Waktu Baca: 4 menit

Film Cruella yang sudah tayang sejak 28 Mei yang lalu berhasil menarik para pecinta Disney untuk turut andil dalam petualangan pribadinya. Film yang dibintangi oleh Emma Stone ini berhasil mendapatkan rating 7.4/10 versi IMBD dan 74% versi Rotten Tomatoes. Bagi para penggemar Disney, tokoh Cruella mungkin sudah tidak asing. Karena eksistensinya pada film The One Hundred and One Dalmatians, Cruella banyak mendapat stigma negatif dari para penggemar Disney karena aksinya yang ingin membunuh anjing dalmatians untuk membuat mantel bulu bercorak motif dalmatians. Lantas, film Cruella sendiri apakah ada hubungannya dengan dalmatians? Mari kita membedah film Cruella!

Tokoh Cruella dalam The 101 Dalmatians: Jahat Banget!

Bagi sebagian besar penggemar Disney, tokoh Cruella yang muncul dalam film The 101 Dalmatians diceritakan sebagai figur seorang wanita yang arogan dan tidak menyukai anjing dengan jenis Dalmatians. Kisah The 101 Dalmatians ini yang kemudian tayang di berbagai bioskop sejak tahun 1961 menjadi salah satu cerita dengan karakter binatang terbaik yang pernah diterbitkan oleh Disney. Hampir semua anak kecil mengetahui cerita tentang 100 anjing jenis Dalmatians yang berusaha kabur dari misi penangkapan oleh Cruella dan dua temannya, Jasper dan Horace. Terhitung sejak kemunculannya, Cruella dinobatkan sebagai salah satu antagonis yang sangat berpengaruh dalam karakter Disney. Maka dari itu membedah film Cruella sangatlah mengasyikkan.

Pada kisah The 101 Dalmatians, diceritakan bahwa Cruella memiliki obsesi yang sangat kuat untuk membunuh anjing-anjing berjenis Dalmatians milik pasangan suami istri Roger dan Anita. Saat Roger dan Anita memutuskan untuk menikah, anjing Dalmatian mereka yaitu Pongo dan Perdita juga memutuskan untuk kawin dan mempunyai anak yang berjumlah 15 ekor. Cruella yang saat itu menjadi salah satu pemimpin perusahaan tempat Anita bekerja, memutuskan untuk membeli seluruh anak anjing yang dimiliki Roger dan Anita dengan maksud untuk menguliti anjing-anjing tersebut dan menjadikannya sebagai mantel bulu dengan motif Dalmatians.

Baca juga : Film Sobat Ambyar, Lebih dari Sekadar Drama Patah Hati

Melihat hal ini, Roger dan Anita pun tidak tinggal diam. Mereka menyusun rencana agar para anjing Dalmatians ini bisa diselamatkan dari tangan jahat Cruella. Lewat storyline (jalan cerita) The 101 Dalmatians, para penonton digiring untuk menaruh dendam terhadap Cruella, karena aksinya yang sangat kejam terhadap anjing Dalmatians. Padahal, tanpa disadari, Cruella juga memiliki latar belakang cerita yang membuatnya menjadi terobsesi dan bertindak kejam terhadap anjing Dalmatians.

Estella dan Alter Egonya, Cruella

Pada Mei 2021 silam, Disney berhasil merilis film berjudul Cruella yang juga membuat para penggemar Disney terkejut sekaligus senang. Film Cruella ini bercerita tentang seorang perempuan yang bernama Estella. Estella tinggal dengan ibunya yang bekerja pada salah satu brand fashion ternama, Baronness. Tokoh Estella diceritakan sebagai sosok yang jenius namun suka membuat onar. Tak jarang, Estella mendapatkan hukuman dan menjadi langganan kantor kepala sekolah karena aksinya yang cukup brutal dan anarkis. Sosok Estella digambarkan sebagai gadis yang tangguh, kuat, dan penuh ambisi. Estella rela melakukan apapun demi mencapai tujuan dan kesenangannya, bahkan Ia tidak segan untuk mengatakan bahwa dirinya tidak suka diperlakukan sebagai seseorang yang lemah atau kurang mampu karena dia adalah seorang yang jenius. 

Sampai disini, pasti kalian bertanya-tanya, kok yang muncul malah Estella? Cruellanya mana?

Penggambaran dua sisi tokoh utama ini menjadi poin plus dalam film Cruella ini. Sosok Estella yang digambarkan sedemikian rupa ternyata memiliki alter ego yang lebih berani dan tajam bernama Cruella. Dalam filmnya, sosok Cruella baru akan muncul apabila Estella mendapati hal-hal yang berjalan tidak sesuai dengan keinginannya. Sosok Cruella muncul saat Estella mendapati bahwa pemilik perusahaan tempat Ia bekerja adalah orang yang membunuh ibunya.

Baca juga : Film Slasher Untuk Pemula

Karena merasa tidak terima, Estella memutuskan untuk membalaskan dendamnya pada sang pemilik perusahaan dengan menyamar sebagai Cruella. Lewat ide-ide yang cukup fantastis, Cruella berhasil mendapatkan atensi dari masyarakat London dan digadang-gadang sebagai Masa Depan Industri Fashion di London. Tentunya, hal ini membuat Baroness dan perusahannya kalang kabut. Pasalnya, sebelum kehadiran Cruella, Baroness merupakan satu-satunya fashion brand yang sangat berpengaruh pada penjualan dan pergerakan industri fashion di London. 

Cruella dan The 101 Dalmatians: Hubungannya Apa?

Lanjut yuk membedah film Cruella, selain bercerita tentang latar belakang Cruella, film Cruella yang disutradarai oleh Craig Gillespie ini juga berhasil membuat para penontonnya tercengang. Hal ini dikarenakan alur film yang begitu rapi. Dimulai dari perkembangan kehidupan Estella, kemunculan sosok Cruella, hingga penamaan tokoh-tokoh yang sama dengan film The 101 Dalmatians membuat film Cruella ini menjadi salah satu film dengan alur cerita yang tidak tertebak.

Jika diperhatikan dengan seksama, penamaan beberapa tokoh seperti Roger, Anita, Gasper/Jasper, Horace yang merupakan orang-orang disekitar Cruella ini menjadi satu hal yang sangat brilian. Pada film The 101 Dalmatians Roger dan Anita diceritakan sebagai pasangan suami istri, pada film Cruella Roger merupakan kaki tangan Baroness sedangkan Anita merupakan seorang wanita yang bekerja menjadi seorang reporter/jurnalis.

Tokoh Gasper dan Horace yang berperan sebagai dua orang bayaran Cruella pada film The 101 Dalmatians juga muncul dengan penokohan yang berbeda pada film Cruella. Mereka berdua muncul sebagai anak jalanan yang akhirnya menjadi sahabat dari Estella. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat brilian, mengingat alur cerita yang benar-benar dibuat pada waktu yang berbeda, namun hasil akhirnya bisa dibilang sangatlah mirip dan hampir seperti film yang diproduksi dalam waktu berdekatan. 

Baca juga : Ramuan Rahasia Gendis

Fakta bahwa film Cruella muncul belakangan setelah film The 101 Dalmatians ini rilis juga makin membuat film ini menjadi salah satu film yang wajib ditonton. Penggambaran latar belakang Cruella secara emosional dikemas dengan apik dan membuat para penonton tidak kesulitan dalam menyambungkannya dengan alur cerita The 101 Dalmatians. Namun, bagi beberapa dari kalian, mungkin masih bertanya-tanya. Kok Cruella bisa benci sama Dalmatians itu kenapa sih? Mari kita membedah film Cruella agar menemukan jawabannya!

Pada film Cruella, diceritakan bahwa ibu dari Estella meninggal karena jatuh dari tebing saat Estella dan ibunya menghadiri pesta di istana Baroness. Sampai setengah durasi film, penonton dibawa pada alur cerita bahwa ibu dari Estella ini jatuh terjungkal dan itu merupakan insiden yang tidak disengaja. Namun, pada akhir cerita, penonton disuguhkan dengan visual dan kenyataan bahwa ibu dari Estella ini meninggal karena diterkam oleh ketiga anjing milik Baroness yang berlari menerkam ibu Estella karena mendengar peluit yang ditiup oleh Baroness.

Nah, sekarang terjawab kan kenapa Cruella ini benci dan gak suka banget sama anjing Dalmatians! Alasannya, karena anjing Dalmatians inilah yang telah membuat ibunya jatuh dari tebing dan akhirnya meninggal. Jadi, Cruella bukan semata-mata sosok jahat dan kejam, tapi dibalik itu semua ternyata ada luka yang disembunyikan hingga membuatnya menjadi sosok yang benci dengan anjing Dalmatians. Yang belum nonton, buruan nonton, dijamin nggak akan nyesel deh!

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini