika ingin membuka group meeting. Tidak semua sanak saudara kita tinggal di tempat yang memiliki koneksi baik. Beberapa dari mereka juga memiliki akses. Namun, untuk memuaskan rasa kangen dengan sanak saudara, apa salahnya kita berkorban rupiah untuk kuota.

  1. Main Game Online (bareng Keluarga)

Ini nih yang mungkin bisa dilakukan bagi kalian yang suka main game online. Kalian bisa ngajak sepupu kalian yang sebaya main game bareng. Misalnya kalian bisa undang saudara kalian untuk party di battle royale game atau MOBA.

Dengan main game bareng, kalian bisa memuaskan rasa rindu dengan saudara, dan salah satu cara kalian habisin waktu dengan tidak hanya sendirian saja. Mungkin beberapa dari kalian merasa sulit jika main dengan saudara, atau bahkan lebih suka main sendirian. Namun, sebagai salah satu bentuk hal yang baru di lebaran tanpa mudik ini, apa salahnya?

  1. Baca Buku atau Novel

Membaca merupakan salah satu kegiatan individual yang bermanfaat bagi kita. Kalian bisa mulai membaca buku-buku ringan seperti novel populer atau buku nonfiksi ringan. Buku-buku ringan seperti kumpulan tutorial do it yourself (DIY) atau masak cocok mengisi waktu kalian dan menambah keterampilan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika menginginkan hiburan dan sekedar mengisi waktu kosong, kalian dapat membaca buku-buku pop atau roman picisan. Novel pop dan roman picisan mudah untuk kalian baca dan ikuti karena kisahnya tidak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari, dan bahasanya mudah dibaca.

Jika kalian menginginkan tantangan, bisa baca buku, novel, kumpulan cerpen, atau kumpulan puisi dari sastrawan terkemuka seperti Joko Pinurbo, Sapardi Djoko Damono, Pramoedya Ananta Toer, Sindhunata, Eka Kurniawan, dan Ayu Utami. Para penulis ini biasanya menulis dengan bahasan yang terkadang sulit dipahami. Namun jujur saja, karya mereka cocok diikuti bagi kalian yang pecinta sastra.

Bagi kalian yang suka alur cerita yang unik, buku-buku tersebutmenceritakan kisah-kisah yang luar biasa. Bahkan kalian dapat menemukan fakta-fakta mengejutkan di balik kisah fiksi tersebut.

Berikut tips-tips yang bisa aku berikan ke kalian untuk menjalani libur Lebaran 2021 agar tidak bosan di rumah saja dan kosong. Kalian bisa mendapatkan banyak hal dan belajar banyak hal ketika liburan di rumah aja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here