Waktu Baca: 2 menit

Siapa sih yang gak suka jajan di kantin? Pesona kantin tiap sekolah memang tidak pernah lepas dari keramaian dan aroma lezat yang selalu ramai diserbu oleh siswa. Dari awal masuk sekolah dasar hingga masuk perguruan tinggi, pesona kantin dan jajanan yang disuguhkan pun tidak pernah terlupakan. Masa kuliah masih ada kantin sih? Masih dong! Bagi mahasiswa Sanata Dharma, Kantin Realino tentu menjadi tambatan hati yang tak pernah bosan-bosannya dikunjungi. Kali ini yang akan kita ulas adalah menu Ayam Gongso di Kantin Realino, kuliner mahasiswa yang istimewa. 

 

Pesona Kantin Realino

Kantin Realino merupakan kantin yang terletak di dalam bangunan gedung Universitas Sanata Dharma. Nama Realino sendiri diambil dari nama lapangan bola yang ada tepat di seberang kantin, yaitu Lapangan Realino. Karena lokasinya yang masih berada di kompleks atau area Lapangan Realino, maka kantin ini diberi nama Kantin Realino. 

Pamor Kantin Realino menjadi pesona tersendiri bagi mahasiswa Sanata Dharma yang ingin menghabiskan waktunya untuk nongkrong ataupun sekadar mengganjal perut dengan makanan ringan. Jajanan yang disajikan pun beragam, dimulai dari bakso, mie ayam, soto, hingga ayam gongso yang menjadi primadona kedua selain Bakso Dab Supri. Pasti penasaran kan sama ayam gongsonya?

Baca juga : Aroma Italia, Surganya Penggemar Pizza di Jogja

Kenikmatan Ayam Gongso Kantin Realino  

Jenis kuliner yang dihidangkan dengan cara gongso mungkin tidak cukup familiar di kalangan masyarakat tertentu. Cara memasak gongso atau yang berarti tumis biasanya hanya didapati pada sayur-sayuran, kini mulai diaplikasikan pada jenis protein seperti ayam hingga daging. Bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu gongso pun terbilang cukup mudah, hanya berbekal bumbu dasar seperti garam, lada, dan kecap manis untuk membuat warnanya kecoklatan. Berbeda dengan gongso pada umumnya, Ayam Gongso Kantin Realino menyajikam hidangan ayam gongso dengan bumbu pedas yang nikmat!

Ayam gongso yang berlokasi di Kantin Realino ini merupakan kuliner yang wajib banget dicoba! Hidangan ayam gongso yang disajikan menggunakan ayam goreng crispy yang dibalut dengan tepung dan kemudian ditumis bersamaan dengan sayuran hijau seperti sawi dan kol tentu siap untuk menggoyang lidah para penikmatnya. Bumbu gongso yang digunakan pun terdiri dari bumbu-bumbu dasar dan ditambah cabai rawit yang membuat rasanya makin komplit, mulai dari manis hingga pedas bercampur jadi satu dalam sepiring ayam gongso.

Tak berhenti disitu, dalam penyajiannya pun pelanggan akan mendapatkan sepiring ayam gongso beserta nasi putih hangat, lengkap dengan satu gelas es teh manis. Gimana udah ngiler belom sampai sini? Tentunya, selain ayam gongso masih banyak jenis kuliner lain yang bisa dinikmati seperti bakso, mie ayam, sop hingga soto. Jenis kuliner rumahan hingga makanan ciri khas anak kos sepertu indomie pun dapat ditemui di Kantin Realino. 

Harus Kemana Nih Kalau Mau Coba?

Bagi kalian yang ingin mencoba kuliner ayam gongso, kalian bisa langsung meluncur ke Universitas Sanata Dharma Kampus Mrican. Letak kantin Realino adalah tepat di sebrang Lapangan Realino. Sedang untuk menyambangi gerai ayam gongso, kalian bisa langsung datang ke gerai yang terletak di pojok dekat toilet yang sejajar dengan jalan menuju kampus pascasarjana Universitas Sanata Dharma. Tentunya, review kuliner tidak akan lengkap tanpa mencantumkan harga per porsinya. Untuk satu porsi ayam gongso, nasi putih dan es teh manis kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 11.000, sedangkan untuk menu paket yang lain dibanderol dengan harga mulai dari Rp 9.000 – Rp 13.000. 

Nah, agendakan waktu untuk mencicipi kuliner ini. Ayam Gongso di Kantin Realino, kuliner istimewa buat mahasiswa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here