Waktu Baca: 3 menit

Program vaksinasi sekarang sedang digencarkan oleh pemerintah Indonesia guna meredakan penyebaran virus Covid-19. Program vaksinasi melalui 2 tahapan. Tahap pertama adalah penyuntikan vaksin dosis pertama. Kemudian dilanjutkan penyuntikan dosis kedua di tahapan berikutnya dengan selang 14 hari. Namun ada kasus seperti ini, tak sedikit justru mengalami positif Covid-19 setelah vaksinasi tahap pertama. Jadi, setelah vaksin, malah positif corona, kok bisa?

Menurut dr.Tirta melalui balasan tweet dari ke akun @dentra19 (15:58 · Jul 21, 2021) yang bertanya

“Dok @tirta_hudhi klo sudah vaksin pertama dan kemudian positif apa hrs ngulang lg vaksin pertama setelah 3bln?”.

Lalu, dr.Tirta menjawab “Tidak. Tunggu vaksin kedua saja”.

Keterangan  Resmi

Hal yang disampaikan dr.Tirta juga selaras yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan RI melalui akun Instagramnya yang mengatakan “Merujuk pada rekomendasi PAPDI dan ITAGI, Penyintas COVID-19 dapat divaksinasi 3 bulan setelah sembuh. Apabila setelah dosis pertama sasaran terinfeksi COVID-19 maka dosis *pertama* vaksinasi tidak perlu diulang, tetap diberikan dosis kedua dengan interval yang sama yaitu 3 bulan sejak dinyatakan sembuh”.

Langkah penanganan jika sudah vaksin tahap pertama tapi terpapar virus Covid-19 adalah penerima vaksin tersebut harus melakukan isolasi (mandiri/di shelter) sesuai protokol penanganan virus Covid-19. Kemudian jia sudah sembuh atau negative Covid-19, penerima vaksin ini dapat melakukan vaksinasi dengan rentang waktu tiga bulan setelah dinyatakan negative Covid-19.

Jangan menerima vaksin saat keadaan sakit atau selama masa isolasi. Mengapa demikian? Hal ini untuk menghindari penyebaran virus ke orang lain. Melansir laman In.gov, masyarakat perlu untuk mendapat vaksin dosis kedua agar terlindungi sepenuhnya dari penularan kembali Covid-19. Banyak laporan masyarakat yang mengalami infeksi COVID-19 usai mendapatkan vaksin dosis pertamanya.

Setidaknya, tubuh memerlukan waktu berminggu-minggu bagi tubuh untuk membangun antibodi setelah proses vaksin. Antibodi baru akan terbentuk sempurna dan mulai bekerja dengan baik melawan paparan virus corona pada hari ke-28.

Karena itulah, jangan senang dulu karena kekebalan tubuh tak langsung terbentuk sesaat setelah vaksin. Sehingga, kita perlu menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin guna mencegah penularan virus Covid-19 di lingkungan sekitar. Patuhi kesehatan 3M: Memakai masker, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

INFO PENTING

Menurut sumber dari https://covid19.go.id/, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh kita lakukan sebelum dan setelah vaksin Covid-19 antara lain selalu perhatikan reaksi tubuh setelah melakukan vaksin. Jika mengalami demam sampai menggigil atau pegal-pegal kita bisa minum obat paracetamol dan beristirahat. Ya, bagaimanapun selalu ada kemungkinan setelah vaksin malah positif.

Jangan pernah mengabaikan petunjuk atau larangan dokter yang berkaitan dengan penyakit penyerta/komorbid. Jangan menekan, memijat atau menggosok lokasi bekas suntikan. Hal penting jangan melakukan vaksinasi dosis kedua dengan vaksin yang berbeda.

“Selalu konsultasikan gejala-gejala yang anda alami kepada dokter di puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan terapi yang kuat. Makan makanan yang bergizi seimbang secara teratur, minum air minimal 2L perhari, tetap gunakan masker, hindari kerumunaan, jaga jarak dan hindari tempat dengan sirkulasi udara yang buruk” – Ujar dr. Farah Shafira Zulkarnain (Alodokter)

Jika mengalami gejala berat, segera hubungi petugas kesehatan terdekat, ataupun nomor yang tertera pada sertifikat vaksin, atau lapor ke Komnas KIPI melalui https://keamananvaksin.kemkes.go.id/

KESIMPULAN

Apakah sudah jelas? Jangan khawatir ya, apabila kamu sekarang sudah vaksin tapi malah terpapar virus Covid-19 tenang saja. Kamu cuma tinggal mengisolasi diri agar segera negatif Covid-19 dan menunggu waktu selama tiga bulan untuk bisa vaksinasi tahap kedua. Selalu kontrol kesehatan kamu jangan sampai hal buruk terjadi kepadamu. Jangan lupa untuk menjalankan protokol kesehatan agar pandemi ini segara berakhir.

Jika kamu suka dengan artikel ini bantu share kepada teman/kerabat kamu ya, agar semua pada tau mengenai informasi penting ini.  Ingat selalu pakai masker saat berpegian keluar rumah dan hindari kerumunan. Have a nice day!

Baca juga info menarik soal Corona lainnya:

Corona dan Idul Adha, Soal Empati dan Tanggung Jawab

Corona di Jepang, Sebuah Cerita dari Anak Negeri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here