Waktu Baca: 2 menit

Ivermectin tiba tiba menjadi perbincangan hangat. Banyak yang bertanya tanya, sebenarnya Ivermectin obat apa? Apakah benar benar ampuh untuk menghadapi corona? Atau jangan jangan obat ini masih dalam tahap uji coba sebagai obat untuk menghadapi corona? Dari wawancara yang kami lakukan sebelumnya dengan Dr. Timmy Budy, Ivermectin memang masih dalam tahap percobaan. Namun, ada kemungkinan besar bahwa Ivermectin bisa membunuh virus Corona.

Awal mula Penggunaan Ivermectin

Jika anda bertanya Ivermectin obat apa, maka jawabannya ada banyak. Iya, ternyata Ivermectin memiliki banyak kegunaan. Ivermektin merupakan obat antiparasit yang digunakan untuk mengatasi penyakit akibat infeksi cacing. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut, mengobati rosacea, strongiloidiasis, trikuriasis, askariasis, serta filariasis limfatik.

Selain digunakan oleh manusia, Ivermectin dalam dunia kedokteran hewan digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit cacing jantung dan akariasis, serta berbagai indikasi lainnya.

Berawal Dari Webinar Ivermectin World Day

Sebenarnya, hipotesi Ivermectin obat anti Corona ini asalnya darimana. Semua berawal dari Webinar Ivermectin World Day yang membahas Ivermectin obat apa. Dari beberapa kesaksian dokter, banyak yang menggunakan Ivermectin sebagai obat untuk melawan Corona. Dasar dari analisa mereka adalah karena Ivermectin mampu menghambat replikasi virus pada kasus Hepatitis E. Ivermectin juga tampaknya memiliki reaksi positif ketika tubuh mengalami badai Sitokin. Badai Sitokin adalah keadaan dimana tubuh mengeluarkan protein untuk melawan virus secara berlebihan. Kebanyakan Sitokin dalam tubuh dapat memicu peradangan di organ vital berujung kematian. Dari hasil sharing inilah, maka muncul usul untuk mencoba Ivermectin sebagai obat anti Corona.

Didukung Oleh Franz Magnis dan Din Syamsudin

Baik Franz Magnis dan Din Syamsudin adalah sedikit dari beberapa tokoh yang mendukung penggunaan Ivermectin. Din mengaku membaca dan melihat laporan serta presentasi yang menunjukkan bahwa Ivermectin ternyata efektif untuk menanggulangi penyebaran virus corona terutama Delta.

Sementara itu Franz Magnis mengaku sudah mencoba menggunakan Ivermectin sebagai upaya pencegahan virus Corona. Ia mengaku kondisi tubuhnya baik baik saja setelah mengkonsumsi obat itu. Ia menyebut memang ada baiknya dilakukan uji klinis untuk obat tersebut. Meski demikian, Franz mengingatkan agar jangan sampai proses yang berbelit belit malah mencegah Ivermectin menolong ribuan jiwa.

Tidak Dianjurkan FDA

Meski demikian, bukan berarti Ivermectin tanpa masalah. FDA mengaku belum akan mengizinkan Ivermectin sebagai resep alternatif penyembuh penyakit Corona. Menurut FDA, sifat Ivermectin adalah obat anti-parasit, bukan anti-viral (khusus melawan virus). Ivermectin juga lebih sering menjadi obat untuk hewan ternak. Agar manusia bisa mengkonsumsinya, Ivermectin perlu mengalami proses pengolahan. FDA mengingatkan warga Amerika Serikat berkali kali karena banyak warga AS yang membeli Ivermectin dengan alasan obat itu untuk ternak mereka. Pada kenyataannya, obat itu mereka minum sendiri. Bagi FDA, ini sangat berbahaya.

Selain FDA, WHO juga belum mengizinkan penggunaan Ivermectin sebagai obat darurat. WHO lebih menyarankan pasien menggunakan obat obatan yang sudah masuk proses verifikasi oleh WHO karena jauh lebih aman.

Tidak hanya itu saja, Ivermectin termasuk golongan medikasi Tipe C. Artinya ada kemungkinan Ivermectin dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan.

Saran Penggunaan Ivermectin

Pada akhirnya kita harus mengingat bahwa Ivermectin merupakan salah satu obat yang berat dan tidak boleh kita konsumsi sembarangan. Pastikan anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Ivermectin. Hal ini untuk mengurangi efek negatif Ivermectin. Jangan lupa juga untuk mengingatkan kerabat dan rekan mengenai info Ivermectin obat apa agar tidak ada efek negatif yang menimpa kerabat kerabat kita.

Baca juga kisah kisah kami mengenai Corona lainnya :

Kepanikan Membunuh Penderita Corona, Kok Bisa?

Tim Kubur Cepat Jenazah Corona: Cerita Tentang Mereka

Corona di Jepang, Sebuah Cerita dari Anak Negeri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here