Waktu Baca: 3 menit

Siapa disini yang suka bucin BTS? BTS atau Bangtan Seonyondan merupakan boygroup Korea Selatan yang berhasil mencapai popularitas sejak kemunculannya pada tahun 2013 silam.

Saat ini, BTS merupakan boygroup dengan fandom terbesar di dunia yang populasinya mencapai lebih dari 80.000 orang. Dalam perjalanan karirnya, para member BTS pun tidak lupa untuk selalu menempatkan penggemarnya dalam setiap karyanya. Hal ini tentu membuat para ARMY (sebutan untuk penggemar BTS) juga turut merasakan kebahagiaan dan keterlibatan dalam boyband itu.

Selain dalam bentuk support, ARMY pun kerap melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan untuk menyampaikan pesan-pesan BTS kepada masyarakat umum. Ya, tidak ada yang menyangka bahwa BTS ARMY dan aktivisme dalam kehidupan kemanusiaan sangat dekat. Kira-kira apa aja sih yang sudah ARMY lakukan buat orang-orang di sekitarnya? Yuk, kita simak!

BTS ARMY dan Aktivisme: Berperan Secara Aktif dalam Berbagai Kegiatan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa BTS merupakan boygroup dengan fandom terbesar di dunia. Hal ini tentunya menjadi salah satu poin plus karena mereka berhasil menarik para penggemarnya. Dalam perjalanan karirnya, BTS tidak pernah melupakan ARMY dan selalu mengajak para penggemarnya untuk terlibat secara aktif.

Berdasar karya-karyanya, BTS sendiri seringkali mengangkat isu menarik yang sedang terjadi di sekitar mereka. Campaign-campaign juga acap terselenggara dalam bentuk tagar yang kemudian menjadi trending di sosial media. Salah satu contohnya adalah saat BTS merilis album Love Yourself dengan beberapa single di dalamnya yaitu DNA dan Mic Drop yang saat itu rilis dalam waktu yang berdekatan. Dalam album Love Yourself, produser juga merilis lagu yang dibawakan secara solo oleh para member BTS. 

Seiring berjalannya proses perilisan album Love Yourself ini, BTS juga bersama-sama dengan UNICEF mengadakan campaign di media sosial dengan menyebarkan tagar #LoveMyself dengan tujuan menyebarkan positivity kepada ARMY dan juga masyarakat umum.

Inspirasi BTS Army untuk terlibat dalam Aktivisme

Melihat berbagai hal yang telah BTS lakukan, ARMYpun tidak lupa untuk juga menyebarkan positivity kepada khalayak umum. Pada webinar yang saya hadiri hari yang lalu, salah satu narasumber, Andrea, menyampaikan bahwa Army secara langsung kerap terlibat aktif dalam kegiatan penggalangan dana untuk isu-isu dan masalah sosial yang terjadi di sekitar kita.

“Pada saat ulang tahun member BTS, kami selalu berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana. Baru-baru ini, kami menggalang dana untuk membantu anak-anak panti asuhan dalam rangka ulang tahun J-Hope (salah satu member BTS). Lalu pada saat ulang tahun RM (salah satu member BTS) yang lalu, kami berhasil menanam ribuan pohon untuk menyelamatkan hutan-hutan di dunia, just because we know Namjoon really loves everything related to nature,” kata Andrea menjelaskan.

Tidak hanya itu, pada saat isu Black Lives Matters yang sempat menyita perhatian publik beberapa tahun yang lalu, Army juga menggalang dana secara aktif dalam menyuarakan Black Lives Matter. Hingga pada waktu pandemi Covid-19 menyerang dunia, ARMY juga berhasil menggalang dana untuk membantu orang-orang yang terdampak Covid-19. Tentunya, hal ini menjadi sesuatu yang sangat positif karena memiliki tujuan yang baik dan berguna bagi banyak orang.

ARMY Help Center: Wadah untuk Bercerita

Selain terlibat aktif dalam kegiatan penggalangan dana, ARMYpun tidak lepas dari perannya membantu masyarakat umum. Salah satu narasumber yang bernama Sharon, menyampaikan bahwa terlepas dari kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh ARMY, mereka juga berperan aktif dalam menjadi pendengar bagi orang-orang yang membutuhkan teman bercerita.

Berbekal latar belakang, #Loveyourself Sharon memutuskan untuk mendirikan ARMY Help Center dengan tujuan untuk menjadi wadah bagi orang-orang yang tidak memiliki ruang untuk bercerita secara bebas dan netral. Seperti yang kita ketahui, eksistensi BTS sendiri banyak menimbulkan pro dan kontra di kalangan umum.

Banyak masyarakat yang seringkali menganggap bahwa orang-orang yang menyukai BTS adalah orang-orang yang aneh atau “freak”. Menyikapi hal ini, Sharon dan teman-temannya tergerak untuk menjadi wadah bagi para ARMY yang merasa kurang siap mental.

Terlebih lagi, eksistensi budaya baru yang sedikit banyak menimbulkan pro kontra seiring prosesnya masuk ke ranah baru juga seringkali menjadi perdebatan antara masyarakat dengan para penggemar BTS ini. “Karena banyaknya haters juga yang mungkin kurang suka dengan eksistensi BTS, kami terbuka untuk teman-teman teman yang merasa sendiri dan butuh teman untuk bercerita,” ungkap Sharon.

BTS Army dan Bias Implisit yang Sering Salah Diartikan

Pelajaran penting dari BTS ARMY adalah jangan memandang remeh suatu grup fandom. Mereka seringkali mengekspresikan kecintaan pada idola mereka secara berlebihan. Namun, tidak berarti hal itu jelek. Siapa tahu, lewat BTS Army ini mereka bisa lebih mengekspresikan emosi yang terpendam. Tidak hanya itu saja, yang penting BTS Army menjadi wadah yang positif dan membuat orang semakin baik. BTS Army dan Aktivisme adalah perpaduan sempurna untuk mencintai seni dan kehidupan.

Baca artikel menarik lainnya soal BTS :
BTS Army Bantu Mitra Gojek Bikin Kita Maknyess…

Insiden BTS Meal Salah Siapa? Bukan McD Btw…

Kata ARMY Soal Butter Menjadi Lagu Final EURO 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini