Waktu Baca: 3 menit

Jemunak adalah makanan khas Muntilan. Secara spesifik, makanan khas Muntilan ini berasal dari dusun Gunung Pring. Namun ada yang menarik dari Jemunak ini, makanan ini susah ditemukan, bahkan di Muntilan! Aneh kan? Ternyata mencari jemunak dengan mudah di Muntilan sangat menantang.

Namanya sendiri merupakan singkatan dari Ngaji Nemu Enak (Jemunak). Jadi, orang biasanya jajan Jemunak setelah mereka belajar ngaji. Kalau dari namanya, kayaknya dari dulu juga menemukan Jemunak ini sudah susah. Kalau gampang ditemukan, kenapa pembelinya harus menemukan dulu?

Kenapa ya?

Membuat Jemunak itu Sulit

Mencari Jemunak dengan Mudah

            Saya mencari tahu mengapa Jemunak susah ditemukan. Singkatnya, dari informasi yang saya dapat, saya menemukan fakta bahwa membuat Jemunak itu sulit. Faktanya, bahan dasarnya mungkin mudah ditemukan, ketela pohon, ketan, parutan kelapa dan gula jawa merupakan bahan yang ada dimana mana. Demikian, proses memasak jemunak tidaklah sesederhana itu.

Misalnya saja ketela pohon, saat kita menumbuk ketela pohon, kita tidak bisa menggunakan mesin penggiling. Untuk membuat jemunak yang enak, kita harus menumbuk ketela secara manual. Jika kita memaksakan menggunakan penggiling modern, hasilnya buruk dan tekstur yang kita inginkan tidak muncul.

Kemudian, untuk memanaskan bahan seperti ketan, tidak bisa menggunakan gas karena aroma dari ketan dan ketela pohon akan terpengaruh.

Dari keterangan pembuat pertamanya, rekor pembuatan terbanyak untuk jemunak ada di sekitaran 300 porsi. Cukup sedikit hasil jemunak yang dihasilkan jika kita membandingkannya dengan produk makanan lainnya. Roti manis misalnya, kita bisa membuat 1000 potong sendirian.

Mencari Jemunak Dengan Mudah Waktu Saya Kecil

            Menurut saya, jauh lebih mudah menemukan jemunak saat saya masih kecil. Mungkin karena saat itu masih banyak orang mau menggendong dan membawa berbagai bahan pembuatan Jemunak kemana mana. Untuk saat ini, generasi yang lebih muda mungkin tidak suka harus memikul berbagai bahan untuk membuat jemunak dan menjajakannya kemana mana. Kemungkinan besar, ini merupakan alasan mengapa jemunak susah ditemukan.

Selain itu, hanya beberapa orang yang memiliki resep jemunak. Saya coba bertanya kepada salah satu penjual jemunak yang saya temukan, ia bercerita bahwa ia sendiri tidak bisa membuat jemunak. Sehari hari, ia hanya menjajakan saja. Ia bisa meracik bahan yang sudah jadi.

Akhirnya Saya Menemukannya

            Pada akhirnya saya menemukan jemunak di Muntilan dengan mudah. Salah satu spot bagi saya untuk mencari jemunak dengan mudah adalah Toko Ny. Pang Muntilan. Ada penjual jemunak yang bekerja sama dengan pihak toko. Ia biasa berjualan pada akhir pekan terutama hari Minggu.

Selama cuti Lebaran, ia menjual setiap hari dagangannya. Harganya cukup murah, hanya 7,000 rupiah saja per porsinya. Cukup murah untuk makanan yang susah untuk ditemukan. Singkat cerita, saya membeli beberapa porsi jemunak untuk dicicipi.

Nikmatnya Jemunak

            Jemunak yang enak memiliki kekenyalan yang maksimal dari ketela pohonnya. Kekenyalan ini berasal dari kolagen yang merupakan kandungan utama di dalam ketela pohon. Saya tertarik belajar banyak mengenai varietas ketela pohon yang kandungan kolagennya tinggi. Saya kira hasil pasta ketela pohon yang menjadi bahan utama jemunak akan mengeluarkan potensi terbaiknya.

Untuk ketan haruslah ketan yang padat tapi tidak keras. Sebaiknya, ketan jangan terlalu lembek karena nanti rasa yang keluar tidak maksimal. Untuk membuat jemunak yang enak, perlu kepekaan yang baik dari pembuatnya untuk memilih ketan yang sempurna.

Setelah ketan, kita bicara soal parutan kelapa. Lebih baik untuk parutan kelapa ini anda memarut sendiri supaya mendapatkan parutan kelapa yang fresh dan tidak berbau apek. Beberapa parutan kelapa yang disimpan terlalu lama akan mengeluarkan bau yang tidak enak.

Setelah saya mencicipi jemunak yang saya beli, saya bisa berkata bahwa jemunak ini enak dan anda harus mencobanya.

Selamat berburu jemunak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here