Waktu Baca: 2 menit

“Mengaku Pecinta Sate? Tapi Belum Pernah nyobain Sate Gajih Enak?”

Apa sih kuliner sate gajih itu? Singkatnya, gajih sendiri adalah lemak dari daging sapi. Kalau dalam bahasa jawa, lemak disebutnya gajih atau orang biasanya menyebutnya koyor atau dikenal juga dengan Sate Kere. Dapat disimpulkan sate gajih adalah tusukan lemak-lemak jeroan sapi jadi satu. Omong omong soal nama sate kere, orang menyebut sate gajih sebagai kere (miskin) karena di jaman dahulu sate daging merupakan makanan orang kaya.

Penjual kuliner sate gajih biasa menjajakan dagangannya di acara rakyat atau pagelaran-pagelaran, seperti wayang, sekaten, pasar malam, dan lain lain. Namun, sekarang sate gajih bukan makanan asing. Anda bisa menemukannya di sekitaran Kota Yogyakarta, khususnya di Pasar Beringharjo dengan jam buka mulai pukul tujuh pagi sampai habis.

Bumbu-bumbu seperti dengan kecap, irisan bawang merah, cabai, gula merah dan bawang yang dibalutkan pada lemak sapi menjadikan rasa dari kuliner ini berasa lembut dan manis. Sate gajih enak kemudian hadir dengan siraman bumbu kacang. Aroma sate gajih yang menggoda membuat orang yang sedang lewat menjadi ingin mencicipi makanan tersebut.

Sate gajih ini memiliki keistimewaan karena mudah melumer di mulut. Namun, jangan sampai anda membiarkan sate gajih berdiam terlalu lama karena nanti teksturnya akan mengeras. Untuk penyajian, biasanya penjual sate gajih menyajikan satenya dengan pincuk. Pincuk adalah daun pisang yang dibentuk kerucut dan disambungkan dengan lidi maupun staples.

Untuk harga, pedagang sate gajih enak biasa menjual satenya dengan harga 1,500 hingga 3,500 Rupiah per tusuknya. Setiap lokasi akan berbeda-beda harganya dan varian dari sate gajih itu sendiri. Tenang, tim Pakbob.id sudah merekomendasikan lokasi mana sih sate gajih yang enak.

Lokasi-lokasi penjual Sate Gajih rekomendasi dari Pakbob.id, antara lain:

1. Sate Kere Bu Dibyo, Pasar Beringharjo

Jelas, berdasar namanya, lokasinya  ada di Pasar Beringharjo. Kemudian, untuk harganya sangat bersahabat. Untuk menikmati sate kere atawa sate gajih ini, teman teman hanya perlu menyediakan Rp10.000 untuk tiga tusuk sate gajih. Sebagai informasi, jam buka sate kere ini adalah mulai pukul 10.00 WIB sampai habis. Secara garis besar, banyak komentar positif berdasarkan testimoni dari Google Reviews.

“Rasa satenya enak, puas” – Daffa AN

“Enak.empuk..mantapp” – karmi la

2. Sate Kere Mbah Mardi

Berada di Jl Godean Km. 8 Gresikan, Sidomulyo, Godean, Sleman. Jam buka dari pukul 17.00 WIB – sampai habis. Keunikan Sate Kere ini adalah cara menyajikannya. Ada Ketupat dan kuah sayur di dalam satenya. Jadi, anda bisa membayangkan nikmatnya kupat sayur bersama lauk sate gajih yang kenyal. Untungnya, Harga per porsinya mulai Rp12.000 an. Kesimpulannya, untuk harga masih menyesuaikanlah dengan kantong kita. Testimoni berasal dari Google Reviews.

“Pecinta gajih sapi saya rekomendasikan makan sate di sini rasa manis dan gurih dengan campuran sayur pedasnya yg mantap dan harganya murah” – Marfian Yuniardi

“Enak, murah, recomended pokoknya” – Bagus Aditya

3. Sate Kere Pasar Legi Kotagede

Beralamat di Jl. Mondorakan No.105, Prenggan,  Kotagede, Yogyakarta. Buka mulai pukul 17:00 WIB – sampai habis. Keunggulan sate di sini adalah menu spesial yang mereka miliki seperti usus, jeroan-jeroan, campuran tempe, dsb. Testimoni bersumber dari Google Reviews.

“Satenya imut tapi rasanya mantap jiwa……” – agus supriyanto16

“Enak,  nggak amis” – Benny Fata

Jadi bagaimana tertarik dengan kuliner satu ini? Para pecinta sate sih wajib coba. Sekian informasi tentang Sate Gajih Kuliner Melegenda di Jogja semoga bermanfaat dan menambah referensi kuliner yang ada di Yogyakarta. Jangan lupa share ya agar semua orang tahu mengenai sate gajih ini. Jika ada pertanyaan boleh tulis di kolom komentar ya. Have a nice day!

Baca Juga:

Se’i Sapi Langit by Dinar Candy : Tes Rasa

Sate Ambal Pangan Lokal Khas Kebumen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here