Waktu Baca: 3 menit

“Bingung mau ngapain? Karena kemana-kemana dibatasi karena adanya aturan PPKM Darurat dari pemerintah. Bahkan mau diperpanjang nih kabarnya. Tentu kita butuh kegiatan produktif selama PPKM.”

Mulai tanggal 3 Juli sampai dengan 20 Juli 2021 pemerintah Indonesia sepakat memberlakukan aturan PPKM Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali. Nah, bagi kamu yang terdampak aturan ini dan membuat kamu hanya bisa di rumah saja. Ada banyak hal kegiatan produktif selama PPKM lho dan bisa menghabiskan waktu selama kebijakan tersebut berlangsung. Yuk simak uraian berikut mengenai 6 hal produktif untuk menghabiskan waktu di kala PPKM Darurat.

1. Belajar Memasak

Waktu yang tepat untuk kamu yang ingin belajar masak. Kamu bisa explore resep-resep makanan sesuka hati. Banyak konten video atau artikel yang membahas mengenai resep-resep makanan yang enak pastinya. Enggak punya bahan-bahan? Tenang saat ini sudah banyak layanan pesan antar yang bisa mengantar bahan-bahan makanan/sayuran yang dibutuhkan.

Jika masakan yang kamu buat enak, bisa juga lho dijadikan bisnis. Caranya kamu bisa buat Pre Order masakanmu kepada teman-teman dekatmu. Tawari temanmu untuk mencicipi masakan yang kamu buat pasti ada yang beli, dijamin. Nah, berawal cuma belajar masak jika berhasil malah jadi bisnis yang menjanjikan.

2. Membuat Konten Tik-Tok

Kamu suka scroll Tik-Tok? Coba deh sekali-kali bikin konten Tik-Tok itu bisa buat kamu produktif lho. Kenapa harus Tik-Tok, ya karena saat ini sosial media yang lagi hype di kalangan anak muda ya Tik-Tok. Pasti pada bingung nentuin kontennya apa ya.

Banyak kok konten Tik-Tok yang bisa dijadikan referensi kok, contoh sederhananya kamu bisa bagikan pengalaman atau berbagi tips yang kamu ketahui kepada warga Tik-tok. Jika kamu punya banyak barang-barang unik, bisa tuh buat konten review singkat mengenai barang tersebut.

Tips biar videomu dilihat banyak orang adalah upload videomu sebanyak mungkin. Lakukan secara konsisten ya, agar videomu selalu baru dan membuat orang jadi tau mengenai video yang kamu buat. Serta selalu ikuti trend yang ada. Awalnya pasti berat, tapi lama kelamaan pasti sudah terbiasa deh.

Baca juga : Rujak Es Krim Pak Paino, Kuliner Mantap Jiwa di Jogja

3. Belajar Hal-Hal Baru

Belajar tidak harus di bangku sekolah/kuliah. Kamu bisa belajar hal – hal baru lewat seminar online/web binar. Jika kamu suka menulis, bisa coba belajar menulis artikel-artikel yang bermanfaat. Salah satu opsi paling baik saat ini adalah belajar digital marketing, karena di saat suasana seperti ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa digital marketing untuk memasarkan produk/jasanya.

Daripada di rumah/di kos gak ada kegiatan, coba deh ikutan belajar-belajar hal yang kamu belum ketahui. Selain menambah wawasan kamu juga bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini salah satu kegiatan yang paling  direkomendasi oleh saya.

4. Bermain Game

Cara paling ampuh untuk kamu menghabiskan waktu di kala PPKM Darurat. Lho kok bermain game bisa dibilang produktif? bermain game agar produktif adalah dengan kamu rekam hasil permainanmu. Kemudian, upload ke YouTube untuk menarik orang lain melihat game yang kamu mainin. Semakin banyak yang nonton dan jika sudah ada iklan di videomu itu dapat menghasilkan pendapatan yang gak sedikit lho. Bisa juga kamu melakukan live streaming saat bermain game, seperti youtuber streamer kondang Windah Basudara yang sekalinya live streaming ditonton lebih dari 10 ribu penonton.

5. Bercocok Tanam

Kegiatan bercocok tanam ini dulu booming waktu awal pandemi. Saat ini kamu juga bisa melakukannya lagi. Daripada gak ngapa-ngapain coba belajar berkebun dan menamam seperti sayuran yang bisa dikonsumsi pribadi. Tidak hanya dapat menguntungkan diri sendiri, hasil berkebun juga bisa dijual ke tetangga-tetangga.

Baca juga : Sate Gajih Enak, Kuliner Melegenda di Jogja

6. Bersih-bersih Rumah/Kamar

Kalau gak ingin belajar memasak, membuat konten tik-tok, belajar hal baru, bercocok tanam dan tidak suka main game. Hal yang bisa buat kamu produktif adalah bersih-bersih rumah/kamar. Merapikan kamar yang semula berantakan menjadi lebih tertata atau mendekor ulang kamar agar lebih nyaman dan fresh kembali. Selain menjadi bersih dan nyaman, kamu juga ikut menyukseskan program dari pemerintah karena dirumah saja.

Kesimpulan

Kegiatan-kegiatan di atas adalah sebagian dari banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan dari rumah dengan mudah. Disamping menaati aturan dari pemerintah, kegiatan produktif selama PPKM tersebut bisa juga menghasilkan pundi-pundi cuan jika jeli dalam melihat peluang yang ada. Tidak hanya anak muda, kegiatan tersebut juga bisa dilakukan oleh siapapun.

Apapun kegiatan yang kamu lakukan selain di atas tadi, tetap harus selalu patuhi prokes ya. Sehingga aman bagi diri kamu sendiri dan orang lain tentunya.

Baik sekian dulu informasi tentang 6 kegiatan produktif selama PPKM Darurat, semoga bermanfaat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here