Waktu Baca: 3 menit

“Konon Jogja sudah memasuki musim kemarau. Biasanya kalau siang hari cuacanya panas dan gerah, enaknya disegerin nyantap apa ya? Hmmmm…kalau rujak gimana nih? Tapi rujak yang satu ini beda dengan lainnya lho! Namanya rujak es krim Pak Paino. Pinisirin kin?”

Siapa sih yang enggak kenal kuliner rujak? Pasti sebagian sudah pernah mencicipi enaknya rujak yang dimakan di siang hari. Bagi yang belum tau, rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam buah dan dibalut dengan sambal atau bumbu yang khas. Sambalnya terdiri dari asam jawa, kencur, gula jawa, cabe dan sedikit air.

Pasti dari kalian akan bilang “Halah cuma rujak aja mah dah pernah nyoba.” Eitss, tunggu dulu pernah belum nyoba rujak dengan topping es krim? Nah kali kita  akan mengulas salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta yaitu rujak es krim Pak Paino.

1. Lokasi Rujak Es Krim Pak Paino

Rujak es krim Pak Paino berada di sebelah barat dari Pura Pakualaman Yogyakarta tepatnya di area Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta. teman-teman bisa melacaknya lewat peramban, ketik saja rujak es krim Pak Paino. Kabarnya, rujak es krim Pak Paino dianggap sebagai pelopor rujak es krim yang ada di Yogyakarta. Kemudian baru banyak yang coba mengikuti Pak Paino berjualan rujak es krim di Yogyakarta.

2. Sejarah

Pak Paino adalah penjual rujak es krim yang berjualan sejak tahun 1990. Inovasi yang dilakukan oleh Pak Paino memang unik dengan mencampurkan rujak yang notabenenya pedas dicampur dengan es krim yang dingin membuat makanan ini kalau di campur menjadi makanan yang sitimewa (istimewa).

Pak Paino sendiri menjual rujak es krim nya di Jalan Harjowinatan, Yogyakarta dan mulai berjualan mulai pukul 09.00 WIB sampai habis. Berjualan menggunakan gerobak dan tidak menyurutkannya untuk berjualan. Penyajiannya dengan piring kecil. Untuk menikmati sepiring rujak es krim terdapat kursi kecil yang ada di bawah pohon rindang. Sehingga membuat santapan ini jadi lebih enak untuk disantap kala siang hari.

3. Harga

Bapaknya menjual dengan harga per porsinya Rp 8.000. Ya cukup murah sekali bukan? Hanya dengan uang Rp 8.000 sudah bisa mendapatkan rujak es krim yang dihidangkan di atas piring kecil yang menyegarkan di suasana siang yang panas. Para pelanggannya biasanya pada siang hari langsung menyerbu gerobak jualan Pak Paino. Memburu kesegaran dan keunikan dari rujak es krim tersebut.

4. Rasa

Rujak es krim memiliki cita rasa tersendiri dan unik. Adanya perpaduan rasa pedas, asam, manis dari rujak berpadu dengan rasa es krim yang teksturnya lembut, dingin dan segar. Bila dirasa kurang pedas, disediakan sambal tambahan agar bisa dinikmati sesuai dengan selera masing-masing.

Es krim yang dipakai adalah buatan sendiri dari Pak Paino dan tidak sama sekali menggunakan pemanis buatan. Rahasia agar eksis sampai sekarang karena Pak Paino selalu menjaga kualitas rujaknya. Walaupun sekarang sudah banyak yang penjual produk yang sama. Kualitas yang dijaga membuat banyak review bagus yang ditulis mengenai kuliner yang satu ini. Berikut beberapa di antaranya:

“Ke Yogyakarta yang paling dicari itu pasti rujak es Krimnya. Rujak buah dengan es krim kelapa yang gurih itu perpaduan rasa yang langsung bikin adem. Apalagi kalau pesannya pas siang hari, jangan khawatir kepanasan karena di tempat ini sangat sejuk dengan banyaknya pohon beringin.. Rujak es krimnya pum sangat murah,,bisa nambah berkali-kali jika 1 porsinya masih kurang” – Mariatun T. S. (Sumber : Traveloka)

“Rujak es rasa rujak yang manis, asam dan pedas dipadu dgn rasa es yang lembut dingin… Jd makanan yg menyegarkan…” – @novita_huboyo (Sumber : Instagram)

“Rujak es krim legend yang sudah 30 tahun jualan tapi si bapak tetep awet muda loh. Rujak es krim disini paling dicari banyak orang dari mana aja. Yg lagi jalan² jangan lupa mampir sini ya, biar kalian tau jajanan tradisional Indonesia. Yuk…yuk…yg mau ke Jogja jgn lupa jalan² mampir makan ya gengs…” – Rinna D. Rahayu (Source : Google Reviews)

5. Mager? Pengen Bungkus? Tenang!

Bagi kalian yang mager keluar, tenang rujak es krim Pak Paino sudah tersedia di aplikasi layanan pesan antar daring (GoFood & Grabfood). Bapaknya juga menerima pemesanan kok, seperti untuk acara hajatan seperti acara nikah, pesta, dsb. Bagi warga Yogyakarta yang mempunyai hajatan dan ingin menghadirkan rujak es krim sebagai hidangan boleh nih dijadikan pilihannya.

Sekian dulu ulasan mengenai wisata kuliner yang saya jalani. Kalau menurut saya, rujak es krim memang makanan yang bikin nagih karena pedasnya itu dan dicampur juga dengan es krim yang membuat mulut kangen untuk menyantapnya. Tidak salah kuliner ini menjadi melegenda di Yogyakarta.

Bagi yang ingin mencoba cuss saja dijamin akan merasakan rasa yang mantap jiwa. Siapa tahu dengan melahap rujak es krim bisa meredakan amarahmu dengan pasanganmu. Atau malah bisa menjadi penyemangat karena rasanya yang manis, asam, dan pedas kayak hidup ini. Jangan lama-lama menuju ke sana, keburu esnya meleleh. Seperti hati ini. Duh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here