5 Peluang Bisnis Anak Muda Era Pandemi

Waktu Baca: 3 menitMasa pandemi kita mau bisnis apa nih ? Itulah yang banyak dipikirkan oleh teman-teman muda. Setidaknya saya menemukan ada 5 peluang bisnis anak muda di era pandemi. Berikut ulasannya.

PO (Pre-Order) Makanan/Minuman

Yups, yang pertama adalah peluang bisnis Pre-Order Makanan/Minuman. Kenapa pre order?  Karena dengan sistem ini kita tidak perlu menumpuk cadangan makanan/minuman  terlebih dahulu. Kalo udah ada yang pesen, baru kita buatkan makanan/minuman tersebut. Kita bisa buka bisnis PO ini biasanya selama 3 hari. Nah selama 3 hari tersebut kita gencarkan promosi PO mu ya agar banyak yang pesan makanan/minuman pada kita, dan tentu bakal dapat cuan yang banyak.  Kita bisa buat makanan/minuman favorit, lalu bisa ditawarkan pada teman-teman kita yang tertarik.

Baca juga : Pengalaman Mengikuti Enterpreneurs Live Gudang Ilmu

Reseller

Peluang bisnis yang kedua adalah menjadi reseller. Reseller itu adalah teknik jualan dengan membeli barang orang lain kemudian menjualnya kembali dengan harga yang telah kita naikan agar bisa mendapatkan keuntungan. Biasanya para reseller itu membeli dengan kuantitas agak banyak sehingga harga diperoleh dari supplier menjadi berkurang/kena diskon ibaratnya. Kemudian, dijual kembali deh sesuai dengan harga yang kita inginkan.

Mudah bukan? Tetapi kelemahan ide bisnis ini, kita harus keluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli barang yang kita ingin jual kembali. Tetapi tenang saja, ada ide bisnis yang ketiga nih sistemnya reseller namun tanpa modal. Penasaran? langsung saja menuju ide bisnis nomor 3.

Dropshipper

Bisnis Dropshipper adalah sistem jualan tanpa modal uang, tapi modal nya cuma promosi agar barangnya laku. Dropshipper bisa kita lakukan dengan membantu menjualkan barang dari supplier / reseller, tanpa kita harus membeli barang tersebut Cukup enak bukan? Tinggal promosi melalui sosial media kita, pasti laku asalkan promosinya tepat sasaran. Kita bisa mark up sendiri harga yang diinginkan menentukan untung yang ingin diperoleh. Saya juga pernah menjadi dropshipper lho, salah satu bisnis ternyaman tanpa takut rugi.

Patungan Membuka Bisnis Bersama Teman, 

Keempat, jika kita tidak punya modal tapi ingin memulai bisnis PO atau Reseller, tenang saja. Kita bisa ajak teman yang mempunyai modal untuk bisa ikut bergabung dengan bisnis yang ingin kita mulai. Bagaimana sistem kerjanya? Kita bisa pakai sistem membagi pekerjaan antara pemodal dan pelaksana. Jika teman kita adalah pemodalnya maka, pelaksananya adalah kita. Promosi bisa dilakukan secara bersama-sama agar dapat menjangkau lebih luas pasar yang diinginkan.

Namun, sebelum deal bisnis, pastikan teman kita adalah orang yang mampu bertanggung jawab. Kita sendiri juga bertanggung jawab terhadap apa yang sudah disepakati bersama. Ini agar menjadikan bisnis yang sehat dan tidak saling menipu. Kalau bisa sih ada surat perjanjian hitam diatas putih supaya jika ada yang melanggar perjanjian tersebut ada bukti fisik yang sudah disepakati bersama-sama.

Menjadi Freelancer

Kelima yang terakhir, nah yang ini kita dituntut untuk mempunyai suatu keahlian. misalnya kita jago desain grafis, editing video, Ms. Excel, jago menulis, dsb. Ditengah pandemi ini banyak kok perusahaan/client yang mencari freelancer untuk diajak bergabung di project mereka. Tak ada salahnya kita menawarkan keahlian yang sedang dibutuhkan oleh klien sehingga dapat membantu klien mendapatkan pundi-pundi cuan hehehe. Soal freelance ini, kita bisa dapatkan informasi-informasi lowongan freelancer di sosial media. angat banyak. Tinggal masukin aja lamaran pekerjaan sesuai dengan keahlian kita.

Jangan lupa sertakan portofolio keahlian kita agar client semakin percaya dengan kita. Harapannya,  client tersebut akan menggunakan jasa kita. Bahkan jika service yang kita berikan baik di mata client,  tidak menutup kemungkinan kita akan jadi langganan mereka untuk project selanjutnya.

TIPS

Kuatkan niat agar bisa tercapai usaha yang ingin dijalankan.  Jangan cepat menyerah dan terus mencobanya sampai bisa. Mari mencoba, bisnis mana yang cocok untuk diri kita. Lakukan dengan sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal.

Itulah 5 peluang bisnis anak muda era pandemi. Jadi, sekarang sudah tidak bingung lagi untuk mencari tambahan cuan, kan ? Oke, sekian sedikit yang bisa aku bisa sampaikan. Semoga dapat membantu teman-teman mendapatkan cuan di masa pandemi.

 

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Instagram

Most Popular