Waktu Baca: 3 menit

Belum pernah Ligue 1 seramai ini. Terakhir kali Ligue 1 mendapat perhatian luar biasa adalah saat Neymar dan Kylian Mbappe bergabung dengan Les Parisien. Kini, suasana Ligue 1 berubah karena kedatangan—tidak hanya superstar—tapi legenda hidup, Lionel Messi. Tak pelak banyak prediksi Messi di PSG, banyak ekspetasi berlebih pada bintang timnas Argentina ini. Tapi, jangan muluk muluk. Messi datang ke PSG dalam usia 34 tahun. Jujur, itu usia yang cukup tua dan Messi bukanlah Zlatan dan Cristiano yang memiliki fisik kuat dan tinggi badan menjulang. Namun, tentu Messi rasa rasanya tidak akan hadir sebagai flop di PSG. Ia akan banyak memberi pengaruh di PSG. Berikut prediksi saya mengenai Messi di PSG.

Sedikit Berlari

Messi terkenal sebagai pemain yang suka jalan jalan. Ia kadang berjalan di lapangan melihat ke kanan dan ke kiri. Begitu ia mendapat bola, mendadak magisnya kelihatan bersinar. Ia bisa melakukan dribble super halus atau operan yang mengagetkan. Itulah kelebihan Messi, ia bukan yang tercepat tapi jelas otaknya dan skillnya susah ditandingi.

Di PSG ia akan makin sedikit berlari karena banyak gelandang muda dan enerjik di PSG yang akan mencarikan bola untuk Messi. Hal ini jelas memudahkan kinerja Messi. Demikian, walau Messi banyak mendapat bantuan, bukan berarti Messi akan lebih mudah mencetak gol dalam kondisi ini.

Sedikit Gol

Faktanya, Messi akan sering mendapat penjagaan ketat di Ligue 1. Bek bek Ligue 1 memang bukan paling skilful, namun mereka muda dan cepat. Ini akan menyulitkan Messi. Ia pasti terus mendapat penjagaan ketat sehingga sulit melakukan manuver. Sejago apapun Messi, ia sudah cukup tua dan ia tidak memiliki rekan yang bisa memberikan umpan terobosan manis seperti di Barca. Ya, Barcelona selalu menyediakan gelandang gelandang yang mampu melepaskan umpan umpan manis dan pergerakan mengejutkan di diri Xavi, Iniesta, Rakitic dan terbaru Pedri serta Frenkie De Jong.

Jelas Messi mungkin tidak bisa mencetak gol sebanyak di Barca. Ia akan beralih fungsi. Fungsi apa yang akan dimainkan Messi?

Number 10

Messi sebenarnya bermain sebagai nomor 9 palsu di Barca. Ia berada di tengah depan, namun seringkali turun untuk kemudian memberikan ruang bagi dua sayap yang biasanya diisi Ansu Fati dan Antoine Griezman di Barcelona. Pada masa sebelumnya, ketika duo Neymar-Suarez masih di Barca, Messi benar benar asyk di posisi 9 palsu. Ia bisa mencetak gol dan mengoper dengan cepat dari belakang. Kini di PSG, ia kemungkinan tidak lagi menjadi 9 palsu, ia akan menjadi nomor 10 sejati di belakang dua penyerang. Posisi ini biasa dikenal sebagai Trequarista di Italia.

Jika menilik sejarah pelatih PSG, Mauricio Pochettino yang dahulu menggunakan nomor 10 di diri Delle Ali, jelas Messi berpeluang main sebagai nomor 10. Dari posisi itu, keran gol Messi mungkin tak banyak. Hal itu akan tergantikan dengan jumlah assist Messi.

Bisa Banyak Duduk di Bangku Cadangan

Prediksi Messi di PSG lainnya adalah: ia akan banyak duduk di bangku cadangan. Kenapa? Karena jadwal kompetisi Perancis sangat padat. Messi akan kesulitan untuk memainkan tiga kompetisi domestik plus regular Eropa tiap pekannya. Messi tidak akan bermain tiap tiga hari sekali. Ada hari dimana ia harus duduk dan beristirahat atau keluar sebelum 90 menit. Jika Messi keluar, masih ada Sarabia yang bisa menggantikan ia. Neymar juga bisa mundur ke nomor 10 dan membiarkan Icardi bermain sebagai duo penyerang bersama Mbappe.

Meski duduk di bangku cadangan, Messi akan banyak bermain di Eropa. Ya, PSG membeli Messi bukan untuk melawan Montpellier. Messi adalah harapan PSG meraih kejayaan di Eropa.

Sepak bola Bukan Matematika

Sebagai penutup, sayangnya sepak bola bukan matematika. Saya membuat prediksi Messi di PSG secermat mungkin. Namun, saya bisa saja salah. Sebagai catatan, meski demikian, saya meyakini bahwa gol Messi di Ligue 1 tidak akan banyak. Well, kalau Messi mendapat Liga Champions, rasanya jumlah gol tidak masalah. Iya kan?

Baca juga kisah bal bal an khas Pakbob.id lainnya:

Laporta membuang Messi : Semua sudah direncanakan!

Internazionale Bangkrut Karena Salah Pilih Pemilik?

Mengandaikan Karir Boaz Solossa Seandainya Beruntung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini