Waktu Baca: 4 menit

                Siomay, makanan dengan tekstur kenyal dan bumbu kacangnya memang sebuah kombinasi maut. Siapa nih yang suka atau hobi berburu siomay? Ngebahas makanan yang satu ini tampaknya gak ada habisnya, Selalu saja ada tempat-tempat baru yang bermunculan. Salah satu legenda siomay jogja enak adalah Shinchan. Pernahkah menjajalnya?

Yups, jika mengetahui namanya, pikiran kita mungkin akan langsung membayangkan kartun yang rajin tayang di salah satu televisi swasta. Begitulah namanya, siomay dan baso tahu Shinchan. Mencari keberadaan siomay tersebut tidaklah sulit kok. Siomay Shinchan berada di Jalan STM Pembangunan No 6A, Mrican, Caturtunggal, Sleman. Bisa juga mengikuti tautan berikut ini. Kalau yang sering mondar mandir daerah Gejayan pasti familiar dengan siomay jogja yang enak ini. Letaknya berdekatan dengan Universitas Sanata Dharma. Gampang deh pokoknya dicari!

Kenapa sih siomay Shinchan ini harus kalian kunjungi? Simpel sekali jawabannya, karena siomay ini enak banget. Hal ini dibuktikan ketika beberapa waktu lalu, PAKBOB.ID mengunjungi siomay Shinchan. Butuh beberapa waktu untuk mendapatkan sepiring siomay tersebut. Maklum saja, antrean sedang mengular.

Kalian tidak akan menemukan tempat yang mewah atau suasana resto. Kita akan menyantap siomay tersebut di bangunan mirip garasi. Justru di tempat nan sederhana itulah kita mampu merasakan rasa siomay yang luar bisa. Kayak pepatah lama, jangan nilai apapun dari sampulnya.

Menjajal Siomay Jogja Enak

Akhirnya, sepiring siomay dengan saus kacang yang kemebul diantarkan ke meja saya. Duh, lidah sudah tak hentinya-hentinya menggedor-gedor mulut. Segera melibas habis siomay yang ginuk-ginuk dan nenel dalam bahasa Jawanya. Jiaaannn…

Oleh karena si siomay sudah melambaikan tangan pertanda mengajak beradu di dalam mulut. Saya kemudian segera menambahkan kecap dan sambal. Oh ya, di siomay Shinchan, kecap dan sambal terpisah. Jadi kalian bisa mengatur tingkat kepedasan dan kemanisan yang diinginkan sesuai seleramu. Masak iya selera calon mertua.

Siomay Enak Siap Disantap
Siomay Enak Siiap Disantap

Setelah tuntas mengatur kompoisi kecap dan sambal di piring. Saatnya memberikan perasan jeruk limau. Biar siomaynya ada aroma dan rasa segar berpadu dengan pedas manis. Saatnya kita mencicipi siomay enak jogja tersebut.

Siomay Shinchan memiliki tekstur yang lembut. Rasa ikan lautnya juga masih terasa di lidah. Selain itu juga ketika digigit terasa padat. Bukan rasa tepung yang mendominasi. Siomay makin paripurna karena dibungkus dengan kulit pangsit. Sensasi kenyal dan mantap itulah yang membuat dia layak untuk dicoba.

Siomay Enak Jogja
Penampakan Siomay Shinchan Jogja

Bumbu kacang atau saus kacangnya menurut saya juga lembut. Bahkan saat menyiram siomay dan teman-temannya tidak pelit bumbu. Sehingga bumbu dan siomay bisa merasuk sempurna satu sama lain. Saling melengkapi. Rasanya pas di lidah sampai tetes terakhir.

Tentu saja ada pendamping lainnya dari si siomay tersebut. Siomay Shinchan menyediakan tahu putih dan tahu coklat. Ini juga menjadi salah satu keunikan dari siomay. Biasanya kan hanya ada tahu putih saja. Apabila menginginkan tekstur lembut maka tahu putihlah pilihannya. Tetapi kedua tahu tersebut dengan mudahnya tidak bisa ditaklukan. Ada adonan siomay yang dimasukkan ke dalam tahu. Hemmm…sungguh sangat yummy.

Seporsi Siomay Shinchan
Seporsi Siomay Shinchan

Bagi para penggemar pare si pahit yang ngangenin. Siomay Shinchan juga menyediakan kok. Penyuka kentang dan telut tidak perlu berkecil hati. Siomay Shinchan sudah pasti siap menghidangkan. Pare, kentang, dan telur juga mendapatkan perlakuan istimewa. Mereka juga diberikan isian adonan siomay. Persis kayak    tahu.

Sudah Siap Bersantap di Siomay Shinchan?

Hanya saja ada sedikit tips dari PAKBOB.ID. Kalian kalau ingin menyicipi siomay dan kawan-kawannya dengan lengkap datanglah setelah jam buka. Dikarenakan siomay Shinchan buka pukul 11.00 WIB, maka datanglah awal. Walaupun sih kata sang penjualnya tutup pukul 18.00 WIB. Biasanya sebelum waktunya tutup sudah ludes tak bersisa. Siomay Shinchan buka dari hari Senin sampai Santu ya, Minggu tutup. Jadi jangan sampai kecewa sampai sana.

Gerobak Siomay Shinchan
Gerobak Siomay Shinchan Penuh Kenikmatan

Untuk menikmatinya, nanti kalian bisa memilih item yang diinginkan. Per buahnya dihargai 3000 rupiah saja. Kalian bisa menentukan jumlah dan komposisi sesuai keinginan. Minumannya hanya ada dua jenis ya, teh botol dan air mineral. Kalau ada yang pengen es jeruk dan es lainnya harap bersabar, ini ujian.

Bagi yang ingin membawa siomay Shinchan sebagai buah tangan, bisa banget dong. Bahkan siomay tersebut bisa bertahan sampai seminggu lamanya. Asalkan benar cara menyimpannya. Bagaimana? Sudah siap menyantap siomay yang menjadi hidden gem di daerah Gejayan?

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here