Waktu Baca: 3 menit

Bukan rahasia lagi kalau film solo Black Widow dan James Bond memiliki keterikatan erat. Kevin Fegie sendiri menegaskan bahwa ia merancang Black Widow sebagai classic spy movie. Itu berarti, James Bond menjadi salah satu referensi utama dalam film ini. Dan benar saja, setidaknya ada beberapa easter egg dari James Bond di film ini. Apa saja itu?

Snow Avalanche

Latar salju putih dan lokasi bersalju khas pegunungan Alpen Swiss menjadi salah satu lokasi ikonik film James Bond. Film James Bond legendaris, On Her Majesty’s Secret Service menggunakan latar daerah bersalju ini. Saking ikoniknya, film James Bond juga menjadikan lokasi sejenis ini dalam film film modernnya seperti misalnya dalam Spectre.

Dalam film Black Widow, kamu bisa melihat lokasi ini saat Natasha Romanoff berusaha membebaskan ayahnya, Alexei the Red Guardian.

Markas Drekov

Black Widow dan James Bond

Sekilas Markas Dreykov alias Red Room mengingatkan kita pada persembunyian Karl Stormberg pada film The Spy Who Loved Me serta persembunyian Hugo Drax di Moonraker. Persembunyian musuh yang tak terduga ini memang menjadi salah satu kekhasan dari seri film James Bond. Tentu film seperti Black Widow tidak menyia nyiakan kesempatan untuk menjadikannya sebagai trivia.

Prolog dan Opening

Berbeda dengan film Marvel lainnya, Black Widow memiliki prolog dan opening khas film James Bond. Secara tidak langsung, ini adalah cara Marvel Studios untuk menunjukkan penghormatan pada seri seri film James Bond. Bahkan kalau anda perhatikan lebih detail, prolog mengandung adegan action yang keren. Ini merupakan salah satu ciri khas film James Bond modern juga. Ya, film James Bond memberikan pemanasan pada penonton lewat adegan opening sequence yang menarik.

Black Widow Menonton Film James Bond

            Relasi Black Widow dan James Bond tidak bisa lebih jelas dari ini. Dalam salah satu adegan, tampak Black Widow menyaksikan film Moonraker. Mungkin anda tidak menyadarinya, namun ternyata Moonraker juga menjadi semacam firasat untuk Natasha mengenai letak dimana musuhnya bersembunyi. Just wow…

Taskmaster adalah Jaws

Black Widow dan James Bond

Siapa itu Jaws? Jaws adalah karakter yang muncul dua kali di film James Bond klasik. Ia jarang berbicara, namun memiliki kekuatan yang luar biasa dari gigi besinya. Jaws juga tidak bisa merasakan sakit dan bertarung dengan sangat intens. Coba tebak, di film Black Widow dia mirip siapa? Ya, tepat sekali, Taskmaster adalah Jawsnya dari film Black Widow. Mereka memiliki banyak kesamaan. Penggambaran Taskmaster di film Black Widow jauh berbeda dari versi komiknya. Task Master di film lebih mendekati penggambaran Jaws.

Natasha Memiliki Q

            Iya, Natasha memiliki Qnya sendiri. Ia punya seseorang untuk menyediakan senjata dan kendaraan serta berbagai akses untuk menjadi ‘the Real Spy’. Dalam film ini, sosok Q untuk Natasha terwujud dalam diri karakter Rick Mason. Tanpa Rick Mason, misi Natasha jelas tidak akan mudah.

Koneksi Dengan Aktor Aktor Film James Bond
Black Widow Task Master
SITGES, SPAIN – (Photo by Borja B. Hojas/Getty Images)

            David Harbour sempat tampil dalam dua film awal James Bond. Kemudian, ada Olga Kurylenko yang hadir di film ini. Mau tahu fakta yang lebih mencengangkan. Baik karakter Olga di Quantum of Solace dan Black Widow sama sama memiliki luka bakar! Wow, Fegie, dia benar benar melakukan semuanya dengan sangat mendetail. Terakhir ada Rachel Weisz yang tidak lain tidak bukan adalah istri sah dari James Bond saat ini, Daniel Craig. Well played..Well played…

Bonus

Meski tidak berhubungan dengan James Bond, ada trivia film classic spy yang muncul di Black Widow. Yang pertama adalah aksi Gun standoff yang muncul di awal film dan merupakan tribute daripada film Mission Impossible serta aksi tukar wajah yang juga menjadi ciri khas Mission Impossible. Penampakan Dreykov juga mengingatkan kita pada penampilan Philip Seymour Hoffman dalam Mision: Impossible III.

Penutup

Nah itu tadi beberapa koneksi antara Black Widow dan James Bond yang berhasil kita temukan. Kamu menemukan yang lainkah?

Baca juga essay kami soal Marvel lainnya

WandaVision : Apa Yang Saya Benci?

Marvel di Dunia Televisi Bukanlah Aji Mumpung

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here