Waktu Baca: 4 menit

Menjadi penggemar film slasher tidak mudah. Beberapa dari temanmu akan menuduh kamu psycho. Padahal enggak, slasher adalah genre yang sangat menyenangkan. Ini bukan film yang menjual kesadisan. Slasher seringkali adalah perpaduan antara imajinasi gila, komedi gelap dan juga thriller sederhana nan menyenangkan. Namun, jujur saja, genre ini sering tertukar dengan torture porn. Jujur, untuk genre torture porn saya sangat nggak ngerti kenapa orang masih membayar untuk menonton film semacam itu. Tapi, hei, setiap orang boleh memiliki seleranya masing masing. Anyway, mari kita kembali bicara soal anda, para pencari film slasher untuk pemula.

Nah, beberapa film slasher mungkin bisa menimbulkan trauma untuk kamu yang belum terbiasa. Jadi, saya akan memilihkan beberapa film slasher yang cukup ringan untuk kamu sebelum kamu menelusuri genre ini lebih jauh. Para beginner, inilah beberapa film slasher yang bisa kamu nikmati.

Happy Death Day

Film Slasher Untuk Pemula

Film ini sebenarnya cukup unik dan rumit karena menggabungkan konsep time loops dan slasher. Namun kalau boleh jujur, film ini cukup ringan dan mudah untuk dimengerti. Film slasher ini cocok untuk kamu yang menyukai drama remaja dan komedi yang selalu berhasil mengocok perut atau setidaknya membuatmu tersungging.

Cerita Happy Death Day sendiri berkisar mengenai Theresa “Tree” Gelbman yang berulang kali mati setelah dibunuh oleh Baby Face Killer. Namun, setiap ia mati, ia akan terbangun dalam kondisi sebelum dia mati. Maka dari itu, Tree berusaha untuk menemukan pembunuhnya sebelum ia kembali mati.

Friday the13th

Film Slasher Untuk Pemula

 Saya akan menyarankan kamu menonton Friday the 13th versi Michael Bay. Ya, beberapa orang akan melempari saya dengan telur. Tapi tunggu dulu, fungsi film ini ‘kan membuat anda terbiasa dengan film slasher. Friday the 13th milik Michael Bay cukup ringan untuk perutmu. Tentu versi originalnya sangat menarik. Namun, tak ada salahnya menonton film sederhana mengenai Jason Voorhes ini sebagai pemanasan sebelum mencari yang lebih ekstrim.

Cabin in the Wood

Film Slasher Untuk Pemula

Lebih ke komedi daripada film slasher dengan sentuhan misteri serta twist yang tepat guna, Cabin in the Wood menjadi salah satu sleeper hits ketika rilis secara masal. Film ini mengandalkan sosok Chris Hemsworth sebelum mencapai popularitas luar biasa lewat seri Thor. Salah satu yang membuat Cabin cocok untuk pemula adalah level gorenya yang masih oke serta dark comedy yang membuat kita menyunggingkan senyum. Oh ya, setelah anda menonton berbagai film horor dan slasher lainnya, coba tonton lagi film ini. Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan.

 

Halloween

 Halloween versi terbaru tidak mengandalkan adegan sadis. Film ini mengandalkan suspense yang berbalut dengan karakter karakter heroine yang mengena. Film ini bercerita mengenai Laurie Strode yang berhasil selamat dari serangan Michael Myers. Kini ia belajar mempersiapkan diri termasuk berlatih menembak dan menggunakan peledak untuk sekali lagi melawan arch nemesisnya. Level gore yang biasa dan aksi seorang nenek nenek menghajar pembunuh berdarah dingin menjadikan film ini jauh lebih menarik.

Sebelum Iblis Menjemput

Film Slasher Untuk Pemula

 Film ini sempat menjadi perdebatan di redaksi Pakbob.id. Ada yang menganggap film ini sudah masuk level intermediate dan ada yang menganggapnya cocok untuk pemula. Menurut saya, film ini cocok untuk pemula karena sebenarnya level gorenya tidak sampai mengarah ke sangat sadis. Adegan adegan kejamnyapun masih ‘normal’. Alur ceritanya juga menarik meski sebenarnya termasuk klasik karena masih membicarakan kutukan penyihir.

Apa yang bisa anda nikmati dari film Slasher?

 Menurut saya, film Slasher yang baik bukan film yang banjir darah dan paling sadis. Adegan sadis justru bisa menjadi sangat over the top dan campy dengan tujuan menghibur penonton. Dan menurut saya, itu sah sah saja. Film slasher yang baik, haruslah film yang membuat anda peduli pada karakter karakter di film itu dan menjadi khawatir pada nasib mereka. Kekhawatiran anda ini harus terbangun melalui proses thriller dan suspense yang cerdas. Jika film anda hanya mengandalkan adegan sadis dan darah, maka anda akan jatuh ke genre torture porn.

Film film yang kami pilih di sini bukan yang terbaik. Namun, film ini bisa membantu anda melakukan pemanasan sebelum terjun ke tingkat ekstrem berikutnya. Are you ready?

Baca juga pembahasan kami mengenai film horor lainnya:

Affliction aman tapi tidak buruk

Menonton Night of the Living Dead dan Belajar Darinya

Melukis Masa Depan..Bukan Hantu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here