Waktu Baca: 3 menit

Urusan cucian bagi anak kos di Jogja memang sesuatu yang krusial. Mau mencuci sendiri, tetapi tidak ada tempat menjemur di kos-kosan. Kalau mau laundry dengan waktu 3 hari, maka perlu memikirkan biaya dan cadangan pakaian juga. Masalah jadi makin berat ketika datang musim penghujan. Nah, di Jogja ternyata sudah hadir layanan CleanPro. Saya akan bagikan pengalaman saya ketika mencoba layanan CleanPro di Jogja.

Baca juga: Strategi Dahsyat Membeli Rumah Impian di Jogja

 Cleanpro adalah waralaba laundry yang berpusat di Malaysia, yang beroperasi sejak tahun 2010. Saya sendiri pernah menjajal layanan ini ketika traveling ke Kuala Lumpur tahun 2015. Cleanpro hadir di Jogja sejak tahun 2018. Nah, ada beberapa prosedur yang perlu kita pahami.

Jumlah Cucian

Cleanpro Jogja menyediakan 3 tipe kapasitas mesin cuci, yaitu 9kg, 14kg, dan 25kg. Misal cucian kita hanya total 5kg pun kamu bisa saja memilih mesin cuci mana yang mau kita pakai. Tetapi ya rasanya kok selo banget, kalo cucian kita hanya 5kg dan kita pakai mesin cuci 25kg. Sebelum kita datang ke Cleanpro, kita harus tentukan dulu pakaian mana yang mau dicuci. Jangan ambil risiko mencampurkan kemeja putih dengan pakaian berwarna, kecuali kita memastikan bahwa pakaian kita yang lain tidak luntur. Jumlah cucian 9kg itu setara dengan pakaian anak cowok selama seminggu, sekitar 20 potong pakaian.

Sabun dan Pewangi

Bawalah sendiri sabun dan pewangi pakaian. Boleh memakai sabun bubuk maupun cair. Tapi jangan pakai sabun batangan seperti di serial komedi Mr. Bean. Tidak usah banyak-banyak, katakanlah satu sendok ukuran sabun cuci. Pewangi yang disiapkan cukup satu tutup botol saja. Meskipun Cleanpro menyediakan sabun cuci dan pewangi, tetapi lebih asyik dan hemat kalo kita bawa sendiri dari rumah.

Durasi proses

Durasi mencuci di Cleanpro adalah 23 menit. Itu sudah otomatis akan diatur oleh mesin cuci. Ketika sampai pada menit 23, mesin cuci akan berbunyi beep. Bila kita menghendaki memakai mesin pengering, maka waktunya tambah 25 menit. Maka bisa dikatakan, proses mencuci di Cleanpro dari awal sampai selesai adalah 1 jam saja. Pemakaian mesin pengering ini tidak wajib. Kalo setelah mencuci kita ingin menjemur sendiri di halaman rumah, tidak masalah. Kadar kelembaban pakaian setelah dicuci, sama seperti ketika kita memakai mesin cuci biasanya setelah proses spinning. Tetapi kalo kita teruskan dengan proses pengeringan, maka hasilnya adalah pakaian yang sudah siap untuk disetrika.

Biaya

Cleanpro membedakan tarif berdasarkan keanggotaan. Ada harga normal, ada harga member. Untuk harga normal, biaya mencuci dengan mesin 9 kilogram adalah 25.000, mesin 14 kilogram adalah 35.000, dan mesin 25 kilogram adalah 55.000. Tetapi kalau kita menjadi member, maka kita bisa mendapatkan potongan harga hingga 50%. Biaya mencuci dengan mesin 9 kilogram menjadi 12.500, mesin cuci 14 kilogram menjadi 17.500, dan mesin 25 kilogram menjadi 25.000.

Meskipun aslinya Cleanpro menyediakan pilihan air dingin, hangat, atau panas, tetapi untuk pakaian anak kos cukup dengan air dingin saja. Kecuali kalo kita punya pakaian khusus yang harus dicuci dengan air hangat atau panas. Pilihan dingin, hangat, dan panas juga akan menentukan biayanya. Jelas semakin panas airnya, semakin mahal.

Untuk biaya pemakaian mesin pengering, dikenakan harga 30.000 untuk durasi 25 menit. Bila kita ingin tambah waktu pengeringan, maka kena charge 5.000 per 5 menit.

Membership

Ketika pertama kali kita datang ke Cleanpro, kita akan diarahkan petugas untuk memilih : mau menjadi member atau tidak ? Bila kita ingin menjadi member, siapkan uang cash minimal 50.000. Kita bisa menggunakan vending machine yang ada di Cleanpro untuk mencetak kartu member. Dengan uang 50.000, kita mendapatkan kartu dan top up senilai 40.000. Pastikan uang cash yang kita siapkan tidak kusut, ya. Kartu itu akan digunakan untuk tap pada mesin cuci; katakanlah semacam token. Kartu bisa diisi ulang di Cleanpro, dengan nominal 50.000 atau 100.000.

Perlengkapan ketika menunggu cucian

Menunggu adalah sesuatu yang menyebalkan kalo kita lagi gabut. Tetapi jangan kuatir, di Cleanpro tersedia akses Wifi dan colokan charger. Ada baiknya kita bawa bekal charger HP untuk dipakai di Cleanpro selama menunggu pakaian kita dicuci. Kalo kita haus, Cleanpro juga menyediakan vending machine minuman. Bisa juga kita beli minuman di sekitar Cleanpro. Mengingat durasi mencuci 23 menit itu tidak lama, maka sebaiknya jangan terlalu lama meninggalkan tempat cucian. Ini bukan soal potensi hilang pakaian, tetapi soal etika kita di tempat self-service laundry.

Perhitungan Ekonomis

Mencuci di layanan seperti ini akan terasa ekonomis ketika pakaian kotor kita cukup banyak. Kalo hanya beberapa potong saja, akan terasa mahal. Dengan mesin cuci 9 kilogram, saya bisa mencuci 20 potong pakaian (baju dan celana).

Untuk proses mencuci dan mengeringkan pakaian sebanyak 9 kilogram, kita cukup merogoh kocek 35.000 rupiah. Bila dikalkulasi, maka biaya mencuci jadi 4000 / kilogram. Tetapi ini dengan catatan kita masih harus setrika baju sendiri.  Biaya ini hampir sama dengan biaya laundry reguler (Cuci + Setrika) dengan waktu 2×24 jam di Jogja, yang sama-sama 4000 rupiah per kilogram. . Tetapi yang ditawarkan Cleanpro adalah kecepatan mencuci, yang cukup satu jam saja. Menurut saya, jelas lebih ekonomis menggunakan jasa Cleanpro. Proses cepat, pakaian bisa segera kita gunakan kembali.

 

Nah, itulah pengalaman saya mencoba layanan CleanPro di Jogja. Selamat mencoba.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here