Waktu Baca: 3 menit

Banyak cara untuk meningkatkan kebahagiaan sekaligus imun tubuh kita. Salah satunya dengan bercocok tanam. Kegiatan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita ini dipercaya bisa meningkatkan keduanya. Awal pandemi kita semua bisa menyaksikan banyak sekali orang-orang yang mengunggah jepretan berisikan tanamannya. Semuanya kompak bercocok tanam, bahasa kerennya urban farming. Salah satu jenis tanaman yang dari dulu hingga sekarang masih menjadi favorit adalah anggrek. Saya mengunjungi Kresna Nursery, penjual anggrek yang kondang di kawasan Sleman. Mari, kita ikuti keseruannya!

Dibutuhkan usaha ekstra untuk menemukan letak dari Kresna Nursery. Tempatnya nyempil di tengah pemukiman warga. Tidak ada penanda khusus bahwa tempat tersebut menjual anggrek. Dibutuhkan kejelian menemukannya. Tapi tidak perlu overthinking dulu, teman-teman bisa melacak lokasinya lewat aplikasi yang ada di gawai masing-masing. Bila membawa kendaraan roda empat bisa diparkirkan di seberang Kresna Nursery. Jika membawa kendaraan bermotor roda dua bisa diparkirkan di halaman.

Baca juga : Sop Buntut Pak Sugeng, Rasanya Sungguh Gayeng

Berburu Anggrek di Kresna Nursery

Eitss, tunggu dulu, kita tidak akan langsung mendapati anggreknya. Jadi jangan kaget kalau di lantai satu (halaman) hanya ada tanaman hias dan buah-buahan. Di bagian ini kita dapat mencari pot yang sesuai dengan keinginan. Ada juga perlengkapan lainnya yang menunjang pertumbuhan anggrek, semisal saja pakis. Selanjutnya, kita harus naik menuju lantai dua. Di sanalah anggrek-anggrek yang siap kita pinang bersemayam.

Sudah siap dibawa pulang nih
Sudah siap dibawa pulang nih

Pemandangan kita akan dimanjakan tatkala melihat deretan anggrek-anggrek yang ada di atas rak-rak bambu yang diatur memanjang. Berbagai varian anggrek sudah menanti untuk disambangi. Anggrek bulan, dendrobium, anggrek tanah, vanda, dan masih banyak jenis lainnya merupakan koleksi yang biasanya dimilki oleh Kresna Nursery. Biasanya juga ada bibit anggrek yang dijual dalam botol. Cocok sekali bagi yang sudah ahli dalam menangkarkan anggrek. Kalau yang masih pemula, saran saya lebih baik jangan dulu deh. Memerlukan waktu dan tenaga ekstra agar bibit tersebut tumbuh sehat dan kuat.

Koleksi Anggrek di Kresna Nursery
Koleksi Anggrek di Kresna Nursery

Ada yang menarik jika berkunjung ke sana. Biasanya disebut anggrek pasca. Disebut demikian karena saat membeli anggrek pasca kita seperti sedang berjudi. Anggrek pasca adalah tanaman anggrek yang sudah tuntas berbunga, lantas gugur. Iniah yang bikin menarik dan deg-deg ser jantung. Kita membeli tanaman tetapi tidak tahu nantinya akan berbunga warna apa.

Anggrek pasca
Contoh anggrek pasca yang menantang adrenalinmu untuk membelinya

Berburu anggrek di sana tidaklah perlu tergesa-gesa. Pastikan Anda sudah mengetahui secara pasti tipikal perawatan anggrek tersebut. Jangan sampai salah beli, walaupun anggrek termasuk tanaman yang kuat, bisa-bisa mati karena salah perawatan. Para karyawan di sana juga ramah, jadi sembari membeli bisa juga bertukar ilmu.

Harganya Gimana?

Soal harga? Tidak perlu takut dompet Anda akan kosong melompong. Harganya sangat bervariasi. Mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Jadi sangat terjangkaulah untuk menambah koleksi yang sudah ada di rumah. Apabila tidak membawa uang tunai, tenang saja, mereka juga menyediakan layanan transfer antar bank. Sayangnya, belum ada fasilitas non tunai lainnya. Semoga ke depannya bisa ditambah agar makin mudah dalam bertransaksi.

Baca juga : Penyetan Mbak Asih: Sambal Terasi Mentahnya, Juara!

Kresna Nursery mulai buka dari pukul 08.00-16.00 WIB. Biasanya kalau akhir pekan, sejak pagi para pecinta anggrek sudah memulai perburuannya. Kalau kehabisan anggrek yang diincar, ada tipsnya. Tanyakan kepada karyawan di sana, kapan pengiriman selanjutnya akan dilakukan. Teman-teman bisa untuk datang lebih awal agar tidak kehabisan lagi. Selamat berburu anggrek yang kamu inginkan. Semoga kamu tidak khilaf ya. Hihihi…(*)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here