Waktu Baca: 3 menit

Memasuki musim pancaroba tentu cuaca menjadi tidak menentu. Jujur saja, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua untuk menentukan pakaian kita. Nah, saya akan mengajak anda mencoba coat dan mix-matchnya. Ya, coat cocok juga lho untuk Indonesia.

Dengan banyaknya jenis dan tipe pakaian yang kian hari makin beragam, tentunya tidak mudah untuk menentukan jenis pakaian yang benar – benar sesuai dengan kondisi kulit dan cuaca tempat kita bermukim.

Siapa bilang Coat hanya untuk liburan musim dingin?

 Memakai coat dalam rumah atau minimal dengan keadaaan iklim di Indonesia yang cenderung beriklim kadang terkesan aneh. Banyak juga dari kita yang berpikir bahwa jenis pakaian tebal seperti coat tidak cocok untuk musim di Indonesia.

Tanpa kita sadari, menjadi normal untuk menganggap orang berpakain coat di Indonesia sebagai orang aneh. Padahal, sebenarnya banyak jenis coat yang cocok untuk Indonesia. Dan seperti yang saya sebutkan tadi, coat dan mixmatchnya akan membuat anda tampil gaya dan nyaman.

Jenis Bahan Coat Untuk Indonesia

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa jenis coat hanya terbatas pada satu jenis bahan tebal yaitu wool. Namun, faktanya ada beberapa jenis kain yang biasa menjadi favorit para produsen untuk memproduksi pakaian tertentu seperti coat.

Salah satu yang paling populer adalah Trench Coat atau yang biasa dikenal dengan coat katun. Eksistensi coat katun bukan lagi menjadi sesuatu yang asing di kalangan para penggiat fashion. Trench coat kebanyakan berada di pasaran  dengan warna – warna yang beragam dimulai dari earth tone atau warna warna seperti coklat, cream, beige, sand, putih, warna- warna netral seperti hitam. navy, hingga warna-warna cerah seperti merah. neon pink, dan kuning. 

Bahan dari Trench Coat sendiri pun terbilang nyaman dan cocok dengan kondisi cuaca di Indonesia yang cenderung kering dan panas. Terbuat dari berbagai macam jenis katun seperti katun drill, katun minyak, wool ringan, hingga jenis kulit (leather coat) yang membuat Trench Coat cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai macam jenis pakaian lainnya. Nah inilah coat yang akan kita bahas mix-matchnya.

Kelebihan Lain Trench Coat

Selain bahannya yang nyaman dan cenderung ringan, Trench Coat juga memiliki motif yang beragam. Dimulai dari jenis yang paling familiar yaitu basic trench coat atau coat polos yang tidak memiliki motif, animal printed coat atau coat dengan motif kulit binatang seperti leopard, zebra, hingga pattern coat yang memiliki motif kotak (plaid), houndstooth, hingga ilustrasi atau calligraphy.

Tidak hanya itu, Selain bahan kain dan motifnya yang beragam, juga terdapat beberapa jenis model untuk french coat seperti single breasted, double breasted, raincoat, hingga military coat. Ketiga jenis coat ini pun memiliki penggemar dan juga treatment yang berbeda- beda bergantung pada jenis kainnya.

Bagaimana sih cara stylingnya?

Untuk coat dan mix-matchnya sendiri, sebenarnya Trench Coat cukup fleksibel karena sifatnya sebagai additional layer atau lapisan tambahan. Kalau ingin memperoleh kesan casual, kamu bisa langsung menggunakan trench coat sebagai layer pertama (basic layer) dan memadukannya dengan high knee boots.

Mau lebih formal? kamu bisa menaruh basic /plain turtleneck dengan warna yang netral seperti hitam/putih, dan memadukannya dengan bawahan yang berbahan loose seperti trousers atau celana bahan kain agar terlihat lebih rapi.

Selain turtleneck, kamu juga bisa memadukannya dengan kemeja putih panjang berkerah (semi dress) sebagai basic layer, lalu menambahkan sedikit details dengan penggunaan vest dengan warna – warna basic sebagai layer kedua, dan memadukannya dengan heels ataupun sneakers.

Sedangkan untuk style yang lebih feminin, kamu bisa mencoba mini-midi slip dress untuk basic layer dan menambahkan trench coat pada layer kedua kemudian memadukannya dengan heels ataupun boots. Untuk menambah details, kamu juga bisa menambahkan perhiasan seperti kalung dan cincin untuk menambahkan aksen glamor dan elegan. Sentuhan terakhir, kamu bisa menggunakan  untuk kesan anggun dan minimalis. Nah itu tadi coat dan mixmatchnya.

Baca juga tulisan tulisan mengenai fashion lainnya:
Kain Polkadot dan Teman Thrifty, Sebuah Cerita Perjalanan

Thrift Shop Korean Style, Gingerline Jawabannya

Thrifting Online Untuk Pemula, Yuk Kenalan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini