Waktu Baca: 2 menit

Sudah lihat poster Selamat Datang Calon Mahasiswa UI yang lagi jadi trending topic? Poster ini diunggah oleh akun Twitter yang resmi dari Universitas Indonesia. Lewat tweet itu, UI menuliskan ucapan selamat untuk mahasiswa baru UI yang diterima lewat jalur SBMPTN. Tapi please, sekelas UI lho. Masa iya  produk desain grafisnya seperti ini ? Kita perlu menyoal poster selamat datang calon mahasiswa UI.  Berikut ulasan saya.

Aspek Teknis

Dari aspek teknik desain, ini poster dibikin dengan crop beberapa foto, lalu ditempelkan. Ini pun nggak pake editing brightness, saturation, dan sebagainya. Oh iya, ada satu figur mas mahasiswa yang ada di tengah itu, jaketnya beda dengan yang lain. Bukan soal mas nya yang salah pakai jaket almamater, tapi memang desainernya melakukan flip untuk gambar itu doang. Ada tiga orang yang memakai jaket almamater berlogo UI, tapi cuma satu yang di flip / di balik gambarnya. Untuk lembaga sekelas UI, please lah. Apa nggak ada mahasiswa yang tahu desain grafis dan mau membuatkan konten yang lebih berkelas ?

Inspirasi Desain

Hasil karya desain grafis juga mewakili isi kepala desainer. Hal yang paling gampang dilakukan desainer ya mengikuti apa yang lagi ngetrend di masyarakat. Asumsinya, kalo ikut desain yang hits, maka orang mudah mengenali. Tapi itu asumsi. Poster yang diunggah akun twitter UI ini komposisinya keliatan mirip dengan poster sinetron, semacam Suara Hati Istri, atau Ikatan Cinta. Dengan background langit nan biru, maka bener juga kalo ada orang yang bilang, ini poster seolah-olah ngajak orang mau naik ke surga. Tapi kita tahu, siapa sih jenis warga Indonesia yang doyan banget nonton sinetron ? Ya emak-emak.

Baca lagi : Jurusan Kuliah yang Membuang Uang

Makna Desain

Namanya karya, bebas untuk diartikan oleh siapapun. Saya sendiri menemukan beberapa pesan terselubung di balik desain yang semacam itu. Pertama, ini soal segmen siapa yang mau disambut. Barangkali UI mau mulai menyasar segmen masyarakat kelas menengah ke yang hobi nonton drama. Bisa juga itu menggambarkan bahwa temannya si desainer itu memang tukang drama. Soal ajakan ke surga, ya bisa saja. Barangkali ada kaitannya dengan gerakan-gerakan mahasiswa di internal UI yang dalam 10 tahun terakhir ini doyan ngomongin akherat.

Poster yang dibuat keliatan banget tergesa-gesa. Tapi masak iya poster sambutan dibuat mendadak, seolah mereka tidak tahu jadwal pengumuman hasil SBMPTN ?

Desain yang dibuat sekenanya ini juga bisa diartikan bahwa team medsos UI nggak sempat, atau nggak bisa hire orang buat bikin desain. Tapi bisa jadi ini maksudnya juga sebuah pesan kesederhanaan. Bikin sendiri sebisanya kan lebih hemat. Mungkin juga team Medsos UI ogah kolaborasi dengan team manager akun UI Shitposting. Padahal konten shitposting mereka juga tidak kalah kualitasnya, lho.

Kita tidak perlu jauh-jauh mengartikan satu konten fatal dengan urusan kualitas pendidikan. Sebagai kampus nomor wahid di Indonesia, kualitas UI tidak diragukan lagi. Bagaimanapun juga orang bisa pakai Yellow Jacket berlogo UI adalah suatu kebanggaan besar. Katakanlah konten grafis ini adalah ulah beberapa mahasiswa yang mungkin berpikir panjang, tapi absurd.

Sisi Positif

Nggak cuma cercaan, tapi ada juga pujian alias apresiasi untuk konten grafis ini. Meskipun desainnya cuma kayak gitu, tetapi UI berhasil menarik perhatian publik. Ya meskipun akhirnya jadi infamous, sih. Bukan famous. Dengan munculnya tagar #sekelasUI, itu menunjukkan bahwa publik masih peduli dengan kualitas kampus kita. Orang lantas rame-rame menyoal poster selamat datang calon mahasiswa UI.

Keren kan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here