Waktu Baca: 3 menit

Biasanya kita ke rest area ya mau nunut kencing, kalau tidak ya berhenti sejenak untuk leha leha. Kalau misalnya bensin kita sudah tipis, ya kita mengisi bensin. Tapi, ketika kita sampai di Rest Area KM 260 Ruas tol Pejagan-Pemalang, Brebes, rasanya sayang kalau hanya melakukan ritual istirahat ala ala rest area pada umumnya. Lha terus mau mencari apa di rest area KM 260?

Banyak pak, itu jawabannya. Rest Area ini memang beda dengan rest area pada umumnya. Lokasinya besar sekali karena berada di lahan seluas 10,6 hektar. Di lahan ini dulunya ada sebuah pabrik gula bernama Pabrik Gula Banjaratma. Karena krisis ekonomi, pabrik gula ini mengalami kebangkrutan pada tahun 1997. Sempat terbengkalai selama 20 tahun, akhirnya bekas pabrik gula ini mulai difungsikan sebagai rest area 20 tahun kemudian. Uniknya, pengelola masih mempertahankan bangunan pabrik gula yang lama. Mereka hanya menambahkan kerangka beton dan sedikit perbaikan sana sini untuk mempertahankan fondasi.

Kembali ke pertanyaan awal tadi, mau mencari apa di rest area KM 260? Saya jawab sekali lagi: banyak bos! Bingung mau mulai darimana dulu. Tapi okelaah, saya akan menjabarkannya satu persatu, mengupasnya perlahan lahan dan membangkitkan inspirasi kalian.

Foto Foto Instagramable

Mau Mencari Apa di Rest Area KM 260?

            Nah, bagi kalian para content creator. Inilah tempat yang cocok untuk anda mencari content karena banyak sudut sudut yang sangat instagramable. Bahkan, di depan toiletpun suasananya sangat pas untuk mendukung kenarsisan anda.

Daripada anda jauh jauh ke Eropa dan menghabiskan uang jutaan rupiah, lebih baik anda mengabadikan diri anda di rest area ini. Lebih murah karena cukup bayar biaya tol dan anda bisa melakukannya sambil menikmati perjalanan ke Jakarta.

Menikmati Kuliner
courtesey : instagram by @kudilaaa

            Di rest area ini, anda bisa menikmati berbagai macam kuliner khas daerah sekitar. Salah satu yang harus anda icipi adalah sate kambing batibul alias sate kambing bawah tiga bulan. Sate kambing ini menggunakan daging kambing muda sehingga dagingnya itu empuk tanpa harus menggunakan bahan tambahan atau metode khusus.

Selain menikmati sate, anda juga bisa menikmati kopi kopi yang dijual di sini. Salah satunya adalah kopi klepon. Kopi klepon ini rasanya unik dan jarang anda temui di tempat lain. Bolehlah anda minum sebagai peneman perjalanan.

Baca juga : Mau bikin sate enak, ini tips dan triknya!

Beli Oleh Oleh

            Baru pulang dari Jawa Tengah, eh ternyata anda lupa membeli oleh oleh untuk teman sekantor di Jakarta. Padahal, anda memahami betapa senang mereka mengghibah atas segala tindakan asosial anda. Tenang, anda bisa membeli berbagai macam oleh oleh di sini.

Oleh oleh yang ada tidak hanya oleh oleh yang berasal dari Brebes atau Tegal saja, melainkan oleh oleh dari berbagai tempat di Indonesia. Di sini ada telur asin khas Brebes (kesukaan saya yang diasapi). Kemudian, ada juga wingko babat, lalu jenang dan tape ketan. Tinggal anda pilih saja mana yang bisa dinikmati seluruh teman di kantor.

Beribadah dan Beristirahat

            Pada akhirnya, jangan sekali kali melupakan fungsi rest area untuk beristirahat. Ini adalah tempat yang cocok bagi anda untuk melepas penat. Apalagi perjalanan masih panjang menuju Jakarta.

Jika kebetulan anda beristirahat pada saat jam sholat, tidak ada salahnya melakukan ibadah di tempat ini. Tempat ini memiliki salah satu masjid dengan arsitektur terbaik. Anda tidak setiap hari melewati tempat ini. Jadi kenapa tidak dinikmati?

Baca juga : Bosen ngantor? Inikah saatnya bisnis kuliner?

            Dan itulah tadi beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di rest area KM 260B. Sebarkan artikel ini jika bermanfaaat untuk teman teman yang kebingungan mencari konten atau mencari tempat liburan murah meriah nan berkesan. Cao!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here