Waktu Baca: 3 menit

Tidak mau berlarut dalam kesusahan, BTS merilis ‘Permission to Dance’. Lagu tentang apa ya ini?

Siapa sih yang tidak kenal BTS? Boyband jebolan salah satu agensi yang cukup bergengsi di Korea Selatan ini berhasil menjadi boyband terpopuler. Mereka memiliki banyak penggemar sejak kemunculannya pada 2013 silam.

Popularitas dan kesuksesan milik tujuh anggota BTS yang terdiri dari  Kim Taehyung, Kim Seokjin, Jeon Jungkook, Park Jimin, Min Yoongi, Kim Namjoon, dan Jung Hoseok ( J-Hope) tentu tidak terlepas dari karya-karyanya. Karya mereka memang yang apik dan menarik. Melalui karya-karyanya, BTS juga berhasil menyelenggarakan beberapa campaign yang bertujuan untuk mengajak para penggemarnya menyebarkan energi positif. Tidak terkecuali lagu yang baru- baru ini mereka rilis. Lagu berjudul Permission to Dance ini berhasil menjadi tonggak positivisme baru ala BTS. Lalu lagu Permission to Dance lagu tentang apa? Yuk kita gali.

Membedah Lagu Permission to Dance

Pada 9 Juli 2021 lalu, BTS resmi merilis Permission to Dance. Permission to Dance sendiri merupakan single yang masuk dalam album terbaru mereka yaitu, Butter. Dalam lagu barunya, BTS mengusung tema summer yang cenderung energik dan grooving.

Pembuatan lagu Permission to Dance pun tidak terlepas dari pesan positif ala BTS. Lagu ini memang memiliki pesan yang sangat erat dengan kondisi pandemi. Pada lagu Permission to Dance, bertebaran lirik yang mengandung arti untuk tetap optimis dan teguh pada tiap tantangan kehidupan.

“When it all seems like it’s wrong, just sing along to Elton John, and to that feeling we’re just getting started”

Lirik itu merupakan salah satu lirik yang juga mengajak para pendengar untuk tetap bertahan dalam berbagai macam situasi. Situasi yang muncul dalam hidup kita memang tidak pasti. BTS mengajak kita untuk membiarkannya mengalir saja. Lebih baik kita bersikap ceria seperti pada saat kita mendengarkan lagu Elton John.

Tidak hanya itu, dalam pre-chorusnya, BTS juga menyampaikan pesan -pesan positif seperti yang terlihat pada lirik “When the nights get colder // And the rhythms got you falling behind // Just dream about that moment // When you look yourself right in the eye” //.

Lirik itu mengajak kita tidak perlu khawatir dan takut. Sebaliknya, kita harus percaya bahwa kita mampu melalui segala masalah dan tantangan yang muncul setiap hari. 

Jangan Merasa Sendiri!

BTS juga menyampaikan pesan positif agar para pendengarnya merasa tidak sendirian. Pada lirik bait kedua, tertulis “Just keep the right vibe, yeah // ’cause there’s no looking back // There ain’t no one to prove // we don’t got this on lock, yeah //.

 Arti lirik itu adalah bahwa tidak ada waktu lagi untuk terus merundung dan menyalahkan keadaan. Lewat lagunya BTS menyampaikan bahwa kita harus tetap berjuang dan bertahan karena situasi ini hanya sementara.

Dalam lagunya, Permission to Dance, BTS pun tidak lupa untuk mengajak para penggemarnya untuk menari dan mengekspresikan diri mereka tanpa rasa khawatir. Di tengah situasi pandemi yang kebanyakan membuat orang putus asa, BTS hadir dengan semangat dan emosi yang dinamis lewat lirik yang disampaikan.

Pada bagian reff, BTS melanjutkan dengan lirik “Let’s break our plans and live just like we’re golden // And roll in like we’re dancing fools” yang merupakan pengingat untuk keluar dari zona nyaman dan mengeksplorasi lagi talenta dan kesempatan yang kita miliki. 

 

Pengemasan Video Klip yang Penuh Detail Menarik

 

Selain liriknya yang menarik, BTS pun mengemas lagu Permission to Dance dengan apik. Konsep video klip yang memakai latar tempat di padang yang luas dan pemilihan style pakaian yang cenderung ikonik dengan style cowboy tentu memberikan suntikan energi positif bagi siapapun yang mendengarnya.

Penambahan beberapa details seperti balon berwarna ungu yang kerap muncul, penggambaran situasi pandemi dimana semua orang memakai masker, hingga tembok bertuliskan “The wait is over” tentu sangat menarik perhatian warganet.

Eksistensi balon berwarna ungu yang sangat dominan dari awal video klip hingga akhir menjadi simbol pengharapan agar situasi pandemi Covid-19 dapat segera berakhir. Sedang untuk penggambaran situasi pandemi, BTS dan krunya menggambarkan keadaan ini dengan beberapa figuran yang berperan sebagai guru, siswa sekolahan, pelayan kafe, pekerja kantoran, pasangan kekasih, anak kecil, hingga sepasang suami istri. Mereka semua menggunakan masker dari awal video klip dimulai. Namun, pada akhir video klip, para figuran ini kemudian melepaskan masker mereka. Hal ini pun tentu berkaitan dengan details balon ungu yang berarti pengharapan dan juga tembok besar dengan tulisan “The wait is Over”.

Tembok bertuliskan “The wait is Over” ini pun menggambarkan keadaan dimana situasi pandemi ini telah berakhir, maka tidak ada lagi yang perlu kita tunggu. Ketiga details ini pun saling berkaitan satu sama lain. Lewat ketiga detail ini, BTS ingin menyampaikan bahwa masih ada masa depan yang cerah, yang akan lebih baik, dan akan datang di kemudian hari. BTS juga ingin mengajak para penggemarnya untuk tetap optimis dan percaya bahwa masa yang lebih baik akan datang.

Penulis: Maria Devaneira

Baca juga tulisan kami tentang BTS lainnya:

Kata Army soal Butter Menjadi Lagu Final Euro 2020

BTS Army Bantu Mitra Gojek Bikin Kita Mak Nyess…

Insiden BTS Meal Salah Siapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here