Waktu Baca: 3 menit

“Ke Jogja tapi belum merasakan kopi ini? Wah kurang afdol tuh hahaha nih mimim kenalin kopinya orang Jogja, kopi Joss”

Yogyakarta merupakan kota dengan banyak minuman-minuman tradisional salah satunya adalah Kopi Joss. Kopi ini bukan sembarang kopi ya. Kopi Joss merupakan kopi hitam yang dicampur dengan arang yang merupakan khas kopinya orang Jogja. Wah gimana tuh? kok kopi ada arangnya?

Sejarah

Mengapa disebut kopi Joss? Jadi begini, kopi ini memiliki nama kopi Joss karena kopi panas yang tercampur arang akan mengeluarkan suara unik. Jika anda mendengarkan dengan baik baik, maka akan muncul suara kopi yang menimbulkan suara juoss yang kencang. Nah, dari situlah maka nama kopi ini muncul yaitu Kopi Joss.

Perlahan, kemudian Kopi Joss  populer dan mendunia. Tidak butuh waktu lama, kopi ini perlahan bertumbuh sebagai brand dengan kopi yang nikmat dan lebih manjur dalam menghilangkan rasa kantuk. Ya, kopi joss kini menjadi salah satu icon kota Jogja. Untuk dunia internasional, para wisatawan asing mengenalnya dengan sebutan charcoal coffee. 

 Menurut penelusuran, Biji kopi joss berasal dari daerah Klaten.Untuk arangnya juga tidak boleh sembarangan, Arang yang digunakan adalah  arang yang unik. Untuk membuat kopi joss, kita harus menggunakan arang khusus yang terbuat dari Kayu Sambi dari Kalimantan. Jadi, para pedagang kopi joss mendatangkan arang langsung dari Kalimantan. Dari keterangan yang saya dapat dan kepercayaan masyarakat, arang ini memiliki manfaat sebagai obat ampuh alami anti racun.

Lokasi

Lokasi untuk menikmati Kopi Joss ini adalah di Yogyakarta, terutama di daerah sekitar Stasiun Tugu.

Harga

Harga untuk menikmati Kopi Joss ini start dari Lima Ribu Rupiah, bahkan lebih murah. Dengan uang yang tidak begitu banyak, kita  sudah dapat menikmati segelas kopi joss panas. Tentunya, kopi joss ini bebas dari bahan kimia sehingga aman untuk dikonsumsi.

Rekomendasi Tempat

Ada beberapa rekomendasi nih tempat untuk menikmati kopi joss di Jogja versi Pakbob.id, antara lain:

1. Angkringan Kopi Joss Mbak Siska

Alamat Angkringan Kopi Joss Mbak Siska adalah di depan Stasiun Tugu, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Jam bukanya mulai jam 5 sore sampai jam 2 dini hari. Angkringan Kopi Joss Mbak Siska juga menyediakan menu-menu lainnya seperti kopi joss susu dan beragam makanan ringan berupa nasi kucing, gorengan, dan sate-satean. Harga untuk kopi joss mulai dari  tujuh ribu rupiah per gelasnya.

2. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Angkringan yang paling terkenal di Jogja. Para wisatawan sudah hafal dengan Angkringan Kopi Joss Lik Man ini dan tempat ini selalu menjadi incaran utama. Lokasinya berada di  Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Jam bukanya mulai jam dua siang sampai jam tiga dini hari.

Tidak hanya itu saja, kopi joss di sini juga menjual menu angkringan seperti biasanya. Di sini kita bisa menemukan nasi kucing, aneka sate tusuk, dan gorengan. Harga nya mulai dari lima ribu rupiah untuk minum kopi joss di Angkringan Kopi Joss Lik Man. Hangatnya kopi joss paling enak cocok banget dengan gorengan seperti tempe mendoan.

3. Angkringan Pak Tomi

Dari banyak pendapat, ada yang bilang Angkringan Pak Tomi adalah tempat kumpul dengan suasana sederhana khas jogja. Lokasi ada di Jalan Abu Bakar Ali No 7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Uniknya, dari Angkringan Pak Tomi, kita dapat melihat kereta api yang lewat di atas jembatan Kali Code.

Angkringan Pak Tomi menyediakan berbagai menu angkringan seperti pada umumnya dan kopi susu joss. Harga makanan di sini tidak terlalu mahal. Bagi yang kurang suka rasa pahit, kamu bisa mencoba menu itu dan bagi yang suka es kopi di sini juga tersedia.

4. Angkringan Kopi Joss Pak Agus

Salah satu angkringan yang tidak jauh dari Stasiun Tugu dan hampir selalu ramai. Lokasinya ada di Jalan Pangeran Mangkubumi No 5, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Selain kopi joss, angkringan ini juga menjual menu nasi macan. Nasi macan ini mendapatkan namanya karena ia adalah nasi kucing dengan porsi jumbo.

Jam bukanya mulai jam lima sore sampai jam dua belas malam. Omong omong, kamu jangan datang terlalu malam biar tidak kehabisan ya.

5. Angkringan Kopi Joss Mas Bagong

Alamat lokasinya ada di Jl. Jenderal Sudirman, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Angkringan Kopi Joss Mas Bagong menyediakan kopi joss yang hitam dan kopi joss susu. Banyak sekali varian menu makanannya seperti nasi kucing maupun sate-sate an.

Lokasi yang strategis strategis (disamping tugu jogja) dan harganya standard seperti angkringan biasa angkringan membuat Angkringan Kopi Joss Mas Bagong selalu ramai. Jam buka dari jam empat sore sampai jam dua dini hari. Uniknya di Angkringan Kopi Joss Mas Bagong bisa request untuk membakar sate-sate nya. Wah, makin joss nih rasanya.

Kesimpulan

Untuk kalian pecinta kopi, Kopi Joss patut menjadi salah satu pilihan. Jangan pernah berkata sebagai penikmat kopi sejati jika belum pernah mencoba Kopinya orang Jogja, kopi joss.

Sekian informasi tentang Kopi Joss, Kopinya orang Jogja Asli yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa share ya supaya temanmu mengenal kopi joss ini. Jika ada pertanyaan boleh tulis di kolom komentar ya. Have a nice day!

Baca juga cerita cerita kuliner menarik lainnya:

Suwatu Jogja Tak Sekedar Hanya Bersantap Rasa

Susu Ketan Cumlaude, Alternatif Minuman Segar Kekinian

Sate Gajih Enak, Kuliner Melegenda di Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here