Waktu Baca: 3 menit

Kalau berbicara babat, kita akan membayangkan olahan dari jeroan sapi yang mungkin bukan favorit semua orang. Maklum, yang namanya jeroan memang terlihat kurang menggiurkan sebelum kita mengolahnya. Namun, Soto Babat Nikmat Sari Kartasura mampu mengolah babat menjadi berbagai panganan menarik.

Nah coba bayangkan KFC. Kita pasti kita akan teringat pada jargonnya yaitu ‘Jagonya Ayam’. KFC bisa melakukan klaim seperti itu karena ia memiliki berbagai olahan ayam mulai dari ayam goreng, bubur ayam, chicken stripes dan sebagainya. Nah, tidak salah juga kalau Soto Babat Nikmat Sari Kartasura menyebut dirinya sebagai Rajanya Babat. Bagaimana tidak, di sini babat menjadi banyak hidangan dan semuanya enak enak.

Menemukan Soto Babat Nikmat Sari Kartasura

Soto Babat Nikmat Sari Kartasura

Saya menemukan soto ini saat sedang melakukan perjalanan ke salah satu kota di Jawa Timur dan mampir di Kartasura. Ketika itu, saya sempat menanyai penduduk sekitar mengenai lokasi soto favorit. Mereka kompak menunjukkan soto babat yang sudah dikeloa dua generasi ini.

Tanpa berpikir panjang karena memang tidak perlu memikirkan hal ini ribet ribet, saya menuju kesana. Saat sampai disana, saya menemukan puluhan pengunjung sedang menikmati berbagai sajian babat. Bagi saya ini pemandangan menarik karena babat seharusnya bukan merupakan makanan favorit banyak pihak. Ada apa ini?

Baca juga : Bakmi dan Brongkos Enak di Tempel, Mbak Sri

Soto Babat dengan Tekstur Istimewa dan Kuah Segar

Soto Babat Nikmat Sari Kartasura

            Namanya juga soto babat Nikmat Sari, jadi saya harus mencoba sotonya terlebih dahulu. Teman saya juga menyebut bahwa soto di sini memiliki rasa yang enak dan segar. Saat saya mencicipi soto berkuah bening ini, saya langsung menyetujui omongan teman saya. Kuahnya bercita rasa gurih tapi ringan dengan potongan babat yang tidak berbau dan unggul di tekstur.

Ngomong ngomong soal babat, babat memang memiliki kelemahan di segi bau. Ketika pengolahnya bisa menemukan solusi menghilangkan bau babat, kamu akan menemukan sebuah makanan dengan tekstur kenyal dan unik serta rasa beefy  yang nikmat. Soto Babat di sini jelas berhasil menyajikan soto babat yang enak dan mampu melewati tantangan dari bahan bernama babat.

Baca juga : Selow ala Ngatini, Sang Peracik Soto Bebek Jumirah

Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso
Soto Babat Nikmat Sari Kartasura
Babat Gongso Khas Nikmat Sari

            Saya tertarik mencoba hidangan lain yaitu nasi goreng babat dan babat gongso. Berhubung sudah menghabiskan semangkuk soto, saya membagi kedua hidangan itu dengan teman saya.

Babat gongso hadir dengan rasa menyegarkan. Sebagai ilustrasi, babat gongso di sini rasanya tidak terlalu manis dan gurih serta kaya akan berbagai bumbu. Potongan tomat di dalam babat gongso menambah kesegaran dari hidangan ini. Rasa asam tomat menciptakan aroma yang bisa menutupi kelemahan dasar babat dan juga membuat rasa babat gongso makin sedap.

Sementara itu, nasi goreng yang ada juga memiliki rasa tidak kalah istimewa. Nasinya kering dan butirnya terpisah, menandakan proses memasak nasi goreng yang tepat dan menghadirkan hidangan yang benar benar Mak Nyus..

Setelah menyantap kedua hidangan itu, tidak ada salahnya jika kita mencari cemilan yang lagi lagi berasal dari babat. Di meja makan, anda akan menemukan hidangan berupa tahu goreng dengan petis dari babat. Petis dari babat ini memiliki rasa yang enak dan lebih kental dari petis kebanyakan. Rekomendasi saya? Anda wajib mencoba.

Sekilas Mengenai Soto Babat Kebanggan Kartasura Ini

 

            Konon soto babat Nikmat Sari merupakan makanan yang berasal dari Semarang. Ya, kedua owner generasi pertama adalah orang Semarang. Mereka memutuskan pindah ke Kartasura dan mengelola soto ini. Awalnya, mereka malah menjual roti! Entah mengapa, akhirnya mereka berpikir untuk menjual aneka hidangan babat setelah melihat bahan ini melimpah di Boyolali.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengolah babat babat itu. Dari mulai soto, mereka mengembangkan babat ini menjadi berbagai masakan. Jika anda lewat di jalan Ahmad Yani Kartasura, jangan lupa untuk mampir karena pengalaman kuliner ini sungguh menarik.

Soto Babat Nikmat Sari Kartasura
Selalu ramai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here