Waktu Baca: 3 menit

Jika sedang berada di sekitaran Jalan Kaliurang, pastikan teman-teman mengunjungi kuliner yang satu ini. Tersembunyi di balik hiruk pikuk Jalan Kaliurang, ada sebuah roti bakar khas Bandung. Ada yang bisa menebak? Kira-kira kuliner apa nih? Jawabannya adalah roti bakar tower jakal. Fyi, jakal adalah singkatan dari Jalan Kaliurang. Semacam jalan yang banyak tongkrongan anak mudanya gitulah.

Ngomong-ngomong soal roti bakar tower jakal. Roti bakar khas Bandung ini terletak di belakang gerai waralaba donat yang terkenal. Sebelum berada di tempat tersebut, penjual roti bakar itu berjualan di pinggir jalan. Hingga 3 tahun lalu, ia memutuskan pindah ke tempat sekarang. Karena kebetulan tempatnya nyempil dan dekat dengan tower alias BTS. Ini BTS beneran ya alias pemancar sinyal buat operator seluler. Makanya banyak pembeli yang menamainya roti bakar tower. Kalau kesusahan menemukannya, bisa klik tautan ini yang mengarahkanmu ke sana. Gak pake ribet!

Yuk dibaca : Soto Sapi Magelang Enak, Carinya Sampai Ke Desa

Kenapa tadi saya menyarankan teman-teman harus menjajal kuliner yang satu ini? Roti bakar ini berbeda dengan yang pernah saya temui sebelumnya. Roti bakar tower jakal ini memiliki isian yang bereda dengan penjual roti bakar lainnya. Isiannya itu ada dua jenis, premium dan non premium. Kalau teman-teman memilih isian premium. Varian yang bisa dipilih di antaranya sebagai berikut : greentea, tiramisu, chocomaltine, dan nutella. Soal varian rasa, teman-teman bisa memadukannya kok.

Sumber kenikmatan roti bakar tower jakal
Sumber kenikmatan roti bakar tower jakal

Hmmm gimana dengan isian non premiumnya? Yok kita bahas. Isian non premium ini juga boleh banget dicoba. Gak kalah asoy sama dengan isian premium. Mau tahu apa aja isiannya? Ada nanas, strawberry, blueberry, keju, kacang, srikaya, vanilla, dan tentunya coklat. Sudah kebayang kan bagaimana lidah kita akan mencecap kombinasi rasa yang dipadukan. Biasanya nih menu favorit yang dicari adalah rasa coklat keju.

Isian yang brutal untuk roti bakar
Isian yang brutal untuk sebuah roti bakar

Tidak sampai situ saja lho. Yang membuat teman-teman harus mengunjungi roti bakar ini adalah bapak penjualnya tidak pelit. Yups, penjual roti bakar tower jakal tidak pelit dalam memberikan isian untuk rotinya. Bahkan sampai tumpah-tumpah saking penuhnya isian yang diberikan. Inilah yang menjadi salah daya tarik lainnya saat membeli roti bakar tersebut. Kejutan lainnya adalah isian tersebut akan diguyur dengan susu kental manis yang banyak juga dong. Udah ngiler kan? Karena isiannya yang menggunung dan meninggi maka semakin menegaskan dengan tower yang menjulang. Maka pas banget dengan julukan yang diberikan.

Soal rasa, behhh…roti bakar ini sampai saat ini masih yang terbaek deh. Rotinya lembut dalam sekali gigitan. Saat isiannya mulai menjelajahi mulut, rasanya wow bingits. Walau isiannya sampai tumpeh-tumpeh tidak terasa enek  malahan enak. Padahal nih, di tengah isian tersebut, pak penjualnya memberikan susu kental manis sebagai tambahannya. Wohhh…wohh…kurang baik apa coba? Ternyata susu kental manis yang diberikan merupakan penyeimbang rasa untuk isiannya lho. Pantas saja gak enek sewaktu disantap.

Yuk baca : Sop Buntut Pak Sugeng, Rasanya Sungguh Gayeng

Dalam sehari, pak penjual bercerita kepada saya kalau bisa menghabiskan bahan baku roti sebanyak 135 buah jika keadaan normal. Namun karena pandemi menurun menjadi 90 buah saja per harinya. Bahkan selama masa awal pandemi. Roti bakar ini tidak berjualan cukup lama karena keadaan yang mengkhawatirkan.

Green tea nan tumpah-tumpah. Nak naaan
Green tea nan tumpah-tumpah. Nak naaan

Kelezatan roti bakar ini dapat mulai ditemui sekitar pukul 17.00 sampai menjelang pukul 12 malamlah. Itupun kalau masih tersedia. Roti bakar tower jakal tidak memasang harga yang mahal untuk kenikmatan yang diberikan. Mulai dari 10 ribuan, roti bakar nan lezat siap menemanimu dalam menghabiskan malam. Sayang sekali obrolan saya dengan Pak penjual harus berakhir. Para pembeli sudah mengular di dekat gerobak. Laris terus ya Pak!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here