Waktu Baca: 2 menit

Aku pernah ngatain seorang cowok begini : “kamu tuh kayak Pom Bensin Sagan. Ada tapi nggak guna.”  Ya gimana sih, itu cowok nggak ada inisiatifnya sama sekali. Sialnya, cowok macam itu nggak cuma satu yang aku temukan. Banyak cowok tipe pom bensin Sagan : Ada tapi nggak guna !

Tapi ngomong-ngomong, supaya kamu nggak roaming dengan perumpamaan ini, aku jelaskan dulu konteksnya.

Pom Bensin Sagan

Nggak jauh dari kampus UGM, ada satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). . Lokasinya ada di perempatan antara Jalan Colombo dan Jalan Sagan. Orang Jogja bilang itu namanya Pom Bensin Sagan. Sejak aku hari pertama kuliah sampai hari ini aku udah mau KKN, itu pom bensin nggak pernah beroperasi. Padahal lokasinya strategis banget karena deket kampus. Pernah sekali aku lihat ada orang capek-capek nuntun sepeda motor masuk ke area pom bensin situ. Kasihan, kena PHP. Pom bensinnya tutup lah !

Setelah aku coba cari tahu kenapa ini pom bensin kok nggak beroperasi, ternyata ada yang bilang bahwa ini pom bensin sedang dalam masa pembinaan oleh Pertamina. Bukan berarti pemiliknya sedang dalam masa pendidikan, tapi ya karena dulu pernah ada masalah. Pertamina bilang, kalo ada pom bensin yang sedang dibina, berarti masalahnya antara kecurangan atau ijin operasionalnya habis. Tapi kalo udah 2 tahun nggak buka lagi, silakan tebak sendiri apa alasan yang tepat.

Pom Bensin nggak guna di Jogja

Menurut cerita kakakku, dulu ada 3 pom bensin di Jogja yang ‘nggak guna’ . Satu di perempatan Sagan, satu di deket perempatan Blok O Janti, satu lagi di deket perempatan Ring Road Gejayan. Kasihan banget deh kalo orang lagi naik motor bensinnya mau habis, lalu belok ke pom bensin itu. Jelas kena PHP. Tapi sekarang pom bensin yang di Blok O Janti dan di Jalan Gejayan udah beroperasi lagi. Nah, tinggal satu pom bensin di Jogja yang sampai sekarang konsisten nggak guna : pom bensin gejayan. Ya sebenernya ada gunanya dikit sih, jadi tempat parkiran mobil atau sekedar numpang pipis di situ.

Cowok tipe pom bensin Sagan : ada tapi nggak guna

kalo aku memaki cowok pakai perumpamaan ini, rasanya asyik banget. Kena mental. Lha gimana ? cowok model-model kayak gitu susah banget inisiatif. Tau ada orang lain yang butuh bantuan, eh malah diem aja. Kalau pun membantu, ternyata telat, atau bahkan bantuannya nggak penting.

Baca juga : Habis Diputus Pacar, Kenapa Susah Move On  ?

Aku pernah punya pengalaman soal mantan pacarku. Waktu aku sakit gejala tipes, dia nggak tengok ke rumahku. Alasannya, sibuk kerja, banyak kegiatan. Untuk menyempatkan diri satu jam aja berkunjung ke rumahku, alasannya macam-macam. Begitu terus sampai akhirnya aku sembuh sendiri. Padahal kita ini ada di kota yang sama. Aku cuma batin, emang Jogja seberapa luas sih, sampe buat berkunjung sebentar aja kok kayak repot banget. Giliran aku udah sembuh, eh dia malah datang berkunjung dengan tampang yang innocent.

Aku cuma bilang ke dia : “Kamu tuh kayak pom bensin Sagan ya. Ada, tapi nggak guna !”

Perumpamaan khas Jogja

Kurasa ini bisa jadi perumpamaan yang Jogja banget. Buat kamu cewek-cewek, kamu bisa pakai perumpamaan ini kalo kalian ketemu cowok yang nyebelin. Tapi ingat, jangan pake perumpamaan ini untuk membicarakan orang yang nggak tahu konteks Jogja. Nanti jadinya malah krik krik krik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here