Waktu Baca: 2 menit

Siapa yang tak kenal nasi goreng? Makanan ini menjadi salah satu kuliner unggulan nusantara yang banyak disukai semua kalangan. Bahkan saking cintanya dengan nasi goreng, seorang berkebangsaan membuat lagu dengan judul “Geef Mij Maar Nasi Goreng“. Wieteke von Dort membuat lagu tersebut karena rindu dengan nasi goreng. Benar saja, nasi goreng telah berkembang dengan luar biasa. Sehingga siapa sangka ada beragam nasi goreng yang bisa ditemui di Indonesia. Ada ratusan jenis nasi goreng yang tersebar di Indonesia. Tercatat Indonesia punya 104 jenis nasi goreng. Fantastis!

Hal tersebut disampaikan oleh pakar kuliner nusantara dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, Dr. Dwi Larasatie Nur Fibri, S.T.P., M.Sc. Ia menyebutkan nasi goreng merupakan makanan yang unik dan spesial karena banyak sekali ragamnya.

Indonesia Punya 104 Jenis Nasi Goreng

“Setidaknya Indonesia punya 104 jenis nasi goreng tersebar di seluruh nusantara yang terdiri dari 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal usulnya dan 59 lainnya merupakan jenis nasi goreng pengembangan yang tidak bisa ditelusur daerah asalnya,” paparnya dalam acara bedah buku berjudul Nasi Goreng Indonesia, Cita Rasa Mendunia yang digelar secara daring, Kamis (15/7) dalam rangkaian agenda Dies Natalis ke-58 FTP UGM.

Baca juga : Nasi Goreng Rumahan Sederhana Ala Kiky

Dosen Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian ini menyampaikan bahwa nasi goreng merupakan salah satu kuliner unggulan Indonesia selain sate, soto, rendang, dan gado-gado yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Nasi goreng ini memiliki citarasa mendunia karena rasanya dapat diterima secara global.

Banyaknya jenis nasi goreng menjadikan keunikan tersendiri. Sebab mendorong rasa keingintahuan untuk mencoba jenis ragam lainnya.

“Sesuatu yang banyak ragamnya akan unik karena membuat orang semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba ragam lainnya,” tuturnya.

Dwi mengatakan nasi goreng juga menjadi jawaban bagi masyarakat untuk mengolah nasi sisa menjadi makanan bercita rasa.

“Masyarakat yang punya masalah dengan stok nasi yang sering tidak habis dan menjadi sesuatu yang tersisa, maka nasi goreng ini jadi jawaban mengolah nasi agar tidak terjadi food waste,” urainya.

Baca juga : Mie Ayam Jakarta Pak Tugiran, Tapi Kok Jualnya Nasi Goreng Merah?

Wakil Direktur Bidang Pelatihan, Pendidikan, dan Penelitian  Indonesian Gastronomy Community, Dr. Endang Suraningsih, M.M., M.Psi., menyampaikan buku Nasi Goreng Indonesia, Cita Rasa Mendunia merupakan buku yang menarik dengan penulis lintas generasi dan lintas profesi. Buku ini direkomendasikan untuk dimiliki para pecinta nasi goreng.

Nasi Goreng Adalah Warisan Kuliner Nusantara

Dalam kesempatan itu ia juga memberikan masukan untuk memajukan kuliner nusantara khususnya nasi goreng. Ia menilai perlunya roadmap kuliner dengan konsep yang jelas untuk menjawab tantangan menjadikan nasi goreng Indonesia dengan cita rasa mendunia yang dikenal dan dicintai masyarakat dunia.

“Nasi goreng ini makanan yang adaptif dan bisa menyesuaikan dimana berada sehingga dapat dikembangkan dengan mudah. Namun begitu pengembangannya tetap harus menjunjung tinggi jati dirinya sebagai makanan khas Indonesia,” tandasnya.

Bagaimana sedulur semuanya? Setelah mengetahui Indonesia punya 104 jenis nasi goreng. Tentunya kita harus bangga dong. Walaupun tergolong makanan nan sederhana. Tetapi nasi goreng adalah salah satu warisan kuliner yang patut dijaga keberadaannya di bumi Indonesia. Lalu apa nih nasi goreng kesukaan kalian? nasi goreng ala bakmi Jawa? nasi goreng ala aa burjo? atau jenis nasi goreng lainnya? Apapun jenis nasi goreng yang Anda sukai tentu kembali kepada selera masing-masing. Menutup tulisan ini, ada sebuah kalimat yang cocok bagi kita para penggemar nasi goreng. In Nasi Goreng We Trust! Selamat berburu nasi goreng dan makanlah dengan lahap ya sedulur…(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here