Waktu Baca: 3 menit

Mencari se’i di Yogyakarta sangatlah mudah. Sejak pengusaha muda Andra Lesmana mengenalkan se’i Sapi Kana, banyak pihak mulai menduplikasinya dengan tampilan dan gaya yang berbeda. Rata rata memberikan variasi berupa jenis sambal dan jenis daging sebagai bahan dasar se’i. Nah, kali ini kami dari Pakbob.id mencicipi se’i sapi Langit by Dinar Candy.

Untuk lokasi, kami memilih cabang yang ada di Jalan Kaliurang. Secara jujur, ini bukan se’i terbaik yang pernah redaksi coba. Namun, dibandingkan kompetitornya, se’i sapi Langit by Dinar Candy memiliki keunggulan dengan rasa smoky yang lebih jelas dibandingkan pesaingnya.

Ya, rasa smoky yang menjadi keunggulan se’i ini kadang ‘hilang’ di beberapa produk se’i. Entah itu karena proses pengasapan yang kurang tepat atau bisa jadi penggunaan liquid smoke yang memang tidak bisa menggantikan nikmatnya se’i asli dari proses pengasapan tradisional.

Tanpa berlama lama, mari kita bahas beberapa menu di se’i langit.

Se’i Paru Empuk dan Tidak Kering

Sei Langit by Dinar Candy

            Se’i Paru berhasil hadir dengan tekstur yang tepat dan tidak terlalu kering. Ya, ini menurut saya memang sulitnya memasak paru. Paru kalau terlalu basah juga kurang nikmat, tapi kadang terlalu kering juga banyak yang tidak suka. Maka penting untuk menghadirkan se’i paru dengan tekstur tepat.

Untungnya, paru sendiri memiliki tekstur dasar kenyal dan beefy yang nikmat. Mengolah paru tidak sesulit babat misalnya. Di sini chef bisa bermain main dengan paru untuk menghadirkan hidangan dengan bahan unggulan. Se’i langit cukup berhasil memastikan paru mereka tampil sempurna.

Baca juga : Di sini babat terenak menjadi unggulan

Se’i Lidah Unggulan

            Lidah adalah salah satu bahan tersulit untuk diolah. Namun, kalau anda berhasil mengolahnya, segala usaha anda terbayarkan. Lidah memiliki kelemahan di bau dan permukaan atas yang harus dikupas secara manual dan memakan waktu. Percayalah, saya sudah mencobanya, tak ada jalan pintas untuk mengupas permukaan lidah.

Se’i lidah di sini memiliki kekenyalan alami lidah dan tidak berbau sama sekali. Ini adalah pilihan mudah saat memesan menu di Se’i Langit.  Saya sarankan memesan agak banyak karena rasanya memang nikmat.

Se’i Daging si Identitas Utama
Se’i sapi daging yang merupakan sebuah signature dish

Se’i daging adalah salah satu menu yang merupakan signature dish. Di semua tempat, se’i daging tersedia. Se’i daging di Se’i Langit tidak banyak berbeda dari tempat lainnya. Hidangan ini hadir dengan pantas sebagai peneman hidangan lainnya.

Se’i Paru dan Lidah menurut saya jauh lebih unggul dari daging. Bagaimanapun daging memiliki rasa smoky yang tidak samar samar dan di se’i lain, rasa smoky ini seringkali hilang. Jadi, wajarlah kalau daging di sini diberi dua jempol.

Baca juga : Buntut enak lagi murah, yo di sini!

Pilihan Sambal, Sayur dan Nasi

Sei Sapi Langit by Dinar Candy

            Secara tradisional, sambal untuk se’i adalah sambal luat yang merupakan perpaduan cabai, daun kemanggi dan jeruk nipis. Selain sambal luat, salah satu sambal yang sering menjadi peneman se’i adalah sambal matah. Sambal matah memiliki keunggulan kaya rasa dan segar karena minim proses pemasakkan. Sambal matah cocok untuk menciptakan rasa fresh pada se’i

Untuk sayur, saya pribadi menyukai oseng daun pepaya yang hadir dengan rasa kuat dan segar. Daun Pepaya memiliki tekstur dan rasa yang pas untuk mengimbangi ‘berat’nya rasa smoky se’i. Saya akan memesan banyak sayur pepaya tiap memesan se’i. Nikmat sekali menyantap dua perpaduan ini.

Sebagai gong terakhir, nasi jeruk adalah pengikat ideal untuk mengikat semua hidangan ini. Pengalaman menikmati se’i di Se’i Langitpun menjadi sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here